Film Dear Jinri Hadirkan Wawancara Sulli Sebelum Bunuh Diri

Film garapan sutradara Jung Yoon-suk itu dibuat berdasarkan wawancara terakhir dengan mendiang idol K-pop Sulli.

Film Dear Jinri Hadirkan Wawancara Sulli Sebelum Bunuh Diri
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhir-akhir ini, film dokumenter Dear Jinri tengah menjadi perbincangan publik. Film garapan sutradara Jung Yoon-suk itu dibuat berdasarkan wawancara terakhir dengan mendiang idol K-pop, Sulli.

Judul Dear Jinri sendiri diambil dari nama asli Sulli, Choi Jin-ri. Film tersebut tayang minggu lalu secara perdana di Busan International Film Festival (BIFF) 2023. Dokumenter itu menampilkan wawancara terakhir Sulli sebelum menutup usia secara tragis  pada usia 25 tahun.

Seperti yang dinyatakan dalam kredit pembukaan film tersebut, wawancara yang panjang direkam sesaat sebelum Sulli meninggal. Ini menjadi satu-satunya referensi yang dibuat untuk kematian mendadak Sulli karena bunuh diri pada 14 Oktober 2019.

Lahir di Busan, Korea Selatan, Sulli menjadi terkenal sebagai aktris cilik sebelum terpilih sebagai anggota girl band K-pop beranggotakan lima orang yakni f(x).

Sulli terus mengejar karir film, mendapatkan peran penting dalam The Pirates dan Fashion King, keduanya dirilis pada tahun 2014. Karena kelelahan mental dan fisik, dia mengambil jeda dari f(x) dan memutuskan tidak bergabung lagi dengan grup tersebut.

Selama hidup, Sulli kerap mendapatkan komentar jahat dari warganet mulai dari cara berpakaian, karier, hingga perjalanan cintanya dengan rapper Dynamic Duo Choiza.

Terlepas dari semua ini, ia menjadi pendukung feminis yang blak-blakan di media sosial. Ia dengan lantang menyatakan dukungan untuk perempuan yang dipaksa menjadi budak seksual oleh militer Jepang selama perang dunia kedua lewat gerakan tanpa bra dan lainnya.

Tragisnya, perjuangan Sulli melawan depresi berakhir mengerikan ketika dia gantung diri di rumahnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Tak Cuma Jungkook BTS, 5 Idol Ini Pernah Jadi Korban Sasaeng


(hsy/hsy)