Meta Hapus Messenger Lite dari Android per 18 September

Pengguna android lawas tidak bisa lagi mengakses aplikasi Messenger Lite

Meta Hapus Messenger Lite dari Android per 18 September

Jakarta, Gizmologi – Meta dikabarkan bakal menutup aplikasi Messenger Lite. Aplikasi perpesanan versi ringan dari Facebook ini kabarnya akan dihapus pada 18 September mendatang.

Bahkan aplikasi ini juga sudah ditarik dari Google Playstore, sehingga pengguna baru tidak bisa lagi mendownload-nya lagi. Selain itu, pengguna Messenger Lite juga disarankan untuk menggunakan aplikasi reguler.

“Mulai 21 Agustus, orang yang menggunakan aplikasi Messenger Lite untuk Android akan diarahkan ke Messenger atau FB Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger,” kata juru bicara Meta, dikutip dari TechCrunch (25/8/2023).

Namun, bagi kalian yang sebelumnya menggunakan Messenger Lite jangan khawatir riwayat pesan akan terhapus. Hal tersebut karena pesan-pesan dari pengguna Mesengger Lite masih bisa diakses melalui aplikasi Messenger versi penuh.

Mesengger Lite sendiri pertama kali dirilis pada 2016 silam dengan tujuan agar ponsel Android dengan spesifikasi rendah tetap bisa mengakses aplikasi pesan dari Facebook tersebut. Namun, banyak fitur dipangkas termasuk Stories, stiker animasi, dark mode, dan juga berbagai animasi di dalam aplikasi.

Secara ukuran juga sangat berbeda jauh dengan versi penuhnya. Paket instalasi Mesengger Lite hanya berukuran di bawah 10MB, dibandingkan dengan 54MB pada versi penuhnya. Hal ini jelas sangat membantu untuk ponsel dengan ruang penyimpanan yang minim.

Baca Juga: Main Game Bareng Sambil Video Call di Facebook Messenger

Meta Hapus Aplikasi Messenger Lite

Aplikasi Messenger Lite

Menurut perusahaan analisis seluler data.ai, versi Lite dari aplikasi ini telah menyumbang jumlah unduhan Messenger sekitar 760 juta secara global. India menjadi negara yang mengakses layanan Messeger Lite diikuti Brasil dan Amerika Serikat berada di peringkat kedepalan berdasarkan jumlah unduhan aplikasi.

Adapun keputusan Meta untuk menghapus aplikasi Messenger Lite, lantaran Facebook akan menawarkan lebih banyak fitur bagi penggunanya. Terlebih lagi, smartphone generasi sekarang sudah menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Meta juga baru-baru ini mengumumkan bahwa Messenger akan menghentikan dukungan SMS bulan depan. Raksasa teknologi ini juga berencana mengaktifkan fitur enkripsi end-to-end secara default untuk Messenger pada akhir tahun ini.