9 Tips Persiapan Traveling Pakai Mobil Pribadi

Traveling pakai mobil bisa dijadikan alternatif jika anda ingin berlibur dengan cara yang berbeda. Ketahui tips persiapan traveling pakai mobil pribadi di sini!

9 Tips Persiapan Traveling Pakai Mobil Pribadi

Berlibur menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu cara menyenangkan untuk menjelajahi berbagai destinasi impian. Namun sebelum memulai traveling pakai mobil, ada beberapa persiapan yang perlu AutoFamily ketahui. 

Tentunya AutoFamily perlu membuat itinerary lengkap agar tidak bingung saat sudah sampai ditempat tujuan. Selain itu mobil pribadi yang digunakan juga perlu diperiksa keadaannya untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. 

Belum lagi mempersiapkan setiap barang bawaan untuk kebutuhan selama perjalanan jauh yang akan dilakukan. Supaya tidak ada yang tertinggal, pastikan AutoFamily melakukan persiapan matang dengan mengikuti tips-tips berikut.

9 Tips Persiapan Traveling Pakai Mobil Pribadi

Traveling pakai mobil bisa dijadikan alternatif kalau Anda ingin berlibur dengan cara yang berbeda. Bepergian menggunakan mobil mampu membuat Anda merasakan berbagai hal baru seperti melihat pemandangan alam yang luas, mempelajari banyak budaya, serta berinteraksi dengan penduduk setempat. Namun semua ini hanya bisa Anda alami ketika sudah melakukan persiapan lengkap yang akan dijelaskan di bawah ini! 

1. Periksa Kondisi Mobil

Sebelum memulai perjalanan jauh, memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh merupakan langkah pertama yang wajib dilakukan. Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 agar teknisi andal dapat melakukan pemeriksaan sekaligus perbaikan yang diperlukan. 

Manfaatkan Kupon Servis Toyota sehingga kondisi mobil Toyota kesayangan Anda tetap berada dalam keadaan yang prima. Tentunya berkendara dengan mobil yang prima akan sangat nyaman dan menyenangkan. Anda jadi bisa menikmati berbagai pemandangan alam indah dengan hati dan pikiran yang tenang. 

Baca Juga: 11 Hal Penting Yang Harus Kamu Cek Pada Mobil

2. Siapkan Dokumen dan Surat-surat Penting

Ingat untuk selalu membawa semua dokumen dan surat-surat penting seperti SIM, STNK, BPKB, dan asuransi mobil. Pastikan bahwa semua dokumen tersebut masih berlaku selama perjalanan. 

Ada baiknya Anda menyimpan salinan fotokopi berbagai dokumen tersebut sebagai cadangan untuk menghadapi keadaan tidak terduga saat di perjalanan.

JADWALKAN BOOKING SERVIS TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

3. Rencanakan Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, buatlah rencana rute perjalanan Anda sendiri. Meski alat navigasi saat ini bisa menentukan semua rute jalan dalam hitungan detik, bukan berarti Anda tidak melakukan persiapan terbaik. 

Tidak ada salahnya membuat itinerary selama berada di tempat tujuan dan menentukan rute yang akan ditempuh. Melakukan hal seperti ini jelas akan banyak memudahkan Anda ketika nantinya dihadapkan dengan berbagai arah jalan. 

image

Anda jadi tidak kebingungan atau tersesat karena sudah memahami jalan dengan benar. Kemudian pasang juga alat navigasi untuk membantu Anda memilih rute terbaik dan menghindari jalan-jalan yang macet. 

4. Menyiapkan Perlengkapan Darurat

Pepatah “Sedia payung sebelum hujan” benar-benar perlu Anda terapkan saat melakukan perjalanan jauh. Maksudnya bukan hanya menyiapkan payung, tetapi juga menyediakan berbagai perlengkapan darurat untuk menghadapi keadaan tidak terduga. 

Beberapa perlengkapan yang perlu disediakan ialah segitiga pengaman, peralatan pertolongan pertama, obat-obatan, senter, berbagai kunci roda, dongkrak dan berbagai alat lainnya yang Anda butuhkan. 

Apabila semua perlengkapan sudah disiapkan maka Anda jadi bisa lebih percaya diri melakukan perjalanan jauh tanpa harus khawatir dengan kondisi darurat yang mungkin saja terjadi. 

