5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!

Berikut ini, lima film indonesia dengan karakter ayah tunggal yang wajib kamu tonton bersama ayahmu. Siap menangis terharu!

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!

Film keluarga menjadi salah satu genre favorit semua orang. Apalagi jika sudah mengangkat kisah tentang perjuangan para orangtua demi anak tercinta mereka. Tema itu akan membuat para penonton ikut terbawa suasana ketika menonton.

Ada beberapa film Indonesia yang mengisahkan tentang perjuangan orangtua tunggal dalam merawat anak mereka. Berikut ini, lima film indonesia dengan karakter ayah tunggal yang wajib kamu tonton bersama ayahmu.

1. Ayah, Mengapa Aku Berbeda? (2011)

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!film Ayah, Mengapa Aku Berbeda? (doc. Rapi Films/Ayah, Mengapa Aku Berbeda?)

Film Ayah, Mengapa Aku Berbeda? berkisah tentang anak perempuan berkebutuhan khusus bernama Angel (Dinda Hauw). Angel merupakan penyandang difabel rungu sejak lahir yang hidup bersama sang ayah (Surya Saputra) dan neneknya (Rima Melati). Sementara Ibunya meninggal ketika ia terlahir dan kemudian ayahnya menjadi orangtua tunggal yang merawatnya dengan tulus.

2. Hafalan Shalat Delisa (2011)

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!film Hafalan Sholat Delisa (doc. Starvision Plus/Hafalan Sholat Delisa)

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Tere Liye ini mengambil kisah dari tragedi tsunami Aceh 2004. Hafalan Shalat Delisa berfokus pada kisah gadis kecil bernama Delisa (Chantiq Schagerl), yang kehilangan ibu dan kakaknya karena tsunami. Karena kejadian itu, Delisa hanya hidup bersama ayahnya, Abi Usman (Reza Rahadian). Abi Usman pun selalu berusaha membuat Delisa merasa aman.

3. Tampan Tailor (2013)

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!film Tampan Tailor (doc. Maxima Pictures/Tampan Tailor)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Tampan Tailor mengisahkan hidup Topan (Vino G. Bastian) dan anaknya Bintang (Jefan Nathanio). Topan yang seorang penjahit, baru saja kehilangan istrinya, kehilangan toko jahitnya dan nyaris kehilangan masa depan anaknya yang dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada lagi biaya. Tetapi Topan tidak pernah kehilangan harapan, ia menjajal segala pekerjaan untuk terus menghidupi anaknya.

Baca Juga: 7 Film Drama Keluarga Indonesia Terbaik di Netflix, Bikin Terharu

4. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015)

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!film Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (doc. MD Pictures/Ayah Menyayangi Tanpa Akhir)

Sosok ayah tunggal juga diekspos dalam film Ayah Menyayangi Tanpa Akhir. Film ini mengisahkan hidup Juna (Fedi Nuri), yang harus kehilangan istri tercinta di malam kelahiran anaknya, Mada (Naufal Azhar). Setelah kehilangan istrinya, Juna kembali mendapat cobaan berat. Anaknya, Mada, terkena penyakit mematikan. Ia pun menjaga dan merawat sang buah hati dengan penuh kasih sayang.

5. Miracle in Cell No.7 (2022)

5 Film Indonesia dengan Karakter Ayah Tunggal, Bikin Terharu!film Miracle in Cell No.7 (doc. Falcon Pictures/Miracle in Cell No.7)

Yang terakhir ada film remake dari film Korea Selatan tahun 2013 berjudul sama. Miracle in Cell No.7 menceritakan perjuangan bapak Dodo (Vino G. Bastian), seorang penjual balon yang menyandang disabilitas intelektual. Meski termasuk orang keterbelakangan mental, Dodo sangat menyayangi dan merawat putrinya, Kartika (Graciella Abigail) dengan sangat baik.

Menjadi ayah tunggal memang bukanlah hal mudah, namun kelima film keluarga di atas sukses menyajikan kisah inspiratif dan kehangatan sosok ayah. Jangan lupa tonton kelima film dengan karakter ayah tunggal di atas bersama ayah tersayang, ya!

Baca Juga: 6 Film Keluarga Underrated Tahun 2010-an yang Wajib Ditonton

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.