Jendela Mobil Gran Max 2022 Facelift Masih Pakai Engkol, Daihatsu Beri Alasan

BREAKINGNEWS : Daihatsu Gran Max terbaru menggunakan pembuka jendela model engkol. Mengapa belum power window?

Jendela Mobil Gran Max 2022 Facelift Masih Pakai Engkol, Daihatsu Beri Alasan
image

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan versi facelift dari mobil niaga Daihatsu Gran Max. Mobil ini hadir dengan sejumlah pembaruan mulai dari bagian interiornya, sedikit di bagian eksterior, dan mesinnya.

Pada interior Daihatsu Gran Max 2022 masih menggunakan pembuka jendela mobil model engkol. Daihatsu belum menambahkan fitur power window pada mobil niaga andalannya ini.

Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, Gran Max belum menggunakan fitur power window agar harga jual mobil ini tidak terlalu mahal.

"Setiap fitur itu pasti ada harganya. Kalau harganya naik, nanti kompetisi kita akan berat. Kendaraan niaga ini hitung-hitungan antara harga dan bayaran sesuai dengan cash flow si pengusaha, jadi itu harganya sangat kompetitif sekali," kata Hendra saat ditemui di acara peluncuran Daihatsu Gran Max facelift di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Agustus 2022.

Bila dibandingkan rival dekatnya, Suzuki Carry, memang fitur Gran Max facelift terbilang ketinggalan. Di versi 2022, Carry Pick-up sudah menggunakan fitur power window hingga keyless entry untuk seluruh modelnya.

Soal perbandingan harga, Gran Max Pick-up dibanderol mulai dari Rp 150,5 juta hingga yang termahal Rp 188,1 juta. Sementara Suzuki Carry Pick-up mulai Rp 161,6 juta hingga yang termahal Rp 171,2 juta.

Ubahan di Daihatsu Gran Max 2022 Facelift

Pada versi terbarunya, Daihatsu Gran Max hadir dengan mesin baru berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500cc Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 97 HP dan torsi 134 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Daihatsu Xenia dan Terios.

Selain itu, ubahan lainnya yang dihadirkan adalah ukuran velg yang lebih besar, yakni 14 inci dari sebelumnya 13 inci. Kemudian ground clearance mobil niaga ini juga meningkat 15 mm dibanding model sebelumnya.

Pada bagian interiornya, Daihatsu menambahkan kompartemen penyimpanan di dasbor penumpang depan dan dua cup holder di sisi kiri dan kanan dasbor dekat lubang AC. Kemudian, untuk Gran Max tipe 1.5L sekarang sudah dibekali sistem Electronic Power Steering (EPS).

Baca: Daihatsu Gran Max Facelift Dirilis, Ditargetkan 4.000 Unit Per Bulan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.