Eksil, Film Perjuangan Mahasiswa Indonesia yang Terbuang Pasca Peristiwa Bersejarah

Eksil adalah karya terbaru sutradara Lola Amaria. Film ini mengisahkan mahasiswa yang terbuang pasca peristiwa bersejarah 30 September 1965.

Eksil, Film Perjuangan Mahasiswa Indonesia yang Terbuang Pasca Peristiwa Bersejarah

HERALD.ID Eksil merupakan karya terbaru dari sutradara Lola Amaria. Film ini mengangkat kisah mahasiswa Indonesia yang terbuang pasca peristiwa bersejarah 30 September 1965.

Menurut Lembaga Sensor Film (LSF), sinopsis film mencakup sejarah kelam tanah air pada 1965. Dengan terfokus pada peristiwa Gerakan 30 September yang sangat terkenal hingga kini.

Film ini menggambarkan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Itu dengan memanfaatkan beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia di bawah Presiden Soekarno.

Para pelajar dan mahasiswa yang tinggal di luar negeri mengalami nasib tragis. Mereka terjebak di berbagai negara, seperti China, Uni Soviet, Belanda, Cekoslovakia, Jerman, dan Swedia.

Mereka bahkan sampai kehilangan kewarganegaraan dan tak boleh kembali ke bumi pertiwi. Juga tidak dapat bertemu sanak keluarga dan para sahabatnya yang berada di tanah air.

Para pelajar dan mahasiswa Indonesia tersebut pun harus menjadi eksil yang berarti keluar atau terpinggirkan berdasarkan kamu besar Bahasa Indonesia (KBBI). Adapun asalnya dari Bahasa Inggris, yaitu exile yang artinya adalah terasing atau terpaksa meninggalkan kampung halaman atau rumahnya.

Para pelajar dan mahasiswa terperangkap di negara asing selama lebih dari 30 tahun tanpa kembali ke kampung halaman. Selain menjadi sutradara di film dokumenter ini, Lola Amaria turut menulis naskah bersama Gunawan Rahardja.

Lola Amaria memulai produksi pada 2015 dan berhasil menyelesaikannya tujuh tahun kemudian (2022). Sayangnya, beberapa eksil yang menjadi narasumber telah meninggal dunia ketika film telah tayang. Sebagian di antaranya karena usia tua dan sakit.

Film ini meraih penghargaan Best Film di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022. Juga memenangkan kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2023. Eksil telah tayang di bioskop Indonesia sejak 1 Februari 2024. (mg1/c/adr)

Eksil Film Eksil Gunawan Rahardja Lola Amaria
Penulis: Wilda Izzatul YazidaEditor: Adriyan Adirizky R
Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :