Itinerary 3 Hari 2 Malam di Kota Yogyakarta untuk Libur Tahun Baru 2023

Jika kamu ingin menghabiskan 3 hari dan 2 malam di Yogyakarta saat Tahun Baru, kamu bisa menyimak itinerary berikut.

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Kota Yogyakarta untuk Libur Tahun Baru 2023

KOMPAS.com - Menyambut datangnya tahun 2023 bisa dilakukan dengan berwisata atau menjelajah daerah lain.

Kota Yogyakarta (DIY) hadi salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk merayakan libur tahun baru.

Itu karena banyak tempat wisata di sana yang bisa dikunjungi, terutama kuliner dan sejarah. Infrastruktur pariwisata di sana juga sudah cukup bagus, mulai dari transportasi hingga fasilitas.

Baca juga: 2 Tempat Wisata di DIY Ini Diprediksi Paling Ramai Pengunjung Saat Libur Akhir Tahun 2022

Menurut Koordinator Bersukaria Walking Tour Yogyakarta bernama Mawar, ada beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan saat tahun baru di DIY.

“(Kegiatan Tahun Baru di DIY biasanya bisa) melihat pesta kembang api, camping di pantai atau dataran tinggi, dan melihat city light,” jelas Mawar kepada Kompas.com pada Jumat (23/12/2022).

Itinerary 3 hari 2 malam Tahun Baru di Kota Yogyakarta

Jika kamu memiliki waktu tiga hari dan dua malam untuk berwisata di Kota Yogyakarta, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan berikut.

Hari Pertama di Yogyakarta

  • Naik kereta ke Kota Yogyakarta

Misalnya naik pesawat dan tiba di Yogyakarta International Airport (YIA) pagi hari, kamu dapat mencari makan terlebih dahulu di sekitar atau di dalam bandara.

Kereta api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.Dok. PT Angkasa Pura I Kereta api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.

Setelah itu, kamu dapat membeli tiket kereta di Stasiun Bandara YIA menuju Stasiun Tugu Yogyakarta.

Dilansir dari Kompas.com (19/08/2022), salah satu kereta relasi Stasiun YIA ke Stasiun Yogyakarta akan berangkat pukul 08.07 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 08.46 WIB.

Baca juga: PPKM Dicabut, Bakal Tetap Ada Aturan Prokes di Tempat-tempat Wisata DIY

Kamu juga bisa menumpang kereta yang berangkat pukul 09.25 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 10.04 WIB.

  • Mengunjungi Tugu Yogyakarta

Sesampainya di Stasiun Yogyakarta, kamu dapat mengunjungi salah satu monumen terkenal, yaitu Tugu Yogyakarta atau juga disebut Tugu Pal Putih.

Panorama Tugu Yogyakarta pada malam hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Tugu Yogyakarta pada malam hari.

Monumen ini terletak di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Sudirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Tugu Jogja berjarak 1 kilometer dari Stasiun Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 13 menit melalui Jalan Margo Utomo.

Di sini kamu bisa mengambil foto dan juga nongkrong. Di sana juga tersedia banyak kafe dan restoran jika kamu ingin membeli jajanan, dilansir dari Kompas.com, Rabu (28/09/2022).