5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-mu

Destinasi yang cocok dikunjungi bareng keluarga

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-mu

Magelang, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, tidak hanya dikenal akan keindahan alamnya, tetapi juga warisan keagamaannya yang kaya. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya bangunan religi yang memesona. 

Bagi kamu yang sedang berada di Magelang dan tertarik untuk berwisata religi di sana, berikut lima destinasi wisata religi yang layak dikunjungi. Selengkapnya simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Masjid Al-Mahdi

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-muMasjid Al Mahdi (instagram.com/masjidpict)

Rekomendasi destinasi wisata religi yang dapat kalian kunjungi di Magelang adalah Masjid Al-Mahdi. Nama Al-Mahdi sendiri diambil dari nama seorang warga Tionghoa yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan tempat ibadah. 

Desain arsitekturnya yang unik, karena memasukkan unsur khas Tionghoa di dalamnya, sehingga membuat masjid ini beda dari yang lain. Meski baru diresmikan pada 2017, tetapi masjid ini sudah menarik perhatian banyak wisatawan, karena pesonanya. 

Lokasi: Jalan Delima Raya, Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

2. Candi Borobudur

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-muCandi Borobudur (dok. Kemenparekraf)

Mengunjungi destinasi wisata religi di Magelang tak lengkap rasanya bila belum mengunjungi Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia. 

Candi Borobudur memiliki desain arsitektur yang sangat kompleks dan terdiri dari sembilan tingkat dengan total 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief. Keindahan arsitekturnya itulah yang membuat Candi Borobudur menjadi wisata religi yang banyak dikunjungi.

Lokasi: Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

3. Makam Sunan Geseng

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-muMakam Sunan Geseng (google.com/Rockstoons78)

Rekomendasi destinasi wisata religi yang dapat kalian temukan di Magelang adalah Makam Sunan Geseng. Sunan Geseng sendiri adalah salah satu murid Sunan Kalijaga yang terkenal di Pulau Jawa. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Menurut sejarah, Sunan Geseng mengikuti sang guru pergi ke Demak untuk mendirikan Masjid Demak. Sunan Geseng juga mendirikan sebuah pesantren yang lokasinya berada tak jauh dari makam. 

Lokasi: Pasanggrahan, Tirto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Baca Juga: 21 Tempat Wisata Magelang 2023 yang Wajib Masuk Bucket List

4. Klenteng Liong Hok Bio

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-muKlenteng Liong Hok Bio (google.com/AMAR YUSUF)

Klenteng Liong Hok Bio merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha yang dapat kamu temukan di Magelang. Selain menjadi tempat ibadah, tempat ini juga ramai dikunjungi wisatawan, karena lokasinya yang berada tepat di pusat Kota Magelang. 

Tempat ibadah yang satu ini juga pernah menjadi tempat singgang para biksu yang melakukan tradisi Thudong. Thudong sendiri adalah sebuah tradisi berjalan kaki ribuan kilometer dari Thailand menuju Candi Borobudur. 

Lokasi: Jalan Alun-alun Utara Nomor 2, Kemirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

5. Masjid Agung Magelang

5 Destinasi Wisata Religi di Magelang yang Wajib Masuk Itinerary-muMasjid Agung Magelang (google.com/Agung Hidayat)

Jika kamu ingin menyaksikan secara langsung saksi bisu para sunan mengajarkan Islam di tanah Jawa, mungkin Masjid Agung Magelang adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. Masjid yang sudah berdiri sejak 1650 ini memiliki awal mulanya hanya berupa musala yang digunakan untuk manyiarkan agama Islam kepada masyarakat. 

Selain menjadi tempat ibadah, kamu juga dapat menikmati desain arsitektur yang indah dan unik di sini. Detail arsitekturnya sendiri mencerminkan gaya arsitektur Islam tradisional. 

Lokasi: Jalan Tantara Pelajar Nomor 2, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Destinasi wisata religi di Magelang tidak hanya menyajikan keindahan arsitektur dan seni, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Jika berlibur ke destinasi wisata alam sudah biasa, lima destinasi wisata religi di Magelang di atas bisa kalian jadikan referensi untuk dikunjungi. 

Penulis: Alvina Putri Rahmanita 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Jambi, Tempat Suci dan Bersejarah