5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru Keluarga

Bisa melihat Samudra Hindia dari perbukitan

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru Keluarga

Sukabumi, Jawa Barat, menyimpan segudang wisata menarik yang layak dijelajahi. Salah satu kecamatannya, yakni Pelabuhan Ratu, menjadi primadona di mata traveler. Pasalnya, Pelabuhan Ratu memiliki beragam wisata menarik dan menyenangkan.

Lokasinya yang berada di pesisir Samudra Hindia membuat pemandangan laut di Pelabuhan Ratu amat menawan. Kalau kebetulan sedang liburan ke Sukabumi, masukkanlah Pelabuhan Ratu ke dalam itinerary.

Lima tempat wisata di Pelabuhan Ratu berikut ini tak pernah sepi. Bahkan, pada 2023, tempat wisata ini semakin dipadati wisatawan. Berikut daftarnya.

1. Bukit Durian Sagara

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru KeluargaBukit Durian Segara (instagram.com/haitankila)

Sesuai namanya, bukit ini merupakan salah satu tempat makan durian terbaik di Pelabuhan Ratu. Ketika di sana, kamu bisa menikmati durian sembari melihat indahnya Teluk Pelabuhan Ratu dari ketinggian. Cocok banget buat healing.

Waktu paling tepat untuk datang ke sini adalah siang menjelang sore. Saat matahari akan terbenam, kemilau jingganya bakal membuatmu terpana. Apalagi kalau ditemani buah durian, makin mantap!

Lokasi: Desa Sukamaju, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00—21.00 WIB.

Harga: Rp5.000.

2. Pantai Pelabuhan Ratu

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru KeluargaPantai Pelabuhan Ratu (instagram.com/mr_phonegraphy)

Pantai Pelabuhan Ratu sangat terkenal di Sukabumi. Pantai ini curam dengan karang terjal yang menakjubkan. Deburan ombak yang besar mengenai bebatuan karang terdengar merdu di telinga. Wisatawan pun dilarang berenang.

Meski terkenal indah, Pantai Pelabuhan Ratu juga diselimuti kisah mistis. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Lokasi: Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp5.000.

3. Pulau Kunti

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru KeluargaPulau Kunti (instagram.com/cyn)

Kamu mungkin sedikit bergidik ketika mendengar nama pulau ini. Yap, bernama Pulau Kunti, pulau ini berada di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Subang. Namanya memang menyeramkan, tetapi tidak dengan pemandangannya.

Pulau Kunti berada di Ciletuh Pelabuhan Ratu UNESCO Global Geopark. Karena merupakan dataran bekas lava gunung api di masa lampau, pulau ini terlihat begitu unik. Banyak pula habitat unik di sini, seperti elang jawa dan rusa.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Lokasi: Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp500.000

Baca Juga: 10 Wisata Alam Bukan Pantai di Banten yang Siap Hilangkan Penat

4. Curug Cikaso

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru KeluargaCurug Cikaso (instagram.com/rizki_syafari)

Perjalanan menuju Curug Cikaso ada dua cara. Cara pertama dengan berjalan kaki, sedangkan cara kedua menggunakan perahu.

Kalau memilih naik perahu, kamu bakal disuguhkan gradasi warna sungai yang kebiruan. Tentu jadi pengalaman yang mengesankan.

Sesampainya di Curug Cikaso, kamu bisa bermain air dan berenang di kolam yang sudah direkomendasikan. Terdapat tiga titik air terjun yang saling berdampingan di sini. Kalau diabadikan, pemandangannya apik banget!

Lokasi: Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp3.000

5. Pantai Cimaja

5 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu 2023 untuk Liburan Seru KeluargaPantai Cimaja (instagram.com/whoisayiph)

Berlokasi di Teluk Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja dikenal memiliki ombak besar yang bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Pantai ini sudah ramai peselancar sejak 1970-an, bahkan sampai sekarang.

Aktivitas berenang di sini tidak disarankan, mengingat ombaknya yang besar. Kamu bisa berjalan-jalan saja sembari melihat peselancar beraksi. Kalau berani, kamu bisa minta diajari peselancar untuk berselancar, lho.

Lokasi: Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp5.000

Berlibur ke Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, tak akan kehabisan aktivitas seru. Kamu bisa bersantai di pantai, menjelajah air terjun, hingga menikmati pemandangan lautan dari bukit. Sungguh lengkap dan menarik untuk dilakukan, nih!

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Terindah di Serang-Banten untuk Liburan Akhir Pekan