5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!

Langsung cek deretan film dan series Indonesia yang mengangkat kisah tiga bersaudara yang bisa jadi opsi menghabiskan akhir pekanmu berikut, ya!

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!

Dari berbagai kisah dalam film ataupun series, hubungan antara kakak beradik menjadi salah satu cerita yang seru untuk diikuti. Menghadirkan kisah kekompakan antara kakak beradik ataupun perselisihan, cerita dari ketiga saudara sering dianggap related dengan kehidupan para penontonnya.

Begitu pula dengan beberapa rekomendasi film dan series di bawah ini yang menyajikan kehidupan kakak beradik dengan karakter beragam. Langsung cek deretan film dan series Indonesia yang mengangkat kisah tiga bersaudara yang bisa jadi opsi menghabiskan akhir pekanmu berikut, ya!

1. Film Orang Kaya Baru (2019)

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!film Orang Kaya Baru (doc. Screenplay Films/Orang Kaya Baru)

Film Orang Kaya Baru berfokus pada kehidupan keluarga miskin yang terdiri dari Bapak (Lukman Sadri), Ibu (Cut Mini), Tika (Raline Shah) sebagai anak pertama, Duta (Derby Romero) sebagai anak kedua, dan Dodi (Fatih Unru) sebagai anak terakhir. Akibat kemiskinan yang diderita keluarganya, Tika, Duta dan Dodi kerap kali mendapat permasalahan di kampus dan sekolah. Kehidupan keluarga tersebut berubah ketika Bapak meninggal dunia.

Bapak ternyata meninggalkan warisan harta yang cukup banyak kepada istri dan anaknya. Selama ini Bapak merahasiakan harta yang dimilikinya tersebut. Keluarga mereka pun langsung berubah menjadi 'Orang Kaya Baru' karena warisan peninggalan Bapak. Apa yang mereka inginkan dengan mudah dapat mereka beli. Meski sudah menjadi kaya, masalah justru datang menghampiri keluarga tersebut.

Baca Juga: 9 Film dan Series Angkat Cerita Kisah Persaudaraan Dua Perempuan

2. Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (doc. Visinema Pictures/Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini)

Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda) adalah kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertama dalam hidupnya, Awan berkenalan dengan Kale (Ardhito Pramono), seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru. Sejak berteman dengan Kale, Awan sering kali telat pulang ke rumah dan enggan mengangkat telepon ayahnya.

Perubahan sikap Awan membuatnya mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka. Rahasia yang telah dipendam ayah mereka (Donny Damara) selama hampir 21 tahun mulai terkuak.

3. Series Sajadah Panjang (2021)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!series Sajadah Panjang (doc. im-a-gin-e/Sajadah Panjang)

Keluarga Andhika (Donny Alamsyah) merupakan keluarga bahagia yang penuh cinta. Ia bekerja di kapal pesiar sebagai juru masak, istinya, Aida (Cut Mini) seorang perawat, yang dilengkapi dengan ketiga anak mereka, Arya (Arbani Yasiz), Adinda (Hasyakila Utami), dan Ariel (Rafi Sanjaya). Seluruh anggota keluarga sangat menghormati Andhika sebagai sosok bapak yang baik dan bersahaja.

Pada suatu hari, Andhika pulang ke rumah bersama Aisyah (Annisa Kaila), yang ternyata adalah anak Andhika dari istri keduanya yang baru saja meninggal dunia. Rasa marah, dikhianati, dan sedih bercampur jadi satu di dalam diri Aida dan anak-anaknya. Sosok bapak yang mereka kagumi dan sering menekankan kejujuran mendadak luntur. Seluruh keluarga pun harus belajar tentang penerimaan sambil menjalani hidup baru mereka bersama adik Aisyah.

4. Film Losmen Bu Broto (2021)

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!film Losmen Bu Broto (doc. Paragon Pictures/Losmen Bu Broto)

Pak Broto (Mathias Muchus) dan Bu Broto (Maudy Koesnaedi) dengan ketiga anaknya, Pur (Putri Marino), Sri (Maudy Ayunda), dan Tarjo (Baskara Mahendra) mengelola sebuah Losmen di Kota Yogyakarta. Losmen mereka dikenal mampu memberikan rasa kekeluargaan kepada para tamunya. Keseharian mereka yang tampak berjalan biasa-biasa saja ternyata menyembunyikan masalah dari masing-masing anak.

Mbak Pur selalu terbayang-bayang duka kematian calon suaminya dan Jeng Sri yang kurang disetujui atas hobinya dalam bernyanyi karena diberi tanggung jawab oleh sang ibu untuk mengurus Losmen. Sementara Tarjo sangat susah dalam menemukan motivasi untuk kuliahnya. Seluruh masalah ini kemudian meledak ketika terjadi sebuah skandal besar yang menguji ketenteraman keluarga tersebut.

5. Film Gara-Gara Warisan (2022)

5 Film dan Series Indonesia tentang Kisah Tiga Bersaudara, Menyentuh!film Gara-Gara Warisan (doc. Starvision Plus/Gara-Gara Warisan)

Gara-Gara Warisan mengisahkan tentang tiga bersaudara yang tidak pernah akur. Ketiganya terpaksa bersaing untuk mendapatkan sebuah guest house yang merupakan warisan dari ayah mereka, Dahlan (Yayu Unru). Adam (Oka Antara) si anak pertama selalu menyalahkan sikap keras Dahlan atas kegagalan yang dialaminya.

Sementara itu, ada juga sosok Laras (Indah Permatasari), anak tengah yang berjiwa idealis dan independen. Sedangkan si bungsu, Dicky (Ge Pamungkas) adalah anak kesayangan Dahlan yang sejak kecil selalu hidup dimanja dan menjadi pemuda yang bengal. Perseteruan dan dendam di masa lalu mulai terungkap secara perlahan-lahan, sebagai akibat dari kasus perebutan warisan tersebut.

Film dan series tentang hubungan kakak beradik kerap bikin nyaman bagi para penontonnya. Meski sering ribut dan saling cuek satu sama lain, sebagai keluarga mereka tetap peduli dan saling membantu bila salah satunya mengalami kesulitan. Tentunya, banyak pesan moral juga yang bisa diambil dari film dan series dengan tema persaudaraan pada rekomendasi film kali ini, ya!

Baca Juga: 30 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Ada Film Indonesia!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.