Ide Bisnis di Bidang Outdoor Activity dan Traveling yang Kekinian, Bisa Dicoba Nih!

Dunia outdoor activity dan traveling kini berkembang pesat dan jadi lebih kekinian. Nah, ini bisa jadi peluang lo buat bikin bisnis baru, Superfriends. Simak beberapa idenya di sini, yok!

Ide Bisnis di Bidang Outdoor Activity dan Traveling yang Kekinian, Bisa Dicoba Nih!

Di tengah hidup yang serba cepat ini, orang-orang makin sadar kalau mereka perlu meluangkan waktu buat traveling biar tetep waras. Biar nggak ribet, biasanya mereka menggunakan jasa dari pihak ketiga buat memenuhi kebutuhan untuk menunjang aktivitas liburan mereka, mulai dari ikut open trip sampai sewa berbagai peralatan.

 

Nah, lo bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang bisnis, Superfriends. Ada beberapa ide bisnis di bidang outdoor dan traveling yang kekinian dan digemari anak muda, terutama dari kalangan Gen Z. Apa aja itu? Yok, cari tau di sini.

 

Sewa Alat Camping Kekinian

Ilustrasi camping
Image: Pixabay

Nggak cuma tenda, ada beberapa peralatan yang sering dipakai Gen Z biar aktivitas camping-nya lebih terlihat keren di kamera, seperti mug kopi, kursi portabel, kursi lipat, meja lipat, kompor portabel, dan lain sebagainya. Kalau lo udah punya persewaan alat outdoor sebelumnya, lo mungkin bisa menambahkan barang-barang tersebut dalam barang persewaan lo, Bro. Dijamin deh Gen Z bakal sering pinjem alat ke lo.

 

Bisnis Glamping

Glamping atau ‘glamour camping’ jadi aktivitas outdoor yang lagi digemari anak muda masa kini. Sesuai namanya, glamping punya kesan mewah dibanding camping, sehingga cocok banget jadi tempat staycation di tengah alam bebas. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis yang bagus, Superfriends. Kalau lo punya lahan kosong atau mungkin udah punya camping ground sebelumnya, lo bisa bangun glamping dengan beberapa pilihan tipe biar cakupan pasar lo bisa lebih luas.

 

Hotel Kapsul

Ilustrasi hotel kapsul
Image: Melvin/Pixabay

Solo traveler atau backpacker paling suka nginep di tempat yang nggak terlalu rame dan pastinya terjangkau. Buat memfasilitasi mereka, lo mungkin bisa buka bisnis hotel kapsul, Bro. Nggak perlu tanah atau bangunan yang luas besar kok. Soalnya, ukuran kamar di dalam hotel kapsul lebih kecil dibanding kamar hotel pada umumnya. Jadi, desain hotel lo bisa lebih compact. Modalnya emang besar sih, tapi lo bisa cepet dapet keuntungan dengan strategi marketing yang tepat.

 

Desain Campervan

Selain traveling naik transportasi umum, nggak sedikit orang yang cari pengalaman baru dengan road trip naik campervan. Biasanya, mereka butuh jasa desain campervan agar kendaraan mereka bisa layak jalan dan punya ruang lebih lega untuk menyimpan lebih banyak barang. Buat lo yang punya background di bidang otomotif, bisa banget manfaatin peluang ini, Bro. Lo mungkin bisa kerja sama bareng temen yang bisa desain interior agar layanan yang lo berikan ke pelanggan jadi lebih maksimal.

 

Agen Wisata Open Trip

Jasa yang satu ini lagi dibutuhin orang-orang yang pengin liburan, tapi nggak mau ribet bikin itinerary sendiri. Yup, apa lagi kalau bukan agen wisata open trip. Kalau lo punya hobi traveling, bisnis ini bisa jadi cara menyenangkan buat cari cuan, Coy. Lo bakal sering ketemu sama pihak pengelola tempat wisata buat booking atau beli tiket, bikin itinerary, dan memimpin perjalanan. Seru banget, kan?

Itu tadi beberapa ide bisnis di bidang outdoor dan traveling yang kekinian dan cocok buat target pelanggan Gen Z. Tertarik sama ide yang mana nih, Superfriends? (arpd)