Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!

Staycation sekaligus keliling Surabaya

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!

Tak melulu Bandung atau Yogyakarta, Surabaya juga menjadi salah satu destinasi yang patut kamu kunjungi saat liburan. Apalagi buat warga rantau yang tinggal di Surabaya, tak perlu bingung untuk mencari destinasi wisata di pusat kota. 

Kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik bagi para wisatawan. Baik itu dari wisata sejarah, alam, maupun kuliner. Mobilitas menuju ke sini pun mudah, mau naik pesawat, kereta, kapal, atau bus umum, semuanya bisa. 

Nah, supaya liburanmu lebih terorganisir, IDN Times akan membagikan ide itinerary liburan selama 3 hari 2 malam di Surabaya sebagai panduanmu. Mulai dari menikmati fasilitas hotel hingga keliling Surabaya, dijamin seru pol, rek!

Hari ke-1

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Morazen Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Penulis melakukan perjalanan darat menuju Surabaya. Sesampainya di Surabaya, penulis menuju penginapan yang telah dipesan sebelumnya, Morazen Hotel Surabaya. 

14.00-14.30: Checkin di penginapan. Penulis merekomendasikan Morazen Hotel Surabaya sebagai pilihan penginapan yang nyaman. Hotel yang berada di jantung Kota Surabaya ini baru saja melakukan rebranding dari Grand Dafam Signature menjadi Morazen Surabaya. 

Lokasinya sangat strategis, yakni di Jalan Kayoon Nomor 4-10, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Jaraknya hanya 5 menit dari Stasiun Gubeng dan 5 menit dari objek wisata Monumen Kapal Selam.

Hotel bintang 4 ini memiliki 172 kamar dan 10 meeting room, serta Peacock Grand Ballroom yang bisa menampung hingga 1.200 orang.Terdapat beberapa fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati saat menginap di sini. Mulai dari Palatier Restaurant, Laviere Roof Top Bar and Lounge, Swimming Pool, Palatier Poolside, Kids Corner, Jacuzzi, Spa and Sauna, Fitness Center, Hermier Coffee Inc, dan Public PC di area lobi. 

Penulis menginap di kamar Deluxe Twin yang menghadap langsung ke Monuman Kapal Selam dan Jembatan Suramadu. Kamarnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, di antaranya amenities, guling, dan smart IPTV yang dilengkapi dengan akses Netflix, Mola TV, Diamond access Vidio, YouTube, serta YouTube Kids.

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Morazen Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

14.30-15.30: Istirahat di kamar. Tak banyak hotel yang menyediakan guling di kamar. Namun, Morazen Hotel Surabaya menyediakan guling di setiap kamar. Serasa di rumah, deh! 

15.30-17.00: Menikmati jacuzzi. Jacuzi-nya dibagi antara laki-laki dan perempuan sehingga para tamu bisa berendam dengan nyaman.

Di ruangan yang sama, terdapat sauna juga yang bisa dinikmati tamu hotel. Ada loker juga untuk menyimpan barang bawaanmu saat ke sini. Lokernya hanya bisa dibuka dengan kartu hotel, sehingga terbilang sangat aman. 

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Sungai Kalimas Surabaya (instagram.com/wisataperahukalimas)

17.00-18.00: Sambil menunggu matahari terbenam, penulis memutuskan untuk berkunjung ke Wisata Kalimas Surabaya. Wisata ini menawarkan tur dengan perahu sembari melihat lanskap kota dari Sungai Kalimas.

Sebelum berkunjung ke sini, pastikan kamu mengecek jadwal, rute, serta membeli tiketnya di tiketwisata.surabaya.go.id. Harga tiketnya dibanderol Rp10 ribu.

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Jalan Tunjungan (instagram.com/kharismaeka)

18.00-19.30: Penulis melipir ke Jalan Tunjungan untuk berburu makan malam. Jalanan cantik ini dipenuhi kafe serta restoran dengan konsep-konsep yang unik dan menarik. Ada pula Pasar Tunjungan yang berisi tenant-tenant kecil nan estetik yang bisa kamu kunjungi. Cocok banget untuk kamu yang suka kulineran.

19.30-20.30: Kembali ke hotel dan mencoba spa di Morazen Hotel Surabaya. Jika ingin menikmati fasilitas spa, kamu perlu reservasi terlebih dahulu. 

20.30: Istirahat di kamar. 

