Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Ada Laut Hingga Wisata Budaya Suku Sasak

Selain Bali, Lombok juga jadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Tertarik traveling ke sana juga? Simak itinerary-nya di sini, Superfriends.

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Ada Laut Hingga Wisata Budaya Suku Sasak

Selain Bali, Lombok juga jadi destinasi wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pulau di Nusa Tenggara Barat ini punya kekayaan alam dan budaya yang nggak ada duanya.

 

Nah, buat lo yang tertarik traveling ke Lombok, salah satu hal yang harus lo persiapkan terlebih dahulu yaitu itinerary atau rencana perjalanan. Tujuannya agar kegiatan wisata lo lebih terarah, sehingga lo nggak perlu bingung mau lagi di tengah jalan. Penentuan itinerary pun nggak boleh asal, harus disesuaikan sama berapa lama lo mau traveling. Nah, kalau lo butuh itinerary liburan ke Lombok selama 3 hari 2 malam, panduan ini mungkin bisa membantu lo, Superfriends.

 

Hari Pertama: Eksplor Tiga Gili

Gili Trawangan
Gili Trawangan. Image: Herwin Prabawananda/Pixabay

Hari pertama di Lombok, habiskan waktu lo dengan eksplor Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air seharian. Lokasinya kurang lebih 57 km dari Bandara Udara Internasionla Zainuddin Abdul Madjid atau sekitar dua jam perjalanan. Setelah menempuh perjalanan darat, lo harus naik speed boat untuk menuju pelabuhan Bangsal atau Teluk Nare dengan tarif Rp150 ribu per orang

 

Ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan di tiga gili tersebut, mulai dari snorkeling, sekadar bersantai di pantai, sampai menikmati pemandangan sunset. Kalau mau snorkeling, lo bisa langsung menuju Gili Meno. Di sana, terdapat patung bawah laut karya seniman bernama Jason DeCaires Taylor. Ia sengaja membuat 48 pasang patung tersebut pada tahun 2019 sebagai tempat mengembangbiakkan terumbu karang. Ada juga Gili Meno Wall yang bisa lo selami bersama para penyu yang tinggal di perairan tersebut.

 

Sementara itu, Gili Air bisa jadi tempat yang cocok buat makan siang atau sekadar nongkrong karena ada banyak restoran dan kafe di pulau tersebut. Lo bisa makan sambil menikmati pemandangan laut lepas di depan mata.

 

Nah, kalau di Gili Trawangan ini cocok jadi penutup hari pertama, Superfriends. Lo bisa snorkeling lagi sampai nunggu matahari terbenam. Yup, ada beberapa spot sunset di Gili Trawangan, seperti Gili Trawangan Hill, Mercusuar Gili Trawangan, Sunset Point Gili Trawangan, dan masih banyak. Dijamin nyesel deh kalau lo melewatkan momen tenggelamnya matahari di pulau ini.

 

Hari Kedua: Wisata Budaya di Lombok

Desa Sukarara
Desa Sukarara. Image: Jadesta Kemenparekraf

Setelah puas main-main di laut dan pantai pada hari pertama, lo bisa memanfaatkan hari kedua buat menjelajahi destinasi wisata budaya Lombok. Ada dua tujuan yang wajib masuk dalam itinerary lo, yaitu Desa Sukarara dan Desa Sade.

 

Sukarara merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah, sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Teluk Nare. Desa ini terkenal sebagai penghasil kain songket. Lo bisa belajar langsung cara membuat kain songket bersama Inaq, sebutan bagi ibu-ibu dari suku Sasak. Mereka bakal ngajarin lo cara membuat pola hingga menjahit benang jadi kain songket yang cantik. Setelah itu, lo bisa mencoba pakai baju adat suku Sasak sambil foto-foto di depan rumah adat.

 

Berikutnya ada Desa Sade yang lokasinya nggak jauh dari Desa Sukarara, sekitar 30 menit aja. Pas pertama kali masuk ke desan ini, lo bakal disambut sama pertunjungan tarian perang khas Lombok. Dengan mengenakan rotan penjalin, para penari yang didominasi pria tersebut saling beradu pedang dan tameng dari kulit kerbau. Selain unik, tarian ini juga dipercaya bisa mendatangkan hujan, lho.

 

Setelah menikmati pertunjukan tari, lo bakal diajak buat jalan-jalan keliling desa dan mengunjungi rumat ada suku Sasak yang terdiri dari Bale dan Lumbung. Rumah adat mereka cukup unik karena lantainya terbuat dari campuran tanah liat dan kotoran kerbau serta beratapkan Jerami. Penggunaan kotoran kerbau tersebut dipercaya bisa membersihkan lantai dari kotoran dan membuatnya jadi lebih halus dan kuat.

 

Hari Ketiga: Menjelajahi Hidden Gem Lombok

Pantai Mawun
Pantai Mawun. Image: Tripadvisor

Hari terakhir di Lombok bisa lo manfaatkan dengan mengunjungi dua pantai hidden gem, yaitu Pantai Mawun dan Pantai Tampah. Kedua pantai ini punya hamparan pasir putih dan lautan biru yang membentang luas.

 

Walaupun pemandangannya hampir sama, kedua pantai tersebut tetap punya keunikannya masing-masing. Di Pulau Mawun, terdapat dua bukit hijau yang seakan mengapit lautan di tengahnya. Sementara di Pulau Tampah, lo bisa mencicipi gurita segar dan seafood lain hasil tangkapan penduduk setempat.

 

Nah, itu tadi panduan itinerary yang mungkin bisa contek buat liburan lo ke Lombok nanti. Kira-kira, kapan nih lo mau traveling, Superfriends? (arpd)