Lo Introvert dan Pengin Solo Traveling? Ini Tips yang Bisa Lo Ikuti!

Kata siapa introvert tuh kaum paling mager di dunia? Mereka juga suka jalan-jalan dan eksplor berbagai tempat baru, lho. Kalau lo introvert dan tertarik solo traveling, berikut tips yang bisa lo ikuti, Superfriends.

Lo Introvert dan Pengin Solo Traveling? Ini Tips yang Bisa Lo Ikuti!

Introvert kerap dipandang sebagai kaum pemalu, nggak suka bersosialisasi, dan lebih suka menghabiskan waktu sendirian di kamar. Padahal, anggapan tersebut salah besar, Bro! Intovert tuh cuma orang yang mengisi tenaganya dengan menyendiri. Kalau tenaganya udah terisi, mereka juga tetep bisa bersosialiasi sama orang banyak, kok.

 

Selain itu, introvert cenderung lebih suka melakukan segala hal sendirian. Salah satunya traveling. Yup, bagi kebanyakan orang, jalan-jalan tuh lebih seru kalau dilakuin rame-rame. Sebaliknya, introvert lebih suka jalan-jalan sendirian karena bisa lebih enjoy selama perjalanan. Nah, kalau lo introvert dan tertarik solo traveling, nggak perlu takut, Superfriends. Simak nih beberapa tipsnya biar lo tetep aman walaupun sendirian.

 

Pilih Destinasi yang Nggak Terlalu Ramai

Ilustrasi tujuan wisata
Image: Pixabay

Introvert biasanya gampang capek kalau berada di tengah keramaian. Nah, biar nggak tiba-tiba bad mood di tengah perjalanan, lo mungkin bisa pilih destinasi wisata yang nggak terlalu ramai. Sebenarnya, nggak masalah juga kalau lo mau mengunjungi tempat wisata viral yang sering dikunjungi orang. Namun, lo bisa pilih jam-jam sepi untuk menghindari keramaian, misalnya pada pagi hari pas tempat wisatanya baru buka.

 

Siapin Itinerary yang Detail

Sebagai introvert, lo mungkin lebih suka sama sesuatu yang terencana. Nah, hal ini bisa lo terapkan juga pada aktivitas traveling lo, Superfriends. Lo bisa bikin itinerary yang detail untuk perjalanan lo, mulai dari berangkat sampai pulang. Rencana tersebut juga bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan lo. Misalnya, kalau lo nggak suka keluar malam, lo bisa batasi waktu jalan-jalan sampai sore aja. Jadi, sisa harinya bisa lo manfaatin buat istirahat di hotel.

 

Bawa Barang yang Bikin Lo Kelihatan ‘Sibuk’

Ilustrasi solo traveling
Image: StockSnap/Pixabay

Orang introvert tuh biasanya paling males kalau harus ngobrol sama stranger. Kalau butuh informasi tertentu, mereka lebih suka tanya sama Google dibanding manusia, Nah, buat membatasi obrolan sama orang-orang random, lo bisa pakai headphone atau baca buku selama di bandara atau stasiun. Barang-barang ini bisa bikin lo kelihatan sibuk, sehingga orang lain pun bakal sungkan buat ngobrol atau bertanya sama lo.

 

Pilih Penginapan yang Strategis

Kalau lo berniat traveling cuma buat staycation, lo bisa pilih penginapan atau hotel yang lokasinya strategis, misalnya dekat sama stasiun atau pusat kota. Jadi, lo bisa eksplorasi kawasan tersebut tanpa harus jalan jauh-jauh dari hotel. Pastikan juga penginapan tersebut dekat sama minimarket dan tempat makan biar lo nggak perlu bingung kalau kelaparan tengah malam.

 

Manfaatkan Aplikasi di Gadget

Kalau lo kurang nyaman bertanya sama penduduk setempat atau mungkin nggak paham sama bahasanya, lo bisa manfaatkan berbagai aplikasi di ponsel sebagai tour guide lo, Superfriends. Misalnya aja, Google Maps. Nggak cuma sebagai penunjuk arah, ada banyak review dan rekomendasi tempat di Google Maps yang bisa jadi panduan lo selama traveling. Lo juga bisa baca berita daring atau searching di media sosial berdasarkan hashtag tertentu buat cari informasi tentang tempat wisata di daerah tersebut.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa lo ikuti biar lo tetep aman selama traveling walaupun sendirian. Kira-kira, tempat mana nih yang pengin lo kunjungi, Superfriends? (arpd)