5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapan

Ada suka duka liburan di musim hujan yang harus kamu pahami. Tentu ada hambatan, tapi tetap seru, kok.

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapan

Setiap orang mungkin memiliki preferensi yang berbeda-beda pada saat menentukan waktu untuk liburannya. Memang ada orang yang lebih memilih untuk melakukan liburan pada saat musim panas karena cuaca yang lebih cerah, namun ada pula orang yang memilih liburan pada saat musim hujan karena alasan personal lainnya.

Sebetulnya melakukan liburan pada saat musim hujan bisa menjadi pilihan tersendiri, namun dengan konsekuensi yang dimiliki. Ada suka duka liburan di musim hujan yang harus kamu pahami. Tentu ada hambatan, tapi tetap seru, kok.

1. Itinerary liburan rentan berantakan

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapanilustrasi turis (unsplash.com/@rawkkim)

Setiap orang yang berlibur memang biasanya selalu menyiapkan itenerary tersendiri agar liburan tetap berjalan dengan lancar. Pada intinerary tersebut biasanya tertulis destinasi-destinasi wisata yang akan dikunjungi, termasuk dengan durasi saat berkunjung ke sana nanti.

Sayangnya pada saat berlibur di musim hujan sering kali justru itinerary yang sudah dibua rentan berantakan begitu saja. Hal ini disebabkan karena faktor cuaca yang tidak bisa ditebak, sehingga menyebabkan liburan pun jadi tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana awal.

2. Cuaca sejuk dan tidak panas

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapanilustrasi zipline (unsplash.com/@belart84)

Berlibur pada saat musim hujan sebetulnya sangat cocok bagi kamu yang mungkin tidak betah berlama-lama berada di ruangan luar. Hal ini karena memang suhu pada saat musim hujan akan cenderung lebih rendah, serta cuacanya pun akan terasa sejuk dan bahkan sedikit berangin.

Cuaca yang sejuk tentunya akan membantumu untuk menikmati momen liburan dengan lebih maksimal, sehingga terasa menyenangkan. Lain cerita apabila kamu berlibur pada saat cuacanya panas terik, sebab pasti terasa tidak nyaman.

3. Sulit mengakses destinasi wisata outdoor

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapanilustrasi turis (unsplash.com/@m_slom)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Memang biasanya destinasi wisata yang dikunjungi oleh para turis cukup beragam, entah itu destinasi indoor atau bahkan destinasi outdoor sekali pun. Masing-masing pilihan destinasi seolah memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Sayangnya apabila kamu memutuskan untuk berlibur pada musim hujan maka akan cenderung sulit untuk mengakses destinasi wisata yang buka secara outdoor. Hal ini karena memang cuaca yang tidak memungkinkan untuk berkunjung ke sana, sehingga mau tak mau hanya bisa berkunjung ke destinasi wisata indoor.

Baca Juga: 5 Tips Travelling Nyaman dari Jogja ke Solo, Gak Berdesakan

4. Memberikan sensasi rileksasi

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapanilustrasi turis dengan ransel (unsplash.com/@bookistlistgroup)

Suasana pada saat musim hujan memang biasanya terasa berbeda jika dibandingkan dengan suasana pada musim panas yang sangat terik. Tidak heran rasanya apabila banyak turis yang justru lebih menikmati berlibur pada musim hujan karena memberikan sensasi rileksasi tersendiri.

Hal ini semakin terasa apabila kamu mengunjungi tempat-tempat wisata alam atau pun bangunan-bangunan yang memiliki sejarah-sejarah khusus, sehingga musim hujan terasa sangat cocok memberi pengalaman dan nuansa tersendiri. Itulah yang mungkin tidak akan kamu temukan apabila berkunjung ke sana pada musim lainnya.

5. Repot harus berteduh atau membawa payung

5 Suka Duka Liburan di Musim Hujan, Harus Punya Persiapanilustrasi kereta (unsplash.com/@mihaisurdu)

Tak dapat dimungkiri bahwa musim hujan memang cukup merepotkan bagi banyak orang apalagi untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini karena memang mau tak mau kamu jadi harus sering berteduh apabila hujan turun dengan deras dan disertai angin kencang.

Langkah preventif yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan membawa payung atau pun jas hujan, sehingga tetap aman dari risiko hujan yang ada. Meski demikian, liburanmu pun mau tak mau  jadi sedikit terhambat karena tentu harus menunggu hujan hingga reda terlebih dahulu.

Liburan di musim hujan sebetulnya bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk kamu coba. Hal ini karena memang musim hujan memberikan sensasi berbeda dan cuaca yang lebih ramah untuk para turis. Setelah tahu suka duka liburan di musim hujan, apakah kamu tertarik untuk travelling di musim tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Packing Koper agar Muat Banyak, Travelling Anti Ribet!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.