Diakui Unesco, Benang Kelambu Jadi Air Terjun Terunik di Dunia

Air terjun, keindahan alam yang tidak bisa dilewatkan begitu saja untuk tujuan wisata. Terdapat ribuan air terjun cantik yang mengagumkan.

Diakui Unesco, Benang Kelambu Jadi Air Terjun Terunik di Dunia
image

lensamandalika.com – Air terjun merupakan keindahan alam yang tidak bisa dilewatkan begitu saja saat berlibur ke daerah tujuan wisata. Di Indonesia sendiri, terdapat ribuan air terjun cantik yang mengagumkan serta memanjakan mata ketika menikmati keindahannya.

Kita semua tentu setuju jika air terjun Niagara di Amerika Serikat merupakan salah satu yang terindah di dunia, namun tahukah Sahabat Lensa Mandalika kalau air terjun terunik di Dunia justru berada di Indonesia?

Mengutip unggahan di akun Instagram Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/8/2023), Air terjun terunik di Dunia adalah Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun yang terletak di Desa Aiq Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah ini telah diakui oleh UNESCO sebagai air terjun terunik di dunia. Walaupun sudah menjadi primadona karena keindahannya, tetapi tidak banyak yang mengetahui fakta keunikannya.

Jika air terjun pada umumnya terbentuk dari aliran sungai yang jatuh melalui tebing batu dan membentuk cekungan pada area jatuhannya, maka air terjun Benang Kelambu justru terbentuk dari adanya patahan lapisan tanah di dalam bumi yang oleh para geologis disebut dengan istilah aquifer layer fault.

Patahan yang terbentuk dapat menampung air hujan dalam jumlah yang cukup besar dan dalam kurun waktu yang sangat lama.

Berdasarkan hasil studi para peneliti, air hujan yang turun dan masuk ke dalam patahan lapisan tanah itu akan mengalami proses pemurnian selama minimal 200 tahun sebelum keluar menjadi mata air. Jadi, air yang mengalir di Benang Kelambu hari ini merupakan air hujan yang turun sekitar 200 tahun yang lalu.

Dari fenomena tersebutlah yang menjadikan Benang Kelambu sebagai air terjun yang paling unik di dunia.

Berdasarkan keterangan Vice President of Unesco Global Geopark, Prof Ibrahim Komo, yang dikutip dari Kompas.com, dari 10 air terjun terunik yang dirilis oleh UNESCO, ternyata ada nama Benang Kelambu yang paling unik.

Lokasinya terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan merupakan salah satu dari UNESCO Global Geoparks. Benang Kelambu termasuk salah satu dari sedikit air terjun yang memiliki akses relatif paling mudah di Pulau Lombok.

Jaraknya hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Mataram, kurang-lebih 40 menit dari Bandara Internasional Lombok, dan sekitar 10 menit berkendara dari parkiran utama Benang Stokel dengan menggunakan jasa ojek lokal, keindahan air terjun benang Kelambu sudah bisa langsung dinikmati.

Atau untuk Sahabat Lensa Mandalika yang ingin menempuh jalur jalan kaki, Sahabat bisa mulai dengan menaiki bukit di punggung Air Terjun Benang Stokel kemudian melanjutkan soft tracking sekitar 45 Menit. Suasana hutan yang hijau nan asri, serta angin yang segar akan membuat sahabat merasa tercerahkan.

Setelah melewati jalur soft tracking, atau menumpang di ojek lokal, Sahabat hanya perlu menuruni anak tangga untuk sampai tiba di Air Terjun Benang Kelambu.

Dikatakan Benang Kelambu karena jatuhan air terjunnya menyerupai benang-benang putih yang membentuk tirai. Rasa lelah ketika melakukan soft tracking terbayarkan dengan keindahan dan kesejukan suasana di Air Terjun Benang Kelambu.

Untuk Sahabat yang mengingikan suasana yang tidak terlalu ramai, bisa mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu ketika Weekday. Bayangkan bagaimana sensasinya mandi dengan air hujan yang turun 200 tahun lalu. Hal itu hanya bisa sahabat lakukan di Air terjun Benang Kelambu.

Nah, apakah Sahabat Lensa Mandalika sudah ada bayangan keindahannya? Oh ya, Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu dari sekian banyak Destinasi Pariwisata di Pulau Lombok yang wajib Sahabat kunjungi, untuk lebih mudah dalam menyusun itinerary perjalanan Sahabat jika ingin berlibur ke Lombok, Mandalika Tour and Travel bisa menjadi Trip Planner yang recommended untuk Sahabat hubungi.

Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Sahabat bersama Mandalika Tour and Travel.
Whatsapp: wa.me/6281915959586
Website: www.tourdemandalika.com

(red/Respa)