7 Rekomendasi Film dan Drakor Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia 2024

Inilah Sederet Rekomendasi Film dan Drakor dengan Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia atau ajang Pemilu 2024.

7 Rekomendasi Film dan Drakor Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia 2024
image

SUKABUMIUPDATE.com - Film bertema politik menjadi salah satu tayangan favorit bagi mereka yang tertarik dengan ragam konflik pemerintahan. Apalagi menjelang tahun politik 2024 mendatang, banyak yang semakin tertarik belajar tentang dunia pesta demokrasi.

Kisah Drama Korea dengan topik politik seringkali menggambarkan konflik, intrik, dan ambisi dari berbagai karakternya. Menonton drama semacam ini juga bisa jadi cara mempelajari berbagai siasat bahkan taktik untuk berkuasa.

Nah, berikut rekomendasi film dan drama korea bertema politik dirangkum dari Tempo. Cocok untuk Updaters yang suka menonton tayangan berat.

Rekomendasi Film dan Drakor Tema Politik

1. Lawless Lawyer (2018) 

Drakor politik ini mengisahkan Bong Sang Pil yang diperankan Lee Joon Gi. Bong Sang Pil merupakan seorang pengacara yang kembali ke kampung halamannya dengan niat membersihkan korupsi yang menghantui kota itu dan memproses pembunuh ibunya. Lawan utamanya adalah seorang hakim yang memiliki kekuasaan besar dalam mengatur jalannya persidangan.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Drama bertema politik dengan judul Lawless Lawyer menampilkan pertarungan hukum yang intens antara keadilan dan korupsi. 

2. Designated Survivor: 60 Days (2019) 

Dikutip dari Kdrama World, drama ini berkisah tentang seorang serangan teroris menghancurkan pemerintahan Korea Selatan. Park Mu-Jin yang diperankan oleh Ji Jin Hi, seorang Menteri Lingkungan yang tidak berpengalaman dalam politik terpaksa menjadi presiden sementara. 

Dia harus menghadapi tantangan besar dalam menjaga stabilitas negara dan mengungkap pelaku dibalik serangan tersebut. Drama korea tentang dunia politik ini tentu menyoroti politik ditambah dengan konspirasi, dan kepemimpinan dalam situasi krisis. 

3.The Moon Embracing The Sun (2012) 

Ceritanya berkisah tentang cinta antara seorang raja dan seorang peramal wanita yang pernah dijebak dan dihukum mati. Intrik istana dan ambisi untuk mempertahankan kekuasaan menjadi elemen penting dalam cerita ini. 

Baca Juga: 11 Alasan Kenapa Orang Bermental Kuat Tenang Menghadapi Tekanan Hidup

Meskipun tidak sepenuhnya berfokus pada politik, drama ini menampilkan intrik-intrik istana Joseon yang berpengaruh pada nasib kerajaan. 

4. The President (2010) 

Drakor politik The President mengikuti perjalanan Jang Il-Joon yang diperankan oleh Choi Soo-Jong dalam mencapai jabatan presiden Korea Selatan. Dengan latar belakang dari keluarga sederhana, Jang Il-Joon memiliki ambisi besar untuk memimpin negara dan mengatasi konflik ideologi, kelas sosial, dan regional.

Drama korea politik ini menggambarkan perjuangan politiknya dalam menghadapi berbagai tantangan saat pilpres. 

5. Kingdom (2019-2020) 

Berlatar belakang era Joseon, drama ini menciptakan dunia yang dilanda krisis politik dan wabah zombie yang misterius. Ceritanya berpusat pada Pangeran Mahkota Lee Chang yang diperankan Ju Ji-hoon, yang harus melawan konspirasi di istana saat mencoba menyelamatkan kerajaannya dari wabah mematikan. 

Baca Juga: 8 Tantangan Mendidik Anak bagi Orang Tua, Pusing Hadapi Anak yang Emosional!

Dikutip dari Drama Kicks, intrik politik di dalam istana menjadi salah satu elemen penting dalam pertempuran melawan musuh-musuh yang lebih dari sekadar manusia. 

6. The Man Standing Next (2020) 

Drama Korea The Man Standing Next mengisahkan hari-hari menjelang pembunuhan Presiden Park Junghee pada 1979, sebuah peristiwa yang sebelumnya telah diangkat dalam film klasik modern "The President's Last Bang" (2005) karya sutradara Im Sangsoo. 

Berdasarkan Korean Film, Lee memerankan Kim Gyupyeong, kepala KCIA, yang beroperasi langsung di bawah kendali Presiden Park. 

Film The Man Standing Next menggambarkan kekecewaan Kim terhadap kepala negara ketika Presiden Park mulai lebih memilih saran keras dari kepala keamanannya. Film ini telah dipilih sebagai perwakilan Korea Selatan dalam kategori Film Internasional Terbaik di Academy Awards ke-93. 

7. A Taxi Driver (2017) 

A Taxi Driver diangkat dari kisah nyata. Ceritanya terdapat seorang sopir taksi yang mengantar reporter Jerman, Jürgen Hinzpeter ke Gwangju dan melalui kerusuhan pada Mei 1980. 

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik

Hinzpeter merekam kekerasan di kota tersebut dan membuat kekejaman yang terjadi di sana dikenal oleh dunia. 

Film politik ini dibintangi oleh Song Kangho sebagai sopir taksi dan Thomas Kretschmann sebagai reporter Jerman. Selain menjadi sukses secara material, film ini memenangkan banyak penghargaan dan terpilih sebagai perwakilan Korea Selatan dalam kategori Film Bahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-90. 

Sumber: Tempo.co