6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

Film Indonesia terus berkembang. Selain akhir-akhir ini terus berjaya di negeri sendiri, film garapan sineas Tanah Air juga panen penghargaan internasional. Film...

6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

loading...

Film Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar menjadi salah satu film Nasional yang mendapat penghargaan internasional terbanyak. Foto/Dok MPI

JAKARTA - Film Indonesia terus berkembang. Selain akhir-akhir ini terus berjaya di negeri sendiri, film garapan sineas Tanah Air juga mampu berbicara banyak di kancah internasional.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film nasional diganjar penghargaan internasional . Berikut 6 film Indonesia yang dianugerahi penghargaan internasional terbanyak.

1.Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak(2017) – 6 Penghargaan

6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

Foto/wikipedia

Film besutan Mouly Surya tersebut memang kurang sukses di bioskop nasional, tapi tidak di festival film tingkat dunia di mana film ini merajai.

Film yang tayang di 19 negara ini mengumpulkan 17 piala dan 24 kali masuk nominasi penghargaan. Keelokan Sumba dan jalan cerita yang matang jadi alasan filmMarlina si Pembunuh dalam Empat Babakbegitu memesona mata sineas dunia.

Penghargaannya, antara lain Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, dua piala Asia-Pacific Film Festival, Five Flavours Asian Film Festival, dan QCinema International Film Festival.

2.Sekala Niskala(2017) – 6 Penghargaan

6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

Foto/FFI

Sekala Niskalatampil sebagai film alternatif yang punya jalan cerita menyentuh hati. Film karya Kamila Andini ini pernah ditayangkan Busan International Film Festival, Toronto International Film Festival, danJogja-NETPAC Asian Film Festival.

Meski kurang mendapat panggung di negeri sendiri,Sekala Niskalaberhasil menyabet penghargaan “Best Feature” pada 2017 di Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX. Tahun selanjutnya pada Adelaide Film Festival, Berlin International Film Festival, QCinema International Film Festival, dan Shanghai International Film Festival.