7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Isu Kesetaraan Gender

Setiap orang harus menerima perlakuan setara dan tidak didiskriminasi. Berikut rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender.

7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Isu Kesetaraan Gender
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap manusia mempunyai kebebasan untuk berekspresi tanpa dibatasi ruang geraknya, baik itu pria maupun wanita. Hal ini digambarkan dalam rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender.

Kesetaraan gender sendiri merupakan pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan identitas gendernya.

Melalui sejumlah film berikut ini, kita dapat melihat bagaimana perjuangan para wanita di masa dahulu maupun saat ini dalam meraih kesetaraannya dalam kehidupan.

Berikut rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Lipstick Under My Burkha (2016)

Lipstick Under My BurkhaIlustrasi. Rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender, salah satunya Lipstick Under My Burkha (Foto: Courtesy of Prakash Jha Productions)

Datang dari sutradara Alankrita Shrivastava, Lipstick Under My Burkha merupakan film asal India yang sempat menuai kontroversial dan mendapat penolakan atau larangan tayang di jaringan bioskop di India.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan empat perempuan yang mencari kebebasan pribadi dan seksualnya. Mereka adalah seorang mahasiswi yang memakai burka, ahli kecantikan, ibu dari orang anak, dan janda berusia 55 tahun.

2. Hidden Figures (2016)

Hidden Figures merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang bercerita tentang seorang wanita kulit hitam bernama Katherine Goble yang bekerja sebagai ahli matematika di NASA pada tahun 1960-an.

Ia dan dua temannya adalah tiga perempuan Afrika-Amerika pertama yang bekerja di NASA.

Film yang disutradarai oleh Theodore Melfi ini mengisahkan tentang perjuangan perempuan yang berusaha mendapatkan kesempatan yang setara karena ketimpangan yang mereka hadapi sebagai orang kulit hitam di masa itu.

3. Dangal (2016)

Dangal (dok. movies.ndtv.com)Ilustrasi. Rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender, salah satunya Dangal (Foto: movies.ndtv.com)

Rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender berikutnya berjudul Dangal. Film Bollywood dengan genre action, biograhy, dan drama ini digarap oleh sutradara Nitesh Tiwari.

Dangal bercerita tentang seorang ayah yang mengajarkan gulat kepada dua putrinya. Keduanya merupakan pegulat wanita pertama di India yang berhasil menang di Commonwealth Games 2010.

4. Kartini (2017)

Dari Indonesia, ada film garapan sutradara Hanung Bramantyo berjudul Kartini. Film yang dirilis pada 2017 ini mengisahkan tentang Kartini yang mengedukasi perempuan dan memperjuangkan kesetaraan gender mereka.

Kartini sendiri tinggal di lingkungan dengan latar belakang kebudayaan Jawa yang kerap mendapat berbagai aturan dan stigma yang mendiskriminasi perempuan. Hal itu menghambat kesempatan mereka untuk berkembang dibandingkan dengan laki-laki.

5. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Marlina si Pembunuh dalam Empat BabakIlustrasi. Rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender, salah satunya Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Foto: Cinesurya)

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan film yang disutradarai oleh Mouly Surya. Film ini mengisahkan tentang Marlina seorang janda yang diserang oleh segerombolan perampok.

Meski berada dalam keadaan yang sulit tersebut, Marlina tidak menyerah dan terus mencari keadilannya. Film ini berusaha untuk menonjolkan nilai-nilai yang berkaitan dengan emansipasi wanita.

6. On The Basis of Sex (2018)

On The Basis of Sex merupakan film biografi tentang Ruth Ginsburg, salah satu sosok penting dalam memperjuangkan kaum wanita dalam mendapatkan kesetaraan. Film yang mengambil latar di era 1960-an ini disutradarai oleh Mimi Leder.

Film yang rilis pada 2018 ini mengisahkan tentang seorang pengacara wanita bernama Ginsburg. Ia mengalami kesulitan dalam proses mendapatkan pendidikan hukum dan saat mulai mencari pekerjaan.

7. Yuni (2021)

Film YUNIIlustrasi. Rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender, salah satunya Yuni (Foto: dok. Fourcolors Films via YouTube TIFF)

Disutradarai oleh Kamila Andini, Yuni merupakan film yang mengangkat perjuangan perempuan dalam melawan budaya patriarki. Sejumlah masalah besar yang menghantui remaja perempuan dibahas di film yang satu ini.

Film ini bercerita tentang seorang remaja wanita bernama Yuni yang menjelang kelulusannya mendapat dua lamaran dari dua pria berbeda.

Yuni dituntut untuk mengikuti budaya setempat dan ekspektasi lingkungan yang mengatakan bahwa wanita tidak perlu memiliki pendidikan tinggi.

Itulah sejumlah rekomendasi film yang mengangkat isu kesetaraan gender. Selamat menonton.

(juh)

[Gambas:Video CNN]