Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai Budget

Bisa rubah TV biasa menjadi smart TV!

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai Budget

Android TV Box menjadi salah satu solusi ampuh untuk menonton layanan streaming film di TV, terutama pada TV biasa alias belum smart TV. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu membeli smart TV baru, jika ingin mengakses layanan streaming seperti YouTube, Disney+ atau YouTube di TV biasa mereka.

Cara instalasinya juga sangat mudah dan umumnya juga hadir dengan remote bawaan untuk navigasi. Berikut 7 Android TV Box terbaik dari berbagai budget untuk dibeli di 2023.

1. NVIDIA Shield

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetNVIDIA Shield (dok. NVIDIA)

NVIDIA Shield lebih dari sekedar Android TV Box. Dengan segudang fitur termasuk dukungan untuk streaming game, NVIDIA Shield merupakan perangkat impresif yang kaya akan fitur. Selain mengakses berbagai layanan streaming yang tersedia di Play Store, kamu juga bisa menggunakan layanan GeForce Now untuk streaming game dan memainkannya langsung di TV. Jika mau, kamu juga bisa memainkan game-game retro via emulator. NVIDIA Shield memang tidak terjangkau, namun tetap layak untuk dibeli.

2. Amazon Fire TV Cube

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetAmazon Fire TV Cube (dok. Amazon)

Amazon Fire TV Cube merupakan Android TV Box dengan beberapa fitur luar biasa. Dengan prosesor octa-core, perangkat ini sangat responsif dan menawarkan pengalaman menonton film yang smooth dan bebas lag. Selain itu, perangkat yang satu ini juga dilengkapi dengan mikrofon bawaan, speaker dan dukungan Alexa sebagai asisten digital. Untuk streaming film atau serial TV yang bebas buffering dan memanjakan mata, Fire TV Cube juga telah menggunakan Wi-Fi 6E terbaru dan mendukung Dolby Vision.

3. Chromecast with Google TV

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetChromecast with Google TV (dok. Google)

Jika kamu sedang mencari perangkat terjangkau untuk mengubah TV biasa menjadi smart TV, Chromecast with Google TV jadi yang direkomendasikan. Kamu bisa menikmati film atau serial TV favorit kamu dalam resolusi 1080p dan di halaman utamanya, kamu bisa melihat rekomendasi personal untuk menemukan konten baru atau menggunakan pencarian via suara untuk mencari apa yang kamu inginkan. Cara pemasangan perangkat ini juga sangat mudah dan kompatibel untuk hampir semua TV yang memiliki port HDMI.

Baca Juga: Baru Beli Smart TV Samsung? Ini 7 Aplikasi yang Wajib Ada di TV Kamu

4. Xiaomi Mi Box S

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetXiaomi Mi Box S (dok. Xiaomi)

Mendukung konten beresolusi 4K dan Google Assistant, Xiaomi Mi Box S memberi kamu akses ke segudang aplikasi dan fitur yang ditawarkan. Jika NVIDIA Shield menawarkan fitur seperti streaming game, perangkat ini tidak menawarkan fitur semacam itu. Meskipun begitu, Mi Box S relatif terjangkau dan cocok jika kamu hanya ingin streaming film atau serial TV di TV kamu. Beberapa aplikasi yang bisa berjalan di perangkat ini antara lain, Netflix, Amazon Prime Video, Kodi, Plex, Hulu, BBC iPlayer dan banyak lagi.

5. Xiaomi Mi TV Stick 4K

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetXiaomi Mi TV Stick 4K (dok. Xiaomi)

Lebih terjangkau dari Xiaomi Mi Box S, Mi TV Stick 4K jadi alternatif yang tak kalah menarik, dengan ukuran lebih kecil mirip seperti Chromecast. Perangkat ini menjalankan Android TV 11 dan menawarkan banyak aplikasi dan game yang bisa diunduh secara langsung via Google Play Store. Tidak seperti Chromecast yang mentok di 1080p, sesuai namanya, Mi TV Stick 4K telah mendukung konten beresolusi 4K. Remote bawaan perangkat ini juga telah memiliki sensor infrared bawaan sehingga bisa digunakan sebagai remote TV kamu.

6. TiVo Stream 4K

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetTiVo Stream 4K (dok. TiVo)

TiVo Stream 4K merupakan Android TV Box berbentuk “stick” yang terjangkau namun telah mendukung HDR dalam format HDR10 dan Dolby Vision. Meski tampilan UI perangkat ini tidak seintuitif yang lainnya, itu tidak terasa lemot alias sangat responsif. Menggunakan Android TV sebagai sistem operasi utama, ada ribuan layanan dan aplikasi yang bisa kamu akses. Beberapa di antaranya seperti Amazon Prime Video, Netflix, Hulu, Disney+ dan banyak lagi.

7. T9 Android 9.0 TV Box

Daftar 7 Android TV Box Terbaik untuk Berbagai BudgetT9 Android 9.0 TV Box (dok. T9)

Jika kamu ingin menikmati konten 4K namun tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk itu, T9 Android 9.0 TV Box jadi opsi menarik untuk dipilih. Perangkat yang satu ini menjalankan Android TV 9 dan menawarkan dukungan Wi-Fi 2,4GHz dan 5GHz. Selain konten 4K, perangkat ini juga mendukung konten 3D. Jika dibandingkan dengan yang lain di daftar ini, nama T9 Android 9.0 TV Box memang tidak begitu populer, namun tetap direkomendasikan untuk mereka yang punya budget terbatas.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa Android TV Box terbaik dari berbagai budget. Ada yang menarik perhatian kamu dari beberapa Android TV Box di atas?

Baca Juga: Kontrol TV dari HP, Ini 7 Aplikasi Remote TV Terbaik untuk Digunakan!