Aktor Ikranagara Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun, Ini 4 Film Indonesia yang Mengantarnya Raih Nominasi Ajang Penghargaan Bergengsi

Salah satu aktor senior Indonesia, Ikranagara meninggal dunia pada 6 Maret 2023.

Aktor Ikranagara Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun, Ini 4 Film Indonesia yang Mengantarnya Raih Nominasi Ajang Penghargaan Bergengsi

Liputan6.com, Jakarta Industri film Indonesia dilanda kabar duka. Salah satu aktor senior, Ikranagara, meninggal dunia pada 6 Maret 2023 kemarin. Kabar ini disampaikan putranya, Innosanto Nagara, yang diteruskan oleh Ketua Humas PARFI, Evry Joe, lewat pesan singkat pada Liputan6.com, Senin (6/3/2023). Ikranagara meninggal dunia pada usia 79 di tanah kelahirannya, Bali.

Melansir laman Wikipedia Indonesia, Ikranagara lahir di Jembrana, Bali pada 19 September 1943. Ia mulai aktif di dunia akting pada tahun 1970. Ikranagara mulanya lebih aktif di bidang seni drama teater dan puisi. Dalam sebuah wawancara dengan situs 21cineplex, Ikranagara pernah mengaku keterlibatanya di industri film bermula dari iseng.

Sepanjang kariernya Ikranagara terlibat dalam 14 film dan dua sinetron. Ia dikenal selektif memlih proyek dan lebih aktif dalam mengembangkan dunia teater tradisional.

Ikranagara pernah dinominasikan hingga memenangkan penghargaan bergengsi industri film Indonesia. Berikut 4 film yang mengantar Ikranagara meraih nominasi awarding show Indonesia dirangkum Showbiz Liputan6.com, Rabu (08/03/2023).

2 dari 5 halaman

1. Kejarlah Daku Kau Kutangkap

Memasang Deddy Mizwar dan Lydia Kandow sebagai pemeran utama, Kejarlah Daku Kau Kutangkap menjadi salah satu film terlaris rilisan 1986. Ikranagara yang berperan sebagai Markum menjadi scene stealer, terkait interaksinya dengan sang lawan main Ully Artha. Ikranagara jadi nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film ini. Namun dikalahkan Deddy Mizwar lewat film Opera Jakarta.

3 dari 5 halaman

2. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi yang rilis 2008 menjadi salah satu film Indonesia terlaris dengan raihan 4,6 juta penonton di bioskop. Berkat aktingnya sebagai Pak Harfan, Ikranagara memenangkan kategori Aktor Terbaik versi Indonesian Movie Awards 2009.

Lewat film yang sama, Ikranagara meraih piala Pemeran Pembantu Pria Terpuji versi Festival Film Bandung 2009.

4 dari 5 halaman

3. Garuda di Dadaku

Rilis 2009, Garuda di Dadaku menjadi film anak bertema bola yang cukup populer. Ikranagara memerankan Usman, kakek dari sang tokoh utama Bayu yang diperankan Emir Mahira. Aktingnya dalam film arahan sutradara Ifa Ifansyah ini mendapat nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji versi Festival Film Bandung 2009.

5 dari 5 halaman

4. Sang Kiai

Ayah dua anak ini dipercaya memerankan KH Hasyim Asy’ari dalam film Sang Kiai pada 2012. Aktingnya mendapat nominasi Festival Film Indonesia 2013 dan Indonesian Movie Actors Awards 2014. Lewat Sang Kiai, Ikranagara memenangkan Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop Festival Film Bandung 2014.