Itinerary Liburan Tahun Baru di Bali 3 Hari 2 Malam, Cocok buat Healing Nih!

Bali bisa jadi pilihan destinasi wisata buat mengisi liburan tahun baru. Lo bisa pakai itinerary ini buat traveling ke Bali 3 hari 2 malam, Superfriends.

Itinerary Liburan Tahun Baru di Bali 3 Hari 2 Malam, Cocok buat Healing Nih!

Bali bisa jadi pilihan destinasi wisata buat mengisi liburan tahun baru. Namun, biar nggak hura-hura doang, sebaiknya sih lo juga sempetin liburan ke alam juga deh. Lumayan kan, bisa sekalian healing sambil nyiapin resolusi tahun 2024 nanti.

 

Karena Bali tuh luas banget, nggak mungkin banget lo liburan cuma sehari aja. Minimal tiga hari dua malam, lah. Lo bisa berangkat naik pesawat dari Jakarta sebelum matahari terbit biar sampai Bali masih pagi. Biar nggak bingung, lo bisa ikuti itinerary ini sebagai panduan lo, Superfriends.

 

Hari Pertama – 30 Desember

Ilustrasi Bali
Image:  gabriela2891/Pixabay

1. Nusa Penida

Setelah mendarat di Bandara Ngurah Rai, lo bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sanur dengan durasi perjalanan sekitar 45 menit. Biar lebih hemat, sebaiknya lo sewa mobil dan nyetir sendiri daripada pakai jasa supir. Di tengah perjalanan menuju pelabuhan, lo bisa mampir dulu ke rumah makan atau kafe buat sarapan sambil ngopi.

 

Sesampainya di Pelabuhan Sanur, lo bisa menyeberang ke Nusa Penida naik fast boat yang berangkat pukul 09.00 WITA atau 11.00 WITA. Di Nusa Pendia, lo bisa mengunjungi Kelingking Secret Point, Paluang Cliff, Broken Beach, Angel Billabong, dan Crystal Bay Beach. Jangan cuma foto-foto aja, Superfriends. Lo juga wajib cobain snorkeling atau scuba diving di Crystal Bay Beach karena lautnya jernihnya banget.

 

Lo bisa habisi waktu sampai sore karena ada banyak tempat wisata di Nusa Penida yang bisa lo jelajahi. Kalau mau balik pulang, pilih jadwal kapal pukul 16.30 WITA biar nggak terlalu gelap.

 

2. Kintamani

Selesai menjelajahi, perjalanan lanjut ke Kintamani buat menginap. Perjalanan dari Sanur ke Kintamani memakan waktu kurang lebih 90 menit.

 

Ada banyak pilihan penginapan di daerah ini, mulai dari hotel, vila, sampai glamping. Karena Kintamani termasuk dataran tinggi, mending sih lo pilih glamping aja buat bermalam biar bisa lebih dekat sama alam. Jangan lupa pesen jauh-jauh hari biar dapet harga miring, ya.

 

Hari Kedua – 31 Desember

Gunung Batur
Image: Wikipedia

1. Trekking ke Gunung Batur

Jelang pergantian tahun, paling enak menikmati pemandangan sunrise yang terakhir di tahun 2023. Lo bisa trekking ke Gunung Batur yang ketinggiannya cuma 1.717 mdpl. Mulailah perjalanan dari penginapan sekitar pukul 02.00 atau 03.00 WITA. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa lo pilih, yaitu via Pasar Agung, Toya Bungkah, Serongga, dan Bukit Mentik. Kalau pengin yang santai, lo bisa pilih jalur Pasar Agung. Sebaliknya, Jalur Cukit Mentik cocok buat lo pecinta tantangan.

 

Selain menikmati indahnya matahari terbit, lo juga bisa mengunjungi spot Black Lava dan Black Sands di Gunung Batur. Ada tur jeep dan ATV yang bisa lo manfaatin buat mengelilingi kedua area tersebut.

 

2. Kulineran di Kintamani

Perut lo pasti keroncongan setelah eksplor Gunung Batur, kan? Nah, mumpung masih di Kintamani, lo bisa jelajah wisata kuline di daerah tersebut, Superfriends. Ada banyak kafe berlatar pegunungan yang cocok jadi tempat sarapan atau sekadar ngopi, seperti El Lago, Montana Cafe Bali, Ritatkali, Paperhills, Tegukopi, dan lainnya.

 

Setiap kafe tersebut punya keunikannya tersendiri. Misalnya di Tegukopi, lo bisa lihta pemandangan Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung sambil menyeruput kopi khas Kintamani yang unik. Syahdu banget, kan!

 

Setelah selesai makan, lo bisa kembali ke penginapan buat check-out dan pindah ke hotel lain buat tahun baruan.

 

3. Main Arung Jeram di Ubud

Di tengah panasnya Bali, paling enak main air sambil arung jeram di Ubud. Tepatnya di Sobek Ayung Rafting di daerah Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Selama main arung jeram, lo bisa menikmati panorama alam di sekitar sungai yang memanjakan mata. Ada juga ukiran khas Bali yang diukir di dinding Sungai Ayung.

 

4. Seminyak

Setelah puas ke basah-basahan di Sungai Ayung, saatnya lo melanjutkan perjalanan ke Seminyak buat menginap di hotel dan merayakan malam tahun baru. Lo bisa pesen penginapan di deket beach club di daerah Seminyak, seperti Mano Beach House, Potato Head Beach Club, atau Mari Beach Club. Jadi, lo tinggal jalan kaki aja dan nggak perlu macet-macetan di jalan, deh.

 

Di beach club, lo bisa menikmati pemandangan sunset yang terakhir di tahun 2023 sambil diiringi music performance dari DJ. Makin malem, suasananya makin pecah, Superfriends. Puncaknya, bakal ada show kembang api sebagai penanda pergantian tahun.

 

Hari Ketiga – 1 Januari

Ilustrasi Bali
 Image: Anastasia/Pixabay

Lo bisa bikin jadwal hari ketiga lebih fleksibel biar lo bisa lebih banyak istirahat di hotel. Selain itu, hari terakhir ini cukup lo manfaatin buat beli oleh-oleh atau kulineran tipis-tipis di Seminyak. Ada Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Cafe Bali Seminyak, Warung Murah Double Six, dan masih banyak lagi. Siangnya, lo bisa menuju Bandara Ngurah Rai buat balik pulang, deh.

 

Itu tadi itinerary 3 hari 2 malam di Bali buat tahun baru nanti, Superfriends. Udah siap tahun baruan, kan? (arpd)