Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!

Genre horor masih mendominasi film Indonesia di bioskop

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!

Sepanjang tahun 2023 ini, para sineas Indonesia telah merilis ratusan karya yang meramaikan industri perfilam tanah air. Ada yang berhasil dengan film horornya, ada pula yang mendobrak klise dengan menyajikan genre baru.

Terhitung ada 100 film Indonesia yang tayang di 2023. Jumlah yang sangat fantatis, mengingat perfilman Indonesia belum lama bangkit, usai sempat terseok karena pandemik COVID-19.

Penasaran, kan, apa saja, sih, film Indonesia yang tayang di sepanjang tahun 2023? Apakah horor masih mendominasi? Berikut adalah daftar lengkapnya!

1. Daftar film Indonesia yang tayang Januari 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Film Balada Si Roy (instagram.com/fachrimuhammad18)

Banyak yang tak menyadari bahwa awal tahun 2023 dibuka dengan ramainya film horor. Di bulan Januari 2023 terdapat sembilan film Indonesia yang tayang di bioskop. Ada yang dikirim mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Oscar 2024, lho. Berikut daftarnya:

1. Alena Anak Ratu Iblis

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan suami-istri yang menemukan anak kecil. Pasangan yang belum punya anak ini memutuskan untuk mengadopsinya. Namun, anak kecil tersebut menyebabkan malapetaka di kehidupan mereka.

2. Puisi Cinta yang Membunuh

Film ini mengisahkan Ranum yang mudah terperangkap kata-kata indah dari laki-laki. Anehnya, orang-orang yang mendekatinya selalu diteror oleh sosok misterius hingga berujung kematian.

3. Hidayah

Film Hidayah mengisahkan perjalanan kehidupan religi Bahri, mantan narapidana yang ingin mengubur masa lalunya. Ia menuju Desa Mekarwangi, tempat tinggalnya yang sedang mendapat gangguan gaib.

4. Anak Titipan Setan

Mengisahkan tentang keluarga yang mengikut ritual pesugihan dan mengikat perjanjian dengan iblis Jaran Penoleh.

5. Bayi Ajaib

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan teror bayi ajaib yang meneror seluruh di Desa Hirupbagja. Ternyata bayi tersebut merupakan hasil kerjasama manusia dengan iblis.

6. Balada Si Roy

Film ini mengisahkan Roy merupakan seorang anak muda yang suka mencari jati diri. Di masa mudanya, ia harus berurusan dengan hal-hal pelik. Ia bahkan harus berpindah kota, dari Bandung ke Serang.

7. Autobiography

Film ini menceritakan soal Rakib yang menemani sekaligus menjaga Purna, seorang calon bupati. Awalnya baik-baik saja, sampai sebuah kejadian tak terduga mengubah semua pandangannya tersebut. 

8. Mangkujiwo 2

Film ini menuturkan kisah Uma yang berusaha melawan trauma sambil mencari jawaban atas misteri keterlibatan Kuntilanak dalam hidupnya. 

9. Adagium 

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengangkat kisah Arga dan Bian yang ingin menyelamatkan sahabat mereka, Alenda dari bahaya. Di samping itu, mereka diam-diam saling mencintai Alenda.

2. Daftar film Indonesia yang tayang Februari 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Waktu Maghrib (dok. Rapi Films/Waktu Maghrib)

Tak sebanyak bulan sebelumnya, hanya ada tujuh film Indonesia yang tayang di bioskop sepanjang Februari 2023. Meski demikian, genre yang ditawarkan justru lebih beragam daripada bulan Januari. Berikut daftar lengkapnya:

1. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

Film ini mengisahkan perjalanan Aurora di kota London. Ia sekaligus berusaha menemukan 'rumah' baginya untuk pulang.

2. Waktu Maghrib

Film yang tayang di 2023 ini mengisahkan tentang teror mistis di waktu maghrib yang menimpa suatu desa. Para warga desa ketakutan hingga berakhir dengan kematian yang tragis.

3. Gita Cinta dari SMA

Film satu ini berkisah tentang kisah cinta anak SMA, Galih dan Ratna. Film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1979 silam.

4. Para Betina Pengikut Iblis

Bercerita tentang tiga perempuan yang terhasut oleh budak iblis untuk melakukan hal-hal jahat dan mengerikan.

