Youtube Uji Coba Game Online usai Google Stadia Gagal

Youtube kabarnya sedang mencoba layanan game online bernama Playables.

Youtube Uji Coba Game Online usai Google Stadia Gagal
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Google disebut masih berambisi membuat game online sebagai sumber pendapatan baru lewat fitur baru di YouTube.

Dilansir Engadget, YouTube bahkan telah mengajak para karyawannya menguji produk baru mereka yang disebut Playables. Produk tersebut membuat pengguna dapat memainkan game online langsung di Youtube.

Berdasarkan jurnal internal perusahaan, pengguna bahkan tidak perlu pusing soal gawai yang mereka gunakan. Pasalnya, Playables dapat diakses lewat smartphone, laptop, atau komputer.

Nantinya, pengguna dapat memainkan Playables langsung lewat Youtube versi desktop di peramban atau pun aplikasi di Android dan iOS.

Rumor menyebut ada beberapa game yang sedang disiapkan. Namun, hanya ada Stack Bounce yang sejauh ini terang-terangan disebut.

Stack Bounce merupakan game arcade yang didukung iklan yang mengharuskan pemainnya menghancurkan lapisan batu bata dengan bola yang memantul.

Youtube sendiri sebetulnya telah mendapatkan pundi-pundi uang lewat live streaming games. Namun peluncuran Playables bakal membuat mereka mendapat pemasukan baru dari industri ini di tengah penurunan belanja iklan.

Playables sendiri disebut-sebut berbeda dari Google Stadia yang gagal total di pasaran sebelum ditutup. Hal itu karena Youtube sudah punya audiens dalam jumlah masif yang secara teratur mengunjungi situs tersebut.

Platform ini kemungkinan lebih mirip dengan produk game Netflix yang memberi pengguna berbayar akses ke game kasual di ponsel.

Dilansir Business Today, juru bicara Youtube mengakui upaya perusahaan untuk berekspansi ke sektor gaming. Youtube juga berkomitmen menjajaki peluang yang sejalan dengan visi strategis CEO Neal Mohan untuk melakukan diversifikasi pendapatan.

Mengutip dari Statista, Youtube memang masih menjadi media sosial terpopuler urutan kedua di bawah Facebook. Youtube memiliki jumlah pengguna 2,5 miliar di bawah Facebook dengan 2,95 miliar pengguna.

(lth)