Hari ke-2

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Morazen Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

07.00-08.00: Sarapan di Palatier Restaurant, Morazen Hotel Surabaya. Paket breakfast yang disediakan sangatlah bervariasi.

Ada menu Asia, Western, Indonesia, hingga dessert, semua tersedia di sini. Kamu bisa memilih rawon, bubur ayam, soto lamongan, nasi hainan, ayam hainan, sup tom yam, sup miso, ayam bumbu bali, creamy baked fish, potato wedges, pasta, sushi, dimsum, mi tarik, gorengan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Untuk dessert-nya, ada aneka roti, donat, croissant, cake, es krim, yoghurt, buah potong, smoothies, dan crepes.

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih (instagram.com/sateklopoondomohenibu)

08.00-09.00: Persiapan berkeliling Kota Surabaya. 

09.00-12.00: Tak jauh dari Morazen Hotel Surabaya, ada beberapa kuliner legendaris yang patut kamu coba saat sedang ke sini. Di antaranya seperti Klepon Bu Nanik, Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, dan Zangrandi.

12.00-15.00: Setelah puas kulineran, penulis lanjut jalan-jalan di salah satu mal terbesar di Indonesia, yakni Tunjungan Plaza. Mal ini terdiri dari TP 1 sampai dengan TP 6. Mal seluas 175.000 meter persegi atau 17,5 hektare ini dipenuhi banyak tenant menarik, dari yang murah meriah hingga high end brand. Tak heran kalau selalu ramai pengunjung saat akhir pekan. 

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Potret Alun-alun Surabaya (IDNTimes/Egydia)

15.00-16.30: Penulis berkunjung ke salah satu museum di Surabaya, yakni Museum Pendidikan. Pada dasarnya Kota Pahlawan ini memiliki banyak museum sejarah, tetapi Museum Pendidikan memiliki daya tarik tersendiri, karena desain arsitekturnya yang cantik. 

16.30-18.00: Setelah dari Museum Pendidikan, penulis melipir ke Alun-alun Surabaya sambil menikmati sunset. Setiap sudutnya tampak cantik dan elegan, cocok buat kamu yang ingin hunting foto. Kamu pun bisa menikmati koleksi seni di basement alun-alun. 

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Morazen Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

18.00-19.00: Penulis kembali ke hotel, lalu mandi dan bersiap-siap untuk makan malam di Palatier Restaurant, Morazen Hotel Surabaya.

19.00-20.30: Penulis menikmat set menu bertema Chinese food. Menunya terdiri dari petit four, pin bun salad, crab asparagus soup, baked lobster and beef blackpepper, deep frid aromatic chicken with garlic, hong kong-style fried rice, dan almond pudding with longan sebagai penutup. 

20.30-24.00: Setelah perut terisi, penulis bersantai di Lavier Roof Top Bar and Lounge. Setiap harinya, ada pertunjukan menarik yang akan menghiburmu selama menginap. Ada live music hingga DJ performance. 

24.00: Penulis kembali ke kamar untuk istirahat. 

Baca Juga: [QUIZ] Pilih Makanan Pedas Kesukaanmu dan Kami Bisa Wisata Surabaya yang Cocok untukmu!

Hari ke-3

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!Morazen Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

07.00-08.00: Berenang di kolam renang. Selain kolam renang, ada gym yang bisa kamu coba di sini. 

08.00-09.00: Sarapan di Palatier Restaurant, Morazen Hotel Surabaya.

09.00-11.00 Penulis kembali ke kamar sambil bersiap-siap checkout dari hotel. 

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Surabaya, Fokus ke Me Time!

11.00-12.00: Penulis menikmati kopi dan kue di Hermier Coffee Inc, Morazen Hotel Surabaya. Kamu bisa mencoba kopi single origin yang berasal dari satu daerah spesifik.

Selain kopi, kamu wajib cobain cake dan gelato yang tersedia di Hermier. Untuk variasi kuenya, yang paling recommended adalah klepon cake, sacher torte, opera cake, matcha, mousse. Sedangkan untuk gelatonya, yang paling recommended adalah rasa coconut, strawberry smoothies, dan chocolate chip. 

12.00: Checkout dari hotel dan kembali ke kota asal. 

Semoga ide itinerary liburan 3 hari 2 malam di Surabaya di atas bisa membantumu saat sedang liburan di Surabaya, ya. Selamat liburan!

Baca Juga: 22 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru 2024 yang Instagramable