5. Bismillah Kunikahi Suamimu

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan Hanna yang hidupnya tak lama lagi. Ia pun meminta suaminya untuk menikah lagi dengan sang mantan.

6. Pesugihan: Bersekutu  

Film Indonesia yang tayang 2023 ini mengisahkan tentang keluarga kaya raya yang mengalami kebangkrutan. Mereka nekat melakukan pesugihan agar bisa kaya kembali.

7. Kiko in the Deep Sea

Jadi salah satu film animasi Indonesia, film ini mengisahkan petualangan seru Kiko dan teman-temannya.

3. Daftar film Indonesia yang tayang Maret 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!cuplikan Virgo and the Sparklings (dok. Screenplay Bumilangit/Virgo and the Sparklings)

Dunia perfilman Indonesia didominasi dengan film-film horor pada Maret 2023. Sayangnya, tak ada yang berhasil masuk box office. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Virgo and the Sparklings

Film superhero Bumilangit ini mengisahkan tentang Riani yang tiba-tiba memiliki kekuatan super. Ia pun berusaha untuk mengendalikan kekuatan tersebut

2. Kembang Api

Mengisahkan tentang perkumpulan empat orang yang tak dikenal yang ingin mengakhiri nyawa sendiri. Namun, semesta berkehendak lain, mereka justru selamat dari kejadian tersebut. 

3. Perjanjian Gaib

Film horor satu ini mengisahkan suami istri yang melakukan berbagai cara untuk kaya raya dalam waktu singkat. Akan tetapi, hal tersebut justru mengancam nyawa mereka.

4. Kun Ana Wa Anta

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan tentang lima anak sahabat alam, yang melawan perdagangan satwa liar ilegal.

5. Iblis dalam Darah

Ceritanya adalah tentang perempuan yang mengalami kerasukan iblis. Ia merasakan ada sesuatu yang aneh dan bergerak di dalam tubuhnya. Kejadian yang menimpanya menjadi perhatian orang sekitar.

6. Losmen Melati

Film satu ini mengisahkan tempat penginapan yang aneh dan misterius. Siapapun yang masuk ke dalamnya, tidak akan bisa keluar lagi. 

7. Hantu Baru

Film ini menyorot kisah perempuan yang meninggal dunia karena kecelakaan. Ia tak menyadari bahwa dirinya sudah meninggal, namun tetap berkeliling di rumahnya.

8. Jin Qorin

mengisahkan suami yang memiliki rahasia berat dari keluarganya. Namun, kejanggalan demi kejanggalan perlahan mulai terlihat. 

9. Tulah 6/13

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan tiga sahabat yang diganggu oleh mahluk tak kasat mata saat sedang merayakan ulang tahun. Penampakan hantu tersebut semakin membuat mereka ketakutan.

10. Surga di Bawah Langit

Film Indonesia satu ini mengisahkan perjalanan hidup tiga orang sahabat yang tak lekang oleh waktu. 

11. Teman Tidur

Ceritanya soal arwah siswa yang meneror dan menghantui teman-temannya, yang sudah melakukan bullying terhadap dirinya. Ia meminta keadilan atas apa yang dilaluinya.

4. Daftar film Indonesia yang tayang April 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Mikha Tambayong (kiri) dalam film Sewu Dino (dok. MD Pictures/Sewu Dino)

Banyak film Indonesia yang berebut untuk tayang di momen libur Lebaran. Hal terjadi di bulan April 2023. Namun, hanya beberapa judul yang berhasil tampil di layar bioskop. Berikut daftar lengkapnya:

1. Pelet Tali Pocong

Film horor ini mengisahkan seorang lelaki bernama Adam yang memanfaatkan ilmu pelet untuk menaklukan hati perempuan.

2. Kutukan Cakar Monyet

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan tentang benda keramat yang dinilai bisa mengabulkan permintaan. Ternyata menimbulkan malapetaka.

3. Buya Hamka Vol. I

Mengisahkan Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka yang berhasil memberikan kemajuan yang pesat pada organisasi tersebut. 

4. Sewu Dino

Film satu ini menuturkan tentang perjalanan ritual 1000 hari yang dilakukan oleh sebuah keluarga Atmodjo.

5. Khanzab

Mengikuti kehidupan seorang perempuan yang mendapat gangguan dari jin Khanzab. Ia sulit berkonsetrasi dalam beribadah hingga mendapat teror-teror menakutkan.

