Asosiasi Video Streaming Indonesia Terbentuk Punya Misi Berantas Pembajakan Film

Sebelas platform video streaming Indonesia resmi mengumumkan lahirnya Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI).

Asosiasi Video Streaming Indonesia Terbentuk Punya Misi Berantas Pembajakan Film

Merdeka.com - Sebelas platform video streaming Indonesia resmi mengumumkan lahirnya Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI). Kesebelasan anggota AVISI ini terdiri dari platform Bioskop Online, Cubmu, Genflix, KlikFilm, Maxstream, Mola, Netflix, Prime, Video, Vision+, dan VIU.

Ketua Umum AVISI, Hermawan Sutanto, mengatakan asosiasi ini dibentuk sebagai forum kolaborasi bagi OTT Video Streaming dan sebagai mitra pemerintah untuk ekosistem konten digital di Indonesia.

taboola mid article

"Misi pertama kami adalah mengedukasi masyarakat untuk menonton konten secara legal," kata dia dalam konferensi persnya yang digelar di Jakarta, Selasa (4/4).

Senada dengan Head of Content Viu, Toha Essa. Ia pun turut mengungkapkan kegembiraannya atas lahirnya asosiasi ini, yang dianggap sebagai jalan keluar bagi permasalahan pembajakan film di Indonesia.

"Menghadapi pembajakan sendiri amat sangat menguras tenaga, karena suara dari satu platform dirasa tidak cukup keras," ungkap dia.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, mengungkapkan telah melakukan ribuan pemblokiran situs nonton ilegal di Indonesia.

"Kami sudah berhasil melakukan pemblokiran hampir 12.000 website ataupun aplikasi streaming ilegal yang beredar di Indonesia," katanya yang turut hadir melalui sambungan online.

Tingginya angka pembajakan film di Indonesia membuat para platform legal akhirnya bersatu misi untuk memberantas kejahatan tersebut di negara ini.

Kini kesebelasan platform video streaming di Indonesia sudah bersatu padu bersama pemerintah untuk sama-sama melawan situs ilegal dan pembajakan yang selama ini masih menjadi benalu bagi industri perfilman Indonesia.

Harapannya, asosiasi ini dapat menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah, industri, dan platform OTT agar dapat saling mendukung kemajuan dari industri kreatif-digital yang makin sehat di Indonesia.

Reporter magang: Safira Tiur Margaretha

[faz]