CEK FAKTA: Ada Potret Calon Presiden Pemilu 2024 vs Bintang Film Dewasa?

Narasinya, salah satu capres Pemilu 2024 disandingkan dengan Maria Ozawa dan dibumbui keterangan bikin heboh.

CEK FAKTA: Ada Potret Calon Presiden Pemilu 2024 vs Bintang Film Dewasa?
image

Narasinya, salah satu capres Pemilu 2024 disandingkan dengan Maria Ozawa dan dibumbui keterangan bikin heboh.

Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 bakal berlangsung tahun depan, sederet kandidat calon presiden dan calon wakil presiden atau caprs dan cawapres siap disodorkan untuk dipilih. Sementara itu kegiatan menuju kontestasi juga dilakukan. Antara lain pemilihan kader yang menarik minat calon pemilih, berbagai kegiatan yang mendukung proses pemilihan, dan ada pula aksi sebagai bagian dari psy-war. Serta masih banyak lagi.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, sebuah akun Facebook telah mengunggah potret Ganjar Pranowo dan Maria Ozawa. Disebut pertama adalah Gubernur Jawa Tengah, sedangkan yang kedua adalah mantan pemeran film dewasa. Kini aktif sebagai YouTuber sektor kuliner dan travel seantero Jepang dan berbagai daerah yang dikunjunginya.

Potret ini menggambarkan keduanya berciuman, dengan narasi dalam postingan, "Yg model begini mau di jadikan Presiden makin hancur indonesia". Sedangkan thumbnail diberi penjelasan, "Ganjar – maria ozawa PETUGAS PARTAI PEMAIN BOKEP BUDAK MEGAWATI, BONEKA CINA DAN BONEKA OLILARKI".

PENJELASAN

Faktanya, foto ini bukanlah potret Ganjar Pranowo. Sedangkan potret sosok perempuan juga bukan Maria Ozawa. Foto ini sudah beredar sebelumnya bertahun-tahun lalu, tentunya bukan dengan wajah kedua nama tadi namun model asli. Foto ada di beberapa situs termasuk situs yang menyediakan layanan foto-foto stok.

Berdasarkan tujuh jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, sumber membagikan konten hasil suntingan. Salah satu sumber foto asli adalah Female First pada 18 Juni 2014. Bunyinya, "Tomorrow is National Kissing Day-and even into our adulthood we are still tough on others when it comes to this sign of affection, according to MySingleFriend.com. A massive 87% who have a poor first kiss would think twice about dating the offender- most of whom are women ...." atau terjemahannya: "Besok adalah Hari Ciuman Nasional-bahkan sampai dewasa pun kita masih berusaha tegar soal memperlihatkan tanda memberikan tanda kasih sayang ini, menurut MySingleFriend.com. Sebanyak 87 persen ciuman pertama hasilnya buruk, kebanyakan adalah perempuan, yang berpikir dua kali kalau mesti berciuman lagi ...."

KESIMPULAN

Foto adalah hasil suntingan, dan narasi mengandung konten hoax atau kabar bohong.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Loading...