5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!

Cocok untuk kamu yang low budget

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!

Siapa, nih, yang masih pusing dengan masalah penginapan saat ingin berlibur? Apalagi jika budget dan waktu untuk liburan sangat terbatas. Eits, kamu bisa lho menyiasatinya dengan liburan seharian penuh tanpa harus sewa penginapan.

Dengan memilih untuk tidak menyewa penginapan, kamu bisa menghemat budget lho. Namun, sebelum melakukannya kamu perlu mempersiapkan dengan matang rencana tersebut. Yuk simak tips liburan hemat seharian tanpa menginap berikut!

1. Pilih transportasi dengan kedatangan paling awal dan keberangkatan pulang paling akhir

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!Interior kelas eksekutif KA Argo Parahyangan. (dok.pribadi/Angga Kurnia Saputra)

Untuk memaksimalkan waktu berlibur kamu, pilihlah moda transportasi yang memiliki jadwal kedatangan paling awal dan keberangkatan pulang paling akhir dari destinasi tujuanmu. Bandingkan juga jadwal antar beberapa moda transportasi yang ada, agar kamu dapat menemukan jadwal yang paling sesuai.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk berangkat pada malam hari, sehingga kamu akan tiba di destinasi tujuan pada pagi hari. Kemudian, kamu bisa melakukan perjalanan pulang pada malam hari berikutnya. 

2. Buatlah itinerary dengan cermat, susun tempat-tempat wisata yang berdekatan

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!ilustrasi travel planning (unsplash.com/That's Her Business)

Sebelum pergi berlibur, buatlah rencana perjalanan atau itinerary dengan cermat. Ini akan membantu kamu agar tidak kebingungan saat berada di destinasi liburan nanti, sehingga kamu memiliki arah yang jelas dalam menjelajahi destinasi liburanmu. 

Kemudian, susunlah daftar tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi berdasarkan jaraknya. Urutkan tempat-tempat yang berdekatan, sehingga dapat menghemat waktu dan kamu dapat mengunjungi lebih banyak tempat. 

Baca Juga: 5 Pertimbangan saat Memutuskan Traveling di Masa Low Season

3. Sewa kendaraan harian agar lebih mudah bermobilitas

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!ilustrasi naik sepeda motor (pexels.com/Ajay Donga)

Tips selanjutnya adalah menyewa kendaraan harian. Saat ini, sudah banyak jasa penyewaan kendaraan harian, baik motor ataupun mobil. Tarifnya pun bervariatif tinggal disesuaikan dengan budget kamu. Tentunya, biaya untuk sewa kendaraan bisa lebih hemat daripada sewa penginapan. 

Menyewa kendaraan dapat memudahkan kamu dalam bermobilitas selama berlibur, sehingga kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi tempat-tempat di destinasi liburanmu.

4. Bawa barang-barang secukupnya saja

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!ilustrasi barang bawaan saat liburan (unsplash.com/Anete Lusina)

Agar tidak merepotkan kamu saat berlibur, bawalah barang-barang secukupnya saja. Bawa barang-barang yang dianggap penting dan nantinya akan kamu gunakan. Karena barang-barang tersebut nantinya akan kamu bawa terus selama menjelajah destinasi liburanmu.

Selain meringankan beban dari barang yang kamu bawa, space kosong yang tersisa dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan oleh-oleh saat kamu pulang nanti.

5. Pakailah pakaian yang nyaman

5 Tips Liburan Seharian Tanpa Menginap, Lebih Hemat!ilustrasi liburan (unsplash.com/Leo)

Last but not least, pakailah pakaian yang nyaman. Sesuaikan dengan cuaca di destinasi liburan yang akan kamu kunjungi. Tidak perlu memakai pakaian yang berlebihan.  

Kamu akan melakukan liburan seharian dan banyak berpindah tempat, oleh karena itu pilihlah pakaian yang membuatmu nyaman bergerak. Bila perlu, siapkan juga pakaian ganti untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak terduga. 

Gimana, sekarang kamu sudah yakin untuk berlibur seharian tanpa menginap? Jangan lupa persiapkan dengan matang dan ingat tips-tips yang sudah dijelaskan di atas ya. Let's go traveling!

Baca Juga: 6 Tips Memilih Tas Ransel Traveling, Nyaman dan Bebas Stres!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.