Peneliti: Tahun 2027 Pengisian Daya Mobil Listrik Bisa Cuma 10 Menit, Mirip Isi Bensin

BREAKINGNEWS : Pengisian daya mobil listrik bisa hanya memakan waktu 10 menit hingga terisi 90 persen.

Peneliti: Tahun 2027 Pengisian Daya Mobil Listrik Bisa Cuma 10 Menit, Mirip Isi Bensin
image

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil listrik telah mengalami perkembangan pesat dalam dekade terakhir. Tidak hanya jarak tempuh yang semakin jauh, waktu pengisian dayanya pun kian lama kian cepat.

Salah seorang peneliti dalam pertemuan American Chemical Society, Eric Dufek mengatakan pada tahun 2027, pengisian daya mobil listrik bisa hanya memakan waktu 10 menit hingga terisi 90 persen. Waktu ini akan sama dengan pengisian bahan bakar minyak (BBM) pada mobil konvensional.

"Pengisian cepat adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan adopsi kendaraan listrik secara keseluruhan," kata Dufek, dikutip dari laman Carscoops hari ini, Selasa, 30 Agustus 2022.

Sebenarnya menurut penelitian tersebut, baterai Lithium-ion pada mobil listrik berpotensi rusak dan mengurangi masa pakai baterai jika diisi terlalu cepat.

Namun dengan berbagai teknik pembelajaran mesin, para peneliti mempelajari terkait usia baterai saat mengisi daya dengan kecepatan tinggi dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan waktu pengisian daya dengan aman.

Dengan mempelajari hasil hingga 30.000 titik data, para peneliti tersebut sukses membuat protokol pengisian daya yang memungkinkan menggunakan charger ultra fast tanpa merusak baterai itu sendiri. Kelemahannya adalah teknologi tersebut baru akan tersedia secara umum sekitar 5 tahun lagi.

Para peneliti percaya bahwa baterai yang bisa diisi dengan cepat tidak hanya membantu mengurangi waktu pengsian, tetapi juga akan membuat mobil listrik lebih murah dan efisien.

Selain itu, masalah bobot mobil listrik akibat berat baterai bisa dikurangi sehingga bisa menambah tenaga dari mobil itu sendiri.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS 

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Air EV Laris, Pemesanan Lebih dari 2.000 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.