6. Jin & Jun

Merupakan adaptasi dari sinetron beken di era 90-an akhir. Ceritanya soal pertemuan anak laki-laki dengan jin yang berada di dalam teko. 

5. Daftar film Indonesia yang tayang Mei 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji (Dok. Visionari Capital dan Relate Films)

Tak jauh berbeda dengan beberapa bulan sebelumnya, film yang tayang di sepanjang April 2023 didominasi film horor, namun ada pula beberapa genre drama. Berikut adalah daftar lengkap film tersebut:

1. Angel: Kami Semua Punya Mimpi

Film Indonesia yang tayang di Indonesia ini mengisahkan tentang perempuan penyandang disabilitas yang dilanda kesedihan setelah kakaknya meninggal dunia.

2. Hello Ghost

Diadaptasi dari film Korea berjudul serupa. Film ini mengikuti kehidupan seorang pria yang diikuti empat hantu dengan karakter yang berbeda-beda.

3. Bukannya Aku Tidak Mau Nikah

Film satu ini tentang seorang perempuan yang ingin menikah. Namun, ia justru terpincut dengan pria lain, karena rasa nyaman. 

4. Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Film horor Indonesia yang tayang di 2023 ini soal perjanjian dengan iblis yang menyebabkan kematian mengenaskan.

5. Hati Suhita

Film ini mengisahkan tentang pernikahan yang berawal karena perjodohan. Sang suami mengakui ada perempuan lain yang dicintainya.

6. Jin Khodam

Menceritakan seorang pria yang ingin meluruskan kembali norma sosial di kampung halamanny. Sayangnya, perjuangannya berujung maut. 

6. Daftar film Indonesia yang tayang Juni 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Film Onde Mande! (Dok. Visinema Pictures)

Film yang tayang di bulan Juni 2023 tampak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pada bulan ini justru didominasi dengan film komedi. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Detektif Jaga Jarak

Film Indonesia yang tayang 2023 ini mengisahkan tentang konsultan pernikahan yang selalu berusaha mempertahankan rumah tangga kliennya. Namun, ia justru berubah menjadi detektif pernikahan karena suatu kejadian.

2. Spirit Doll

Film horor yang satu ini menuturkan cerita tentang boneka arwah yang mulai meneror kehidupan pemiliknya.

3. Star Syndrome

Kalau yang ini menyajikan cerita seorang mantan vokalis yang ingin kembali eksis di dunia tarik suara. Ia melakukan banyak hal dan tantangan karena adanya perubahan yang terjadi di masa kini.

4. Kutukan Sembilan Setan

Kali ini ceritanya soal perjalanan traveling lima orang sahabat, yang harus menginap di vila mengerikan. Teror dari hantu-hantu mulai menakuti mereka.

5. Onde Mande!

Film Indonesia yang tayang di 2023 ini mengisahkan pemenang hadiah sayembara senilai 2 Miliar yang meninggal dunia. Warga desa pun berusaha melakukan banyak cara untuk tetap mendapatkan uang tersebut.

6. Sosok Ketiga

Sajikan kisah soal suami yang melakukan poligami. Salah satu dari istrinya mendapatkan teror santet dan diganggu oleh hal gaib.

7. Why Do You Love Me

Film ini mengisahkan tiga laki-laki berusia kepala dua yang ingin mendapatkan pengalaman seksual pertama mereka. Mereka ternyata memiliki berbagai kelemahan dan penyakit yang diderita. 

8. Ganjil Genap

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Film ini mengisahkan seorang perempuan yang tiba-tiba diputuskan pacarnya setelah pacaran 13 tahun. Ia pun bersikeras untuk moveon.

Baca Juga: 10 Film Indonesia 2023 yang Angkat Isu tentang Perempuan

7. Daftar film Indonesia yang tayang Juli 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Ketika Berhenti di Sini (dok. Sinemaku Pictures / Ketika Berhenti di Sini)

Tak banyak film yang tayang di bulan Juli 2023. Walau hanya dalam hitungan jari saja, tetap ada film horor di antaranya. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Kejar Mimpi Gaspol!

Film Indonesia yang tayang di Indonesia 2023 ini mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal yang ingin mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Ia juga membesarkan anak perempuannya seorang diri.

