Kesulitan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen saat garap film Indonesia dari Timur: Syutingnya di provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan

Alenia Picture kembali memproduksi film bertema Papua. Kali ini berjudul Indonesia dari Timur. Perpaduan sepakbola Papua dan keindahan alam.

Kesulitan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen saat garap film Indonesia dari Timur: Syutingnya di provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan

Hops.ID- Pasangan sineas Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Sihasale di bawah bendera Alenia Picture kembali memproduksi film bertema Papua.

Kali ini berjudul Indonesia dari Timur. Ini film ke-3 tentang Papua yang diproduksi Alenia Picture.

Berkolaborasi dengan Bhinneka Multi Media, film ini bertemakan sepakbola Papua yang dipadukan dengan visualisasi keindahan alam di provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan.

Nia menyebut film tersebut tercetus ketika dirinya menghadiri perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021.

Baca Juga: Intip kekayaan Egy Maulana Vikri, pemain Timnas Indonesia yang menikahi Adiba Khanza, miliki mobil mewah Mercedes E-Class?

Kemudian Nia dan Ari hadir menyaksikan perhelaran tersebut, kemudian mereka bertemu dengan Eduard Ivakdalam untuk membahas penggarapan film yang mengangkat tentang sepakbola Papua.

Eduard Ivakdalam adalah seorang mantan pemain sepakbola Indonesia. Ia adalah jenderal lapangan dan kapten Persipura.

"Kami melihat cabang olahraga sepak bola dimenangkan tim dari Papua baik ketagori pria dan wanita, sehingga tercetus pemikiran, bagaimana kita angkat tentang itu kedalam sebuah film," ucap Nia Zulkarnaen saat gala premiere film ini di Epicentrum XXI Jakarta pada Sabtu, 9 Desember 2023.

"Langsung lah kami bertemu dengan Eduard Ivakdalam. Kami membahas ceritanya selama dua tahun lah," sahut Ari Sihasale.

Gala premiere film Indonesia dari Timur pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Epicentrum XXI Jakarta. (Hops.ID)

Gala premiere film Indonesia dari Timur pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Epicentrum XXI Jakarta. (Hops.ID)

Baca Juga: Ternyata dari keluarga terpandang, begini asal usul Panglima Jilah yang disebut kerap dirasuki roh leluhur saat upacara adat Dayak

Sebagai sutradara, Ari Sihasale mengungkap kesulitannya dalam menggarap film Indonesia dari Timur.

Meski sudah dua kali membuat film berlatar pulau paling timur di Indonesia ini, Ari tetap merasa tertantang.

"Tantangan pertama kami syuting di tempat berjauhan, Denias hanya di Wamena. Timur Matahari di Tiong, sekarang di Jayapura, Wamena, Lanijaya, Timika, dan lainnya," ujar Ari.