Apa Itu Itinerary? Ini 6 Alasan Penting Menyusunnya Sebelum Bepergian Halaman all

Menyusun itinerary liburan ternyata punya banyak keuntungan buat traveler. Ini alasannya. Halaman all

Apa Itu Itinerary? Ini 6 Alasan Penting Menyusunnya Sebelum Bepergian Halaman all

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana pergi liburan? Jika iya, ada sejumlah persiapan liburan yang wajib kamu ketahui, salah satunya adalah itinerary.

Baca juga:

Sebagian traveler sudah tidak asing dengan istilah itinerary. Namun, sebagian pelancong khususnya traveler pemula, masih ada yang bertanya apa itu itinerary?

Menyusun itinerary liburan ternyata punya banyak keuntungan buat traveler, lho. Mulai dari memperkirakan durasi perjalanan, memiliki daftar destinasi wisata tujuan, bahkan bisa hemat biaya alias budget.

Online travel agent Agoda, misalnya, turut mengadvokasi pentingnya menyusun itinerary sebelum berlibur, termasuk lewat Agoda Dream Deals, kompetisi foto Agoda yang berkolaborasi bersama Kompas.com.

Sebanyak 200 peserta yang mengikuti kompetisi diminta untuk menyusun itinerary, termasuk mencantumkan destinasi tujuan dan kegiatan selama berlibur. 

Pemenang kompetisi, @iffahmdh akan terbang menggunakan itinerary yang disusunnya ke Bangkok, Thailand dan Ho Chi Minh, Vietnam selama empat hari tiga malam. 

Baca juga: Wujudkan Liburan Impian Lewat Kontes Agoda Dream Deals

Lebih lanjut, penasaran apa itu itinerary dan kenapa penting untuk traveler selama liburan? Simak ulasannya berikut ini, seperti dihimpun Kompas.com dilansir dari The Simple Travel dan Clear Trip.

Ilustrasi itineraryShutterstock/Johnstocker Production Ilustrasi itinerary

Apa itu itinerary

Dalam Cambridge Dictionary, itinerary diartikan sebagai rincian rencana atau rute perjalanan. Jadi, itinerary adalah rencana perjalanan yang disusun ketika hendak bepergian.

Jika hendak berlibur, maka itinerary liburan biasanya mencakup daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi, tempat menginap, restoran atau kafe, jadwal perjalanan, kegiatan yang dilakukan, perkiraan waktu, kisaran budget, transportasi, barang yang perlu dibawa, dan semua hal yang berkaitan dengan liburan.

Apabila menggunakan jasa agen perjalanan, biasanya mereka sudah menyediakan itinerary liburan. Jadi, wisatawan hanya perlu mengikuti itinerary tersebut.

Baca juga:

Berbeda halnya jika kamu pergi liburan tanpa menggunakan jasa agen perjalanan. Kamu sebaiknya tetap menyusun itinerary agar liburan semakin nyaman. Apabila pergi ramai-ramai bersama teman, kamu bisa berdiskusi tentang itinerary liburan.

Menariknya, kini sudah tersedia sejumlah aplikasi untuk menyusun itinerary yang bisa kamu unduh di smartphone. Jadi, menyusun itinerary liburan makin mudah dan menyenangkan, bukan?