Baca Juga: Tips Untuk AutoFamily Hadapi Kondisi Emergency di Jalan

5. Persiapkan Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Pastikan Anda sudah membawa pakaian dan perlengkapan pribadi yang cukup untuk seluruh anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan. Supaya tidak bingung, Anda bisa membagi barang bawaan setiap anggota dengan tas traveling masing-masing. 

Ketika dibutuhkan maka Anda bisa dengan mudah membawa tas dari anggota keluarga tersebut. Ingat juga untuk membawa obat-obatan khusus yang diperlukan supaya kesehatan seluruh anggota keluarga tetap terjaga. 

6. Cek Kondisi Cuaca

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya juga untuk memeriksa perkiraan cuaca di tempat Anda berada dan di destinasi tujuan. Hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi dalam menyesuaikan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Anda pun bisa merespons berbagai cuaca dengan lebih baik karena sudah melakukan persiapan secara matang. 

7. Jaga Kondisi Tubuh dan Kesehatan

Melakukan perjalanan jauh membutuhkan tenaga yang besar dan tubuh yang sehat. Meski hanya duduk di mobil, Anda dan penumpang bisa saja kelelahan atau bahkan jatuh sakit. Oleh karena itu pastikan Anda tidur dalam waktu yang cukup sesuai anjuran sehingga perjalanan yang dilakukan keesokan harinya jadi lancar. 

Baca Juga: Begini Cara Jaga Kondisi Fisik dan Konsentrasi

Apabila merasa kelelahan setelah berkendara selama berjam-jam, pastikan Anda bersinggah di rest area terdekat untuk mengembalikan tenaga. Sebelum melakukan perjalanan dengan mobil, cobalah meluangkan waktu untuk mencari tahu di mana saja lokasi rest area yang bisa dikunjungi. 

Hal ini akan membantu Anda memetakan kapan waktu yang tepat untuk istirahat sehingga kelelahan dan kantuk saat berkendara dapat teratasi dengan baik. 

TEST DRIVE TOYOTA YARIS CROSS HANYA DI AUT02000 DIGIROOM

8. Ikuti Aturan Lalu Lintas

Perlu diketahui bahwa masing-masing daerah memiliki peraturannya sendiri dalam berkendara. Itu sebabnya Anda perlu selalu waspada menyadari keberadaan rambu dan tanda lalu lintas yang terpasang di sepanjang jalanan. 

Pastikan Anda selalu mengikuti aturan yang berlaku untuk menjaga keselamatan diri sendiri, penumpang, serta pengguna jalan lainnya. Ingat juga untuk berkendara dengan batas kecepatan yang telah ditentukan sehingga risiko kecelakaan lalu lintas dapat ditekan seminimal mungkin. 

9. Servis Mobil di Bengkel Auto2000

Baik sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan jauh, Anda wajib melakukan servis di tempat tepercaya seperti bengkel Auto2000. Didukung oleh teknisi andal dan suku cadang berkualitas, mobil Toyota kesayangan Anda pasti akan berada dalam kondisi terbaiknya. Apabila Anda ingin performa mesin tetap baik maka melakukan servis berkala merupakan proses yang tidak boleh sampai dilewatkan. 

Itu dia tips-tips penting melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil dengan aman dan nyaman. Apabila Anda melakukan semua tips persiapan traveling pakai mobil yang sudah dijelaskan maka perjalanan pasti akan terasa luar biasa. 

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi mobil, membawa dokumen dan perlengkapan penting, serta merencanakan rute dengan baik. Jadikan traveling pakai mobil ini sebagai momen berharga bersama keluarga yang akan dikenang dalam waktu yang lama. 

Jadi tunggu apalagi? Segera persiapkan mobil kesayangan Anda dengan menjadwalkan servis melalui Auto2000 Digiroom. Jika Anda membutuhkan mobil terbaik untuk digunakan berkendara jarak jauh maka Toyota Yaris Cross bisa dijadikan pilihan tepat!

image

Melalui keberadaan berbagai fitur canggih dengan kemampuan mesinnya yang luar biasa, Toyota Yaris Cross pasti akan membuat perjalanan Anda jadi menyenangkan. Rasakan sendiri kemampuan mesin dan kecanggihan fiturnya dengan melakukan test drive di dealer Auto2000 terdekat! 

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu