3 Negara Ini Ngongkosin Anak Mudanya untuk Nonton Konser, Film dan Beli Buku, Indonesia Kapan?

Beberapa negara di Eropa memiliki program untuk mendekatkan pemudanya pada kebudayaan. Di Jerman misalnya, ada yang namanya KulturPass.

3 Negara Ini Ngongkosin Anak Mudanya untuk Nonton Konser, Film dan Beli Buku, Indonesia Kapan?
image

MOJOK.CO – Beberapa negara di Eropa memiliki program untuk mendekatkan pemudanya pada kebudayaan sekaligus menopang industrinya agar terus bergerak. Di Jerman misalnya, ada yang namanya KulturPass.

KulturPass merupakan hibah belanja kebudayaan sebesar €200 (Rp3,2 juta) untuk tiap warga Jerman yang berusia 18 tahun pada 2023. Dana ini bisa digunakan penerima hibah untuk menonton konser, film, teater, masuk museum, membeli buku, dan rilisan fisik.

Dalam peluncuran pertamanya pada 14 Juni 2023, pemerintah menganggarkan 100 juta euro untuk membiayai program KulturPass dengan target peserta mencapai 750.000 pemuda. Peserta hibah tidak hanya terbatas untuk warga asli melainkan juga mencakup seluruh warga yang sedang tinggal di Jerman.

“Ini adalah hadiah ulang tahun bagi para ‘dewasa-pemula’ dari kami,” kata Claudia Roth, Menteri Kebudayaan Jerman, tentang alasan di balik ketentuan 18 tahun.

Merangsang geliat industri kreatif di Jerman

Meski Claudia berkata demikian, alasan diberlakukannya program ini sebenarnya adalah untuk merangsang geliat industri kreatif di Jerman. Harapannya, sektor industri kreatif Jerman bisa bangkit pascapandemi.

Harapan ini diupayakan dengan memberi ketentuan bahwa penggunaan hibah hanya bagi produk lokal. Sistematikanya, pihak penyelenggara membuka pendaftaran bagi vendor dalam negeri untuk menjadi mitra program. Setelah terverifikasi, barulah produk dan jasa para vendor tersedia di aplikasi KulturPass.

Sebelum bisa menikmati €200, peserta mesti membuat akun terlebih dahulu di aplikasi. Setelah itu, hanya ada satu proses sebelum bujet sampai ke tangan, yakni memasukkan pengenal identitas. Lewat aplikasi tersebut, para peserta bisa membelanjakan dana hibahnya untuk berbagai produk seperti konser atau buku.

Bukan kebijakan baru, Italia dan Prancis lebih dulu melakukannya

Sejatinya, kebijakan ini telah terlebih dahulu diselenggarakan di negara Eropa lainnya. Italia sudah punya program serupa dengan nama 18app. Sejak 2016, mereka mengalokasikan €500 untuk anak 18 tahun. Hasilnya, menurut survei pada 2021, para remaja menghabiskan 80% alokasinya untuk buku.

18app mendapat pengikut pada 2021. Adalah Prancis yang kemudian mengikutinya dengan program Culture Pass dengan alokasi €300 per peserta. Umur target masih sama, 18 tahun, hanya berbeda pada ketentuan spesifiknya. Misal, produk Culture Pass termasuk langganan koran.

Yang unik dari Culture Pass adalah semua produk mesti ditebus secara langsung atau sekalian berformat digital. Hal ini dilakukan demi membudayakan anak muda untuk ke toko buku.

“Penerbit tidak bisa sendirian untuk membudayakannya, harus dibantu negara,” tulis Bruno Giancarli, seorang Masters of Publishing asal Italia.

Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri belum ada kebijakan subsidi kebudayaan seperti di atas. Namun, skema bantuan tunai yang punya syarat alokasi, atau disebut conditional cash transfer, sudah dilakukan. Contohnya adalah Kartu Prakerja.

Perbedaan skema pencairannya ada pada insentif. Selain biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta tiap akun juga berhak atas insentif mencari kerja sebesar Rp600 ribu. Belum lagi tambahan Rp100 ribu bila mengisi dua kali survei.

Nadhif (22) adalah salah satu pemanfaat Kartu Prakerja. Uang insentifnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Soal biaya pelatihan dia punya keluhan. “Nyaris semua pelatihan biayanya seragam, Rp1,5 juta sehingga pasti sisa Rp500 ribu. Saya pun begitu,” keluh fresh graduate asal Pertanian UGM ini.

Penulis: Ardhias Nauvaly
Editor: Iradat Ungkai

BACA JUGA 5 Perusahaan Grup Djarum yang Sahamnya Bisa Kalian Beli

Cek berita dan artikel lainnya di Google News

Terakhir diperbarui pada 1 Agustus 2023 oleh