Film Indonesia Pukau Publik Norwegia di Festival Film Fra Sor 2022

Indonesia Movie Nights adalah bagian dari kerja sama KBRI Oslo dengan Festival Film Fra Sor.

Film Indonesia Pukau Publik Norwegia di Festival Film Fra Sor 2022
image
Oslo: Kedutaan Besar Indonesia di Oslo, Norwegia, menyelenggarakan Indonesia Movie Nights di Oslo untuk menonton bersama film "Autobiography" dan diskusi langsung dengan Sutradara Makbul Mubarak. Kegiatan ini disambut antusias oleh 160 orang pemerhati film, masyarakat Norwegia, dan Diaspora Indonesia yang hadir.
 
Antusiasme juga tercermin dengan atribut dan pakaian Indonesia oleh para penonton pada malam tersebut.
 
Indonesia Movie Nights adalah bagian dari kerja sama KBRI Oslo dengan Festival Film Fra Sor, salah satu festival film terbesar di Norwegia. Pada tahun 2022, KBRI Oslo menjadi mitra resmi Film Fra Sor untuk memperkenalkan tiga film Indonesia di Norwegia yaitu ”Autobiography” karya Makbul Mubarak, ”Before, Now and Then”atau NANA karya Kamila Andini, dan "Pengabdi Setan" karya Joko Anwar. Film Autobiography juga menjadi salah satu nominasi penghargaan "New Voices" pada festival ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bangga KBRI Oslo dapat kembali menghadirkan film Indonesia di Norwegia, karena sudah saatnya hasil karya seniman dan sineas Indonesia semakin diakui dunia internasional," jelas Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, dalam sambutannya di Indonesia Movie Night.
 
Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 15 November 2022, Dubes RI menyampaikan bahwa KBRI Oslo akan terus mendorong hasil karya anak bangsa dapat lebih mewarnai berbagai festival, cinema dan bioskop di Norwegia.
 
Hal setara juga dinyatakan oleh Director Festival Film Fra Sør, Lasse Skagen yang menyambut baik kembali nya film Indonesia di layar bioskop Norwegia dan mengundang sutradara Makbul Mubarak pada festival tahun ini. “Film tahun ini mengupas isu yang menarik dan membawa perspektif baru bagi masyarakat Norwegia mengenai budaya, kehidupan dan tantangan sosial di Indonesia” ujarnya.
 
Lasse juga menyampaikan kekaguman terhadap talenta sutradara Indonesia yang mencerminkan kemajuan industri film Indonesia. Film Fra Sor telah merencanakan untuk membawa kembali film dan sutradara Indonesia pada tahun 2023.
 
Sementara itu, Sutradara Makbul Mubarak apresiasi terhadap sambutan baik terhadap film Autobiography yang merupakan karya pertama nya. “Melalui film ini saya ingin mengupas cerita kehidupan yang selama ini jarang terangkat di film Indonesia” ujarnya. Makbul berharap film Indonesia semakin banyak terekspos bagi penonton di Eropa termasuk di wilayah skandinavia.
 
Dengan karakter yang kuat dan plot yang kental dengan konflik batin, film Autobiography telah mendapat banyak pengakuan di berbagai festival internasional termasuk sebagai pemenang utama pada Tokyo Filmex 2022.
 
Indonesia Movie Night di Norwegia adalah bagian dari program Kedutaan Besar RI di Oslo untuk mempromosikan seni, budaya dan industri kreatif Indonesia ke masyarakat Norwegia dan Islandia. Melalui kegiatan ini diharapkan industri film, para sineas, aktor dan aktris Indonesia dapat lebih mengemuka dan dikenal oleh masyarakat Norwegia. 
 
Baca:  Tarian Saman Pukau Masyarakat Oslo di Festival Barnas Verdensdager 2022