Lawatan ke Polandia, Wagub Cok Ace Bawa Misi Khusus soal Pariwisata Bali

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) kunjungan kerja ke Polandia. Cok Ace membawa misi soal pariwisata Bali.

Lawatan ke Polandia, Wagub Cok Ace Bawa Misi Khusus soal Pariwisata Bali
image

DENPASAR, BALI EXPRESS - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) melakukan kunjungan kerja ke Polandia.

Dalam lawatannya tersebut Cok Ace yang memang paham tentang pariwisata membawa misi khusus soal pariwisata Bali.

Pada Jumat 4 Agustus 2023 lalu, Cok Ace yang juga menjabat sebagai Ketua BPD PHRI Bali melaksanakan pertemuan dengan Marshal (setingkat Gubernur, Red) Provinsi Pomerania Polandia Marsekal M.Struk.

Baca Juga: Ditolak Banyak Ormas, Polisi Tegas Larang People Power Beraroma Makar

Pertemuan itu dihadiri pula oleh Wakil Direktur Kantor Marsekal M.Pochroń- Rankowska, Wakil Direktur Departemen Pariwisata B. Murańska, Wakil Direktur PROT - M. Węgrowicz, Duta besar Indonesia untuk Polandia Anita Lidya Luhulima, Konsul Kehormatan (Konhor) Indonesia di Gdansk,Miroslav Wawrowski dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini. 

Dalam pertemuan tersebut, Cok Ace menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang sangat baik dari Gubernur Pomerania beserta jajaran.

Meski terpisah jarak yang sangat jauh, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa Bali dan Polandia memiliki hubungan yang sangat baik, khususnya di bidang kepariwisataan. 

Baca Juga: Bule Spanyol Dideportasi dari Bali, Sempat Bentak Petugas Imigrasi

Disebutkan Cok Ace, sebelum pandemi Covid-19, Bali dikunjungi 6 juta wisatawan mancanegara, sebanyak 20 ribu- 30 ribu di antaranya berasal dari Polandia.

“Pasca-pandemi, berdasarkan data periode Januari hingga Mei 2023, jumlah wisatawan asing ke Bali tercatat sebanyak 1.800.000 orang lebih. 10.000 hingga 15.000 di antaranya adalah wisatawan Polandia,” ucap Cok Ace. 

Oleh sebab itu, Polandia menjadi pasar potensial yang digarap sangat serius melalui sejumlah upaya promosi. Pada bulan Maret 2023 lalu, dengan difasilitasi KBRI Polandia, 20 industri hotel dan tour organizer/travel itinerary berpartisipasi pada tabletop business matching on tourism di Wisma Duta.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Pastikan Kesiapan Sidang AIPA ke-44

Pada pertemuan itu, Guru Besar ISI Denpasar ini juga menginformasikan keunggulan sektor pariwisata Bali. Di antaranya ketersediaan sarana akomodasi yang sangat memadai.

“Tersedia 114.000 kamar di Bali untuk menyambut wisatawan yang datang dari berbagai negara,” sebutnya.