5 Rekomendasi Film Indonesia untuk Ditonton saat Liburan Bersama Keluarga

Liburan versi 'low budget' salah satunya adalah nobar film bareng keluarga.

5 Rekomendasi Film Indonesia untuk Ditonton saat Liburan Bersama Keluarga

Libur telah tiba! Sudah bikin agenda apa buat liburan akhir tahun ini? Omong-omong, liburan enggak harus pergi kemana-mana, lho. Di rumah saja, bonding time sambil nonton film bareng keluarga pun juga asyik dan enggak kalah seru.

Kebetulan, industri perfilman Indonesia akhir-akhir ini lagi ngeluarin banyak film keluarga baru yang bagus, kalau nonton film-film ini bisa bikin vibe jadi sweet dan heartwarming banget. Pas banget kan ditonton bareng keluarga.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film keluarga Indonesia untuk ditonton pas liburan.

1. Keluarga Cemara

Film Keluarga Cemara (Instagram/@filmkeluargacemara)
Film Keluarga Cemara (Instagram/@filmkeluargacemara)

Keluarga Cemara menceritakan tentang kehidupan keluarga kaya yang jatuh miskin karena sebuah musibah, belum sampai disitu aja, pindahnya mereka ke desa bikin beberapa masalah muncul, kayak tokoh Abah yang mesti ganti profesi, juga anak-anaknya yang harus beradaptasi sama lingkungan baru di desa.

Di tengah masalah-masalah itu, film ini ngasih tahu penonton kalau seberat apapun cobaan kalian, masih ada keluarga untuk tempat pulang.

2. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (IMDb)
Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (IMDb)

Film ini adalah sekuel dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Masih dimainkan sama tokoh yang sama, film ini menceritakan tentang dilema dari tokoh Aurora yang merantau ke London dan mengalami masalah sama kehidupan barunya.

Sempat hilang kontak dan bermasalah sama saudara-saudaranya, Aurora dihadapkan sama pilihan antara keluarga, teman, atau mengejar mimpinya di London.

3. Petualangan Sherina 2

Film Petualangan Sherina 2 (IMDb)
Film Petualangan Sherina 2 (IMDb)

Nah, kalau kamu mau nostalgia masa kecil, film Petualangan Sherina 2 adalah pilihan yang tepat. Petualangan Sherina dan Sadam buat melindungi alam hutan Kalimantan ini seru dan ringan buat ditonton, bikin kita flash back waktu jaman SD.

Meskipun pemerannya udah enggak anak-anak lagi, tapi vibes film Petualangan Sherina kecil masih kerasa banget di film ini.

4. Miracle in Cell No. 7

Film Miracle in Cell No. 7 (IMDb)
Film Miracle in Cell No. 7 (IMDb)

Film Miracle in Cell No. 7 ini adalah film remake dari sebuah film Korea Selatan dengan judul yang sama, menceritakan tentang seorang ayah dan anaknya yang masih kecil yang hidup sederhana.

Meski hidup serba pas-pasan, Dodo dan Kartika hidup bahagia, sebelum akhirnya sebuah musibah menimpa mereka dan menyebabkan Dodo dipenjara.

Sebelum nonton ini, mending kamu siapin tisu yang banyak deh, karena film ini bakal bikin kamu nangis brutal. Saking bagusnya, Miracle in Cell No. 7 ini udah di-remake di berbagai negara.

5. Budi Pekerti

Film Budi Pekerti (IMDb)
Film Budi Pekerti (IMDb)

Budi Pekerti adalah film yang bercerita tentang Bu Prani, seorang guru BK yang di-bully karena video perselisihannya sama penjual putu tersebar di media sosial.

Video ini direspon negatif sama netizen, termasuk sekolah tempat Bu Prani mengajar. Akibatnya, keluarga Bu Prani jadi bahan omongan warga, bahkan dia sampai hampir kehilangan pekerjaannya.

Itu tadi 5 rekomendasi film Indonesia yang cocok ditonton bareng keluarga, sekaligus ngisi waktu luang pas liburan. Selamat liburan dan selamat menonton!