5 Rekomendasi Film Sex Education yang Sarat Pelajaran Hidup

Berikut ulasan sejumlah rekomendasi film sex education yang bisa dijadikan tontonan.

5 Rekomendasi Film Sex Education yang Sarat Pelajaran Hidup
image

Pendidikan seks menjadi isu yang diperbincangkan beberapa tahun belakangan ini. Sebagian ada yang menyarankan agar remaja mendapatkan pelajaran terkait hal tersebut untuk memberikan gambaran serta wawasan.

Istilah pendidikan seks juga dikenal dengan “Sex Education". Mengutip Britannica, salah satu tujuan dari memberikan pengetahuan tentang seks dan seksualitas dapat mengeksplorasi nilai-nilai dan membantu untuk mengarahkan.

Di beberapa negara, sudah ada yang menyematkan kurikulum terkait pendidikan seks. Selain di sekolah, pengetahuan tentang sex education juga bisa didapatkan melalui film, serial, buku bacaan, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa rekomendasi film sex education yang bisa dijadikan tontonan.

1. Juno

Rekomendasi film sex education pertama yaitu Juno, yakni proyek garapan sutradara Jason Reitman yang rilis pada tahun 2007. Dibintangi oleh Elliot Page, yang saat itu bernama Ellen Page. Tayangan ini mengambil latar siswa sekolah menengah atas dengan berbagai pergumulannya.

Juno MacGuff merupakan siswi yang menginjak usia 16 tahun. Suatu hari, ia melakukan tes kehamilan dan menemukan dirinya tengah mengandung. Juno yakin bahwa ayah dari janinnya adalah Paulie Bleeker. Pasalnya, mereka pernah melakukan hubungan badan.

Pada awalnya, Juno berpikir untuk menggugurkan kandungannya. Ketika menuju klinik, ia bertemu dengan temannya yang merupakan anggota gerakan anti aborsi. Akhirnya Juno membatalkan rencana untuk menghilangkan nyawa bayi di dalam perutnya.

Advertisement

Tak hanya itu, Juno juga berencana untuk mencari pasangan yang ingin mengadopsi bayinya. Sementara Paulie justru semakin dingin dan tidak begitu peduli tentang kehamilan Juno.

Ia justru merasa tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Paulie merasa bahwa hubungan seksual yang mereka lakukan dikarenakan permintaan Juno.

Film ini mengandung pesan agar anak muda berhati-hati untuk mengambil tindakan. Juno merupakan salah satu contoh bahwa hubungan seksual bisa merembet ke berbagai aspek kehidupan. Juno beberapa kali diadaptasi menjadi film serupa di berbagai negara.

2. Teenage Mom

Rekomendasi film sex education berikutnya adalah Teenage Mom yang rilis pada tahun 2017. Digarap GMMTV dan Houstories 8, Teenage Mom merupakan film berbahasa Thailand.

Teenage Mom menceritakan tentang tokoh Perempuan bernama Fah yang berusia 18 tahun. Ia telah mengandung anak dari kekasihnya. Fah memutuskan untuk menghilang dari lingkungan sosialnya. Termasuk pacar, teman, serta keluarga.

Fah berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Ia juga memiliki tujuan tertentu yang dirahasiakan olehnya. Berusaha untuk bertanggung jawab, Fah menyadari bahwa hal ini terjadi atas kesalahan dirinya sendiri.

3. Yuni

Yuni merupakan film Indonesia yang termasuk dalam rekomendasi film sex education. Dibintangi oleh Arawinda Kirana dan Kevin Ardilova, Yuni berhasil menjadi perhatian lantaran alur cerita yang banyak mengangkat tentang pergumulan wanita di lingkungan sosial.

Yuni merupakan gadis desa yang sedang menempuh pendidikan sekolah menengah. Ia dikenal sebagai sosok yang menyukai benda berwarna ungu.

Film ini bercerita tentang pergolakan Yuni sebagai remaja dengan rasa penasaran tinggi. Ia juga terombang-ambing di tengah pergaulan yang asing baginya.

Tak terkecuali tentang seksual, Yuni juga mencari tahu tentang hal tersebut. Beberapa kali ia melakukan masturbasi untuk mencapai kepuasan. Bahkan, Yuni juga dengan nekat “mojok” dengan teman sekolahnya.

Meski begitu, Yuni tetaplah remaja desa yang lugu. Dirinya masih naif soal cinta. Kala itu, Yuni hampir dijodohkan dengan pria berumur. Yuni diam-diam menolak dan kebebasannya sendiri.

4. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya merupakan film Indonesia yang juga menyelipkan sex education. Namun, fokus dari Penyalin Cahaya adalah membahas tentang sosok Suryani yang mengalami kekerasan seksual.

Film ini memberikan pelajaran untuk tidak bertindak sembarangan untuk mencapai kepuasan. Tokoh lain bernama Rama merupakan mahasiswa dari keluarga berada.

Puncaknya terjadi ketika mereka mengadakan pesta kemenangan di rumah Rama. Hal mengejutkan terjadi setelahnya.

Sur menjadi buah bibir ketika fotonya dalam keadaan tidak sadarkan diri tersebar di sosial media. Sur mempertanyakan siapa yang melakukan itu kepadanya.

Tak sampai di situ, ia juga menemukan bahwa Rama melecehkan dirinya dengan melucuti pakaian dan mengambil foto diam-diam. Sur yang berada di bawah pengaruh alkohol sama sekali tidak menyadari itu.

Sur menaikkan perkara ke pihak kampus. Namun yang didapatkannya nihil. Pasalnya, keluarga Rama merupakan orang terpandang dan kaya. Sementara Sur, Ibunya hanya mengelola warung kecil-kecilan serta Bapak yang bekerja serabutan.

5. Twenty

Rekomendasi film sex education berikutnya berjudul Twenty. Tayangan ini dibintangi oleh Kim Woo Bin, Kang Haneul, dan Lee Jun Ho. Mereka menjadi tiga sekawan dengan segala kekonyolannya.

Kyung Jae merupakan laki-laki yang tidak memiliki nyali besar saat berhadapan dengan wanita. Ia memiliki cita-cita menjadi pegawai di perusahaan besar. Kyung Jae memiliki ambisi untuk menata masa depan.

Kemudian, ada sosok Dong Woo yang memiliki untuk menekuni komik atau manhwa. Sayangnya, Dong Woo mengalami kesulitan dalam hal keuangan.

Sementara sosok Chi Ho, ia memiliki latar belakang keluarga kaya yang suka bersenang-senang. Chi Ho memiliki keresahan dalam asmara. Meski sudah memiliki kekasih, ia justru merasakan hal yang tak biasa dengan Eun Hye.

Twenty menceritakan tentang jalan berbeda tiga orang sahabat yang sudah berteman sejak SMA. Tak terkecuali tentang asmara dan seksual, ketiganya memiliki rasa penasaran tinggi. Khusus Kyung Jae dan Dong Woo yang tidak “semahir” Chi Ho.

Itulah ulasan mengenai beberapa rekomendasi film sex education yang bisa dipertimbangkan untuk masuk ke daftar tonton. Anda bisa menyaksikannya secara legal melalui sejumlah platform streaming online.