5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!

Itinerary sangat penting untuk aktivitas berliburmu

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!

Kamu tentunya sudah sering mendengar istilah itinerary yang memang berkaitan dengan momen liburan. Itinerary merupakan susunan jadwal atau pun rangkaian kegiatan yang biasanya dipersiapkan oleh seseorang sebelum memulai liburan.

Membuat itinerary menjadi salah satu hal yang dapat menentukan apakah liburan tersebut berjalan dengan menyenangkan atau justru sebaliknya. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa tips berikut ini pada saat membuat itinerary agar liburanmu tetap berjalan dengan menyenangkan.

1. Kenali destinasi tujuanmu

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!ilustrasi liburan (pexels.com/Zeynep Sude Emek)

Tips pertama adalah dengan mengenali terlebih dahulu destinasi tujuan yang nantinya akan kamu datangi. Hal ini ternyata penting untuk dilakukan, apalagi jika ternyata kamu baru saja pertama kali berkunjung ke destinasi tersebut, sehingga belum memiliki pengalaman dan pengetahuan apa pun.

Setidaknya jika memang kamu mengetahui destinasi tujuan, maka nantinya kamu bisa membuat itinerary yang lengkap. Tentunya dengan itinerary yang lebih lengkap, maka momen liburanmu jadi terasa lebih menyenangkan.

2. Lakukan riset sebanyak-banyaknya

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!ilustrasi liburan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu tidak boleh sampai lupa untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya sebelum membuat itinerary liburan. Biasanya kamu bisa memperoleh sumber riset tersebut dari berbagai macam hal, seperti misalnya video, foto, atau pun cerita dari orang-orang yang pernah berlibur ke destinasi tersebut.

Tentunya dengan memeroleh riset yang banyak, maka nantinya kamu akan mendapatkan inspirasi untuk membuat itinerary yang lebih menyenangkan. Oleh sebab itu, jangan sampai malas dalam melakukan riset pada saat akan membuat itinerary.

Baca Juga: 6 Tempat Liburan di Kaki Gunung Merapi, Healing dalam Sehari

3. Ketahui apa yang ingin kamu lakukan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!ilustrasi tour guide (pexels.com/Streetwindy)

Momen liburan semestinya menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk kamu lakukan, sehingga jangan sampai justru keliru dalam proses mempersiapkannya. Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah hal apa saja yang ingin kamu lakukan pada saat berkunjung ke destinasi tersebut.

Setidaknya kamu bisa menyesuaikan itinerary yang nantinya akan dibuat dengan keinginanmu dalam melakukan sesuatu selama berlibur. Jika kamu menyesuaikannya dengan keinginan masing-masing, maka momen liburanmu akan terasa sangat menyenangkan.

4. Selalu mempersiapkan plan b untuk itinerary yang dibuat

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!ilustrasi solo traveling (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin sudah berusaha untuk membuat itinerary yang lengkap dan menyenangkan, namun sering kali hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan. Mungkin kamu bisa mencoba cara lain dengan tetap mempersiapkan plan B dari itinerary yang nantinya kamu buat persiapan.

Plan B ini sangat penting apabila ada hal-hal yang mengganggu kegiatan berdasarkan itinerary sebelumnya, sehingga tidak sampai merusak momen liburan yang sudah kamu buat. Tentunya melalui itinerary yang jauh lebih lengkap, maka momen liburanmu jadi semakin berkesan dan menyenangkan.

5. Alokasi waktu harus tepat

5 Tips Membuat Itinerary Liburan yang Menyenangkan, Seru Banget!ilustrasi liburan (pexels.com/Matt Hardy)

Membuat itinerary ternyata harus memperhatikan soal alokasi waktu. Hal ini sangat penting karena memang banyak orang yang keliru dalam merencanakan soal alokasi waktu, sehingga waktu pun jadi terbuang sia-sia.

Jika memang kamu ingin momen liburan yang menyenangkan, maka alokasi waktunya harus tepat tentu. Dengan persiapan dan alokasi waktu yang sesuai, maka nantinya dapat membuat momen liburanmu terasa menyenangkan.

Memang ada banyak hal yang sebetulnya bisa kamu lakukan untuk membuat itinerary yang menyenangkan. Hal ini penting agar momen liburanmu tetap berjalan lancar. Bagaimana caramu dalam membuat itinerary sebelum berlibur?

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Kecanduan Traveling, Menyenangkan?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.