2. Kutukan Peti Mati

Kisah horor ini mengikuti seorang mahasiswa arkeologi yang menemukan buku catatan kuno di Pulau Onrust. Buku tersebut berusia 300 tahun yang menyimpan misteri soal Pulau Onrust.

3. Jendela Seribu Sungai

Ceritanya soal tiga orang anak yang memiliki cita-cita mereka sendiri. Namun, cita-cita mereka harus berhadapan dengan keinginan orang tua yang menginginkan sang anak hidup sesuai keinginannya.

4. Ketika Berhenti di Sini

Film yang diproduksi dan dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini cukup mencuri perhatian penikmat sinema Indonesia. Mengisahkan kisah cinta Dita dan Ed yang berujung dengan perpisahan yang menyedihkan. 

5. Mantra Surugana

Film horor Indonesia ini mengisahkan mahasiswa yang tinggal di asrama. Kamar yang ditempatinya memiliki hubungan mengerikan dengan mantra dan kutukan di masa lalu.

8. Daftar film Indonesia yang tayang Agustus 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Film Indonesia di bulan Agustus 2023 (dok. Soraya Intercine Film / Suzzanna Malam Jumat Kliwon)

Di pertengahan tahun 2023, film horor masih merajai perfilman Indonesia. Sineas tanah air seolah berlomba menyuguhkan beragam film horor dengan cerita dan teror yang berbeda. Selain horor, ada juga beberapa genre drama. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

Film remake yang dibintangi Luna Maya ini mengisahkan tentang Suzzanna ketika terpaksa menikah dan menjadi istri keduanya  Raden Aryo. Saat hamil tua, Suzzanna tiba-tiba mendapat teror santet.

2. Primbon

Mengisahkan keluarga Jawa yang masih sangat kental dengan tradisi kerajaan Jawa. Mereka mengandalkan kepercayaan primbon sebagai pegangan.

3. Dear Jo: Almost is Never Enough

Film Indonesia 2023 satu ini mengisahkan tentang suami istri yang sulit memiliki keturunan. Ingin sekali memiliki anak, keduanya meminta sahabat mereka untuk menjadi surrogate mother.

4. Catatan Si Boy

Film yang dibintangi Angga Yunanda ini juga remake dari film beken di era 80-an. Ceritanya tentang kehidupan seorang mahasiswa yang dipenuhi oleh harta dan wanita. Banyak perempuan yang menginginkan Boy jadi kekasih mereka.

5. Lantai 4

Kisah horor ini soal suatu keluarga yang harus pindah ke apartemen karena diterpa masalah ekonomi. Teror dan kejadian mistis mulai terjadi, saat mereka pindah ke apartemen tersebut. 

6. Galaksi

Film ini mengisahkan siswa SMA yang disegani oleh teman-temannya. Ia dan gengnya sering membuat onar, namun mereka dikenal solid. Sesuai dengan moto hidup mereka 'Solidaritas Tanpa Batas'.

7. Puspa Indah Taman Hati

Diadaptasi dari film beken di era 70-an. Puspa Indah Taman Hati mengisahkan Galih yang sempat terhanyut perasaannya karena putus dari Ratna. Namun, ada sosok Marlina yang wajahnya mirip dengan Ratna. Hal tersebut mengobati kesedihannya.

8. Susuk: Kutukan Kecantikan

Film Indonesia 2023 ini mengisahkan tentang perempuan yang menggunakan susuk kecantikan untuk menarik perhatian laki-laki. Namun, saat menjelang ajalnya, ia tersiksa karena susuk di dalam tubuhnya.

9. Daftar film Indonesia yang tayang September 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Film produksi BASE Entertainment (dok. BASE Entertainment / Petualangan Sherina 2)

Akhir dari kuartal tiga di tahun 2023 menghadirkan banyak film-film box offcie. Yups, setengah dari film yang tayang di September 2023 mendapatkan lebih dari 1 juta penonton. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Sleep Call

Film thriller ini memberikan angin segar di kancah perfilman Indonesia. Kisahnya tentang perempuan yang terjebak dalam kisah asmaranya dengan seorang pria misterius di aplikasi kencan. Kehidupannya begitu keras, membuatnya ingin mencari ketenangan.

2. Air Mata di Ujung Sajadah

Film romantis dengan nuansa religi ini mengisahkan seorang ibu yang terpisah dari anaknya selama tujuh tahun. Ia menginginkan anak itu kembali kepadanya, namun ada saja rintangan yang harus ia lalui.

