Liburan Seru di Hatyai: 9 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Hatyai punya banyak destinasi wisata menarik. Setelah membaca artikedi atas, apakah kamu akan memasukkan kota ini ke dalam list liburanmu?

Liburan Seru di Hatyai: 9 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi
image

SoHip, tahukah kamu? Hatyai merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Songkhla, Thailand Selatan. Kota ini menyimpan berbagai destinasi wisata yang akan menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Apakah kamu penasaran dengan tempat wisata Hatyai? Simak artikel berikut.

Hatyai berdekatan dengan perbatasan negara Thailand dan Malaysia, sehingga dalam paket tour Malaysia-Singapura-Thailand, yang biasanya tersedia di agen perjalanan, kota ini pasti masuk ke dalam itinerary-nya. Karena hal tersebut, Hatyai selalu ramai dengan aktivitas perdagangan dan wisata.

Ada berbagai macam pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Hatyai. Di bawah ini telah Hipwee rangkum beberapa destinasi populer menarik yang wajib kamu datangi saat berada di kota ini.

Advertisement

1. Khlong Hae Floating Market

Kalau kamu ingin berbelanja dengan suasana berbeda, Khlong Hae Floating Market merupakan pilihan yang tepat. Pasar satu ini unik banget karena pedagangnya berjualan di sungai menggunakan perahu kecil. Yang lebih menarik lagi, mereka juga mengenakan topi bunga handmade kembaran sehingga menarik perhatian.

Kuliner yang mereka tawarkan ada berbagai macam, mulai dari sate seafood, mango sticky rice, pad thai, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Selain pasar apung yang mengambang di atas sungai, di bagian tepinya juga terdapat pasar dengan atap jerami yang menjual pakaian, alas kaki, dan pernak-pernik lainnya. Di hari-hari tertentu, di pasar ini sering ada pertunjukan seni seperti pementasan tari dan musik tradisional Thailand.

2. Tang Kuan Hill

Tang Kuan Hill merupakan sebuah bukit yang di bagian puncaknya terdapat Royal Pagoda. Begitu sampai di tempat ini, kamu akan disambut oleh monyet-monyet liar yang berkeliaran di sekitar bukit. Untuk naik ke puncak, pengujung bisa menaiki tangga ataupun cable lift dengan mengeluarkan biaya sebesar 30 baht. Jadi tenang saja, kamu nggak perlu mengeluarkan tenaga berlebih.

Di puncak Tang Kuan Hill ini, selain Royal Pagoda juga terdapat The Lighthouse dan Love Locks yang bertaut pada pagar besi. Dari atas sini pemandangannya sangat indah, kamu bisa menyaksikan keindahan Laut Cina Selatan, Songkhla Lake, dan kota Hatyai dalam waktu yang bersamaan.

Advertisement

3. Samila Beach

Buat kamu yang mencari wisata pantai, jangan khawatir karena Hatyai juga punya. Samila Beach merupakan pantai berpasir putih dengan laut berwarna biru yang di tengahnya terdapat pulau kecil berbentuk tikus yaitu Ko Nu (Rat Island) yang menambah keindahannya.

Hal menarik lain dari pantai ini adalah adanya ikon patung Golden Mermaid, alias patung putri duyung berwarna emas. Pembuatan patung ini berdasarkan adanya cerita rakyat tentang putri duyung yang berenang jauh ke tepian untuk menyisir rambutnya dengan sisir emas.

4. Wat Laem Pho

Destinasi Hatyai satu ini merupakan patung Buddha tidur raksasa berwarna emas. Patung dengan panjang sekitar 25 meter ini berlokasi di Ko Yo, sebuah pulau kecil yang ada di tengah Songkhla Lake. Meskipun lokasinya berada di pulau tengah danau, sudah ada jembatan penghubung yang memungkinkan kendaraan besar seperti bus bisa lewat.

5. Asean Night Bazaar

Ingin membeli oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke tanah air? Bisa banget mengunjungi Asean Night Bazaar. Di salah satu tempat belanja di Hatyai Thailand ini, kamu akan menemukan berbagai pilihan souvenir, kaos, alas kaki, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir, harga barang di sini relatif lebih miring daripada di kota besar. Jadi nggak akan bikin kantong bocor. Selain oleh-oleh, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner Hatyai dan lainnya yang ada di lantai 2. Jadi, selain belanja bisa sekaligus memanjakan lidah.

6. Kim Yong Market

Apabila kamu ingin merasakan sensasi belanja di pasar lokal Hatyai, maka kamu wajib berkunjung ke Kim Yong Market. Pasar satu ini merupakan pasar tradisional pada umumnya yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti pakaian dan bahan makanan. Di dalamnya kamu bisa menemukan buah dan sayuran segar maupun kering, sotong kering, kacang-kacangan, jelly berbagai rasa, dan masih banyak lagi.

7. Lee Garden Night Market

Lee Garden Night Market berada di pusat dari kota Hatyai, tepatnya di samping Lee Garden Plaza Hotel. Di sini kamu bisa menemukan street food di sepanjang jalan. Mulai dari mango sticky rice, aneka seafood segar, coconut ice cream, dan berbagai macam pilihan kuliner lainnya. Selain kuliner, di sini juga banyak pakaian dan aksesoris yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh saat pulang ke Indonesia.

8. Songkhla Lake

Selain pantai, kamu juga akan menemukan tempat wisata Hatyai Thailand berupa danau alami yaitu Songkhla Lake. Danau ini termasuk salah satu yang terbesar di Thailand dengan luas mencapai 1040 km persegi. Kamu bisa menikmati keindahannya dari sudut manapun.

Di bagian tengah danau terdapat Ko Yo, pulau kecil yang di dalamnya terdapat objek wisata patung budha tidur raksasa seperti Wat Laem Phor dan lainnnya. Kamu juga bisa menikmati keindahan Songkhla Lake sekaligus kulineran dengan mendatangi beberapa restoran yang berdiri di tepiannya seperti The Seaside Halal Resto, Sirada Restaurant, dan masih banyak lagi.

9. Hatyai Cable Car

Pemandangan kota Hatyai juga bisa kamu nikmati dari ketinggian dengan menaiki Hatyai Cable Car. Cable car pertama di Thailand ini memiliki jalur sepanjang 535 meter, menghubungkan antara Phra Phuttha Mongkhon Maharat dengan Thao Maha Phrom. Selama berada di dalam cable car, kamu akan menyaksikan patung Phra Buddha Mongkol Maharaj yang berdiri tegak di sebelah cable car station. Hatyai Cable Car buka setiap hari dengan harga tiket sebesar 200 baht.