Betonisasi Puncak Kahiyanga Wakatobi Dinilai Rusak Lingkungan dan Kurangi Minat Wisatawan

Hadirnya intervensi pemerintah di tempat wisata puncak Kahiyanga di pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi bukan malah meningkatkan minat kunjung wisatawan, tapi malah dinilai sebaliknya

Betonisasi Puncak Kahiyanga Wakatobi Dinilai Rusak Lingkungan dan Kurangi Minat Wisatawan
imageimageimage

WAKATOBI, TELISIK.ID - Hadirnya intervensi pemerintah di tempat wisata puncak Kahiyanga di pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi bukan malah meningkatkan minat kunjung wisatawan, tapi malah dinilai sebaliknya.

Istilah “betonisasi” untuk menggambarkan bangunan dan lingkungannya yang (biasanya) menggunakan material beton untuk struktur dan permukaannya.

Selaku pemerhati pariwisata, Darwis mengungkapkan, ketika pemerintah hadir melakukan intervensi di tempat wisata, ada 4 hal yang menjadi pertimbangannya. Di antaranya, bagaimana pertimbangan lingkungan, mempertimbangkan kearifan sosial budaya, dampak ekonomi dan bagaimana keterlibatan masyarakat.

Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah, Darwis menilai, pemerintah agak lemah terhadap pertimbangan terkait pasar. Sehingga hadirnya intervensi melalui berbagai fasilitas yang ada, justru tidak meningkatkan minat kunjung wisatawan ke puncak Kahiyanga.