3. Jomblo Fi Sabilillah 

Kalau film Indonesia tayang 2023 yang satu ini mengisahkan kisah persahabatan empat pemuda dalam menghadapi berbagai masalah terkait jodoh.

4. Aku Tahu Kapan Kamu Mati: Desa Bunuh Diri

Kisah horor satu ini soal seorang gadis dengan kemampuan supranatural. Ia bisa mengetahui kapan seseorang akan meninggal. Namun, kejadian misterius membuatnya tak bisa merasakan kemampuan tersebut.

5. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Film horor berikutnya mengisahkan seorang pria yang memiliki kemampuan supranatural dimana seseorang dapat melihat kejadian di masa lampau. Dari kemampuan tersebut, ia membantu seorang siswi yang diculik pocong gundul.

6. Satu Hari dengan Ibu

Genre drama kali ini tentang ibu dan anak, yang juga berkaitan dengan kejadian lingkaran waktu atau time loop. 

7. Petualangan Sherina 2

Sudah lama ditunggu, sekuel Petualangan Sherina ini berjarang 20 tahun dari yang pertama. Ceritanya soal persahabatan Sherina dan Sadam yang beranjak dewasa. Mereka kembali bertualangan sambil melawan pencuri hewan yang dilindungi. 

8. Di Ambang Kematian

Film Indonesia tayang 2023 ini sajikan perjuangan Nadira yang terjebak pesugihan keluarganya. Pesugihan tersebut membuat ibu dan saudara laki-lakinya meninggal dunia.

10. Daftar film Indonesia yang tayang Oktober 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Indigo: What Do You See? (dok. Official Hitmaker Studios/Indigo: What Do You See? )

Hanya ada dua film drama yang tayang di bulan Oktober 2023. Sisanya, lagi-lagi diominasi film horor. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Bangku Kosong: Ujian Terakhir

Film horor ini mengisahkan tentang satu sekolah yang terkena teror dan kejadian mistis. Para siswa merasakan ketakutan hingga kehilangan nyawa mereka dengan tragis. 

2. Bangsatnya Cinta Pertama

Kalau drama yang satu ini soal tiga teman baik, yaitu Fraya, Tya, dan Dara, yang memiliki karakteristik yang berbeda.

3. Janin Iblis Neraka 

Karya ini mengisahkan sepasang suami istri yang baru pindah ke rumah yang mereka beli. Selama tinggal di rumah tersebut, mereka mengalami kejadian aneh.

4. Pamali: Dusun Pocong

Sebuah desa terkena wabah penyakit misterius hingga para warga dihantui selama sebulan. Apa sebenarnya yang terjadi di sana?

5. Indigo

Seorang perempuan diceritakan dapat melihat hal-hal gaib. Namun, hal tersebut ternyata sebuah musibah buat dirinya dan sang adik.

6. Mohon Doa Restu

Berpusat pada sepasang calon pengantin yang tengah mempersiapkan pernikahan. Mulai dari konflik keluarga, persaingan bisnis, hingga masalah pribadi.

7. Saranjana: Kota Ghaib

Film berdasarkan urban legend ini mengikuti sekelompok musisi asal Jakarta dihadapkan dengan petualangan tak terduga, saat mereka manggung di Kalimantan.

11. Daftar film Indonesia yang tayang November 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Aktor membitangi film komedi 2023 (dok. IDN Pictures / Srimulat: Hidup Memang Komedi)

Pada bulan November, jumlah film horor tidak sebanyak genre lain, seperti drama dan komedi. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Budi Pekerti

Film terbaru Wregas Bhanuteja ini mengisahkan perjuangan satu keluarga yang ingin mengembalikan nama baik mereka. Budi Pekerti diramaikan jajaran cast papan atas dan ramai tuai pujian.

2. Nona Manis Sayange

Mengisahkan kisah cinta dua sejoli, yang tidak mendapat restu dari salah satu keluarga mereka. Film ini sekaligus memperkenalkan tradisi Belis dari Suku Manggarai yang tinggal di Labuan Bajo.

3. Aku Rindu

Ceritakan seorang guru yang melakukan pengabdian dan perjuangan untuk memajukan sebuah desa kecil di Larantuka, Nusa Tenggara Timur. 

4. Kultus Iblis

Film horor ini mengikuti anak kembar yang mencari tahu hal mistis dalam keluarganya. Namun, pencarian mereka tidak berjalan sesuai rencana awal. 

5. Sijjin

Film Indonesia tayang 2023 ini diadaptasi dari film horor Turki berjudul serupa. Kisahnya tentang perempuan yang melakukan ritual ke dukun, untuk meluluhkan hati pria yang dicintainya. Namun, teror tersebut justru berbalik ke arahnya.

6. Gampang Cuan

Film ini menuturkan soal adik-kakak yang bahu-membahu mencari uang untuk membayar utang peninggalan sang ayah, tanpa sepengetahuan ibu mereka yang mengidap penyakit jantung. 

7. Srimulat: Hidup Memang Komedi

Merupakan sekuel dari Srimulat: Hil yang Mustahal (2022). Ikuti kehidupan grup lawak legendaris, Srimulat saat pertama kali muncul di TV. Mereka mencari jati diri masing-masing di ibu kota.

8. Perjamuan Iblis

Soal satu keluarga yang dikejutkan dengan kabar misterius. Mereka mendapatkan teror, yang menghilangkan kebahagian dari keluarga tersebut.

9. 172 Days

Film ini diadaptasi dari kisah cinta almarhum Ameer Az Zikra dan istrinya Nadzira Shafa. Meski baru menikah, tak lama kemudian Ameer dinyatakan meninggal dunia.

10. Rumah Iblis

Mengisahkan tentang keluarga yang baru saja pindah ke rumah barunya di sebuah kota pedesaan. Mereka tidak tahu kalau rumah yang tersebut, memiliki latar belakang kejadian yang mistis.

11. Panggonan Wingit

Film Indonesia tayang 2023 ini soal kakak beradik yang mengelola Hotel Ambar Mangun, warisan sang ayah. Mereka tidak tahu kalau ada satu kamar di hotel tersebut, yang sudah lama dihuni oleh sosok gaib.

12. Daftar film Indonesia yang tayang Desember 2023

Daftar Lengkap Film Indonesia yang Tayang di 2023, Banyak Horor!Adegan film 13 Bom di Jakarta (Dok. Visinema Pictures)

Jika awal tahun dibuka dengan film horor, maka hal tersebut berbeda dengan akhir tahun. Banyak film drama hingga action yang bakalan tayang di Desember 2023. Berikut adalah daftarnya:

1. Malam Para Jahanam

Film satu ini mengisahkan sebuah desa yang dilanda dendam dari ratusan roh jahat setiap tahunnya selama tiga malam.

2. Rumah Masa Depan

Film terbaru Fedi Nuril dan Laura Basuki ini tentang keluarga Surti dan Sukri yang berjuang untuk menjaga keutuhan dan kehangatan keluarga.

3. Kapan Hamil?

Kalau yang satu ini soal sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak. Mereka sering mendapat pertanyaan kapan hamil dari orang sekitar. Hal tersebut membuat mereka melakukan pengecekan ke dokter.

4. Siksa Neraka

Film ini diadaptasi dari komik berjudul sama yang pernah ngetren di era 90-an. Kisahnya soal nasib orang-orang yang menerima hukuman siksaan di akhirat. Mereka mendapat siksaan sesuai dengan perilaku buruk yang mereka lakukan selama hidup di dunia.

5. Layangan Putus The Movie

Menyusul kesuksesan serialnya, Layangan Putus diadaptasi menjadi film layar lebar. Ceritanya soal Lydia dan Mas Aris yang merasa senang karena sebentar lagi mereka akan menikah. Di sisi lain, keduanya juga dilema dengan kehadiran Kinan, istri pertama Mas Aris.

6. Hamka & Siti Raham Vol. 2

Film ini melanjutkan kisah perjuangan Buya Hamka dalam menyelesaikan kitab tafsir al-Azhar ketika berada di dalam tahanan.

7. 13 Bom di Jakarta

Jadi salah satu film paling ditunggu, 13 Bom di Jakarta menceritakan kehidupan kota metropolitan yang mendadak sunyi, karena ada serangan dan ancaman teror bom. Kejadian tersebut membuat warga panik dan ketakutan. 

Sudah berapa film, nih, yang sudah kamu tonton di sepanjang tahun 2023 ini? Spill dong apa film favorit kamu...

Baca Juga: 9 Film Indonesia Adaptasi Novel di Paruh Kedua 2023, ada 172 Days