Seram Banget! Ini 4 Film Horor Populer Indonesia Hasil Adaptasi Novel

Untuk kamu yang bingung mau nonton apa di akhir pekan, film horor Indonesia yang seru dan menegangkan ini wajib kamu tonton. Semuanya diadaptasi dari novel, lho!

Seram Banget! Ini 4 Film Horor Populer Indonesia Hasil Adaptasi Novel

Industri perfilman Indonesia telah banyak merilis film-film horor yang membuat kita bergidik dan sulit untuk tidur. Film-film yang dirilis tersebut selalu mendapat antusiasme yang tinggi dari penonton. Bahkan, tak jarang juga film horor Indonesia diadaptasi dari novel-novel atau kisah asli seseorang.

Berikut beberapa series horor terbaik Indonesia yang diadaptasi dari novel yang wajib kamu tonton di akhir pekan.

KKN di Desa Penari (hotstar.com)
KKN di Desa Penari (hotstar.com)

Cerita KKN di Desa Penari awalnya disebarkan melalui platform Twitter (kini menjadi X) pada sebuah akun horor bernama SimpleMan (@SimpleM81378523). Dengan viralnya cerita tersebut, penulis pun merilis novel dengan judul yang sama pada tahun 2019.

Kisah KKN di Desa Penari dimulai saat sekelompok mahasiswa sedang melakukan KKN di sebuah desa yang disebut Desa Penari.

Dua dari enam anggota KKN yaitu Ayu dan Bima melakukan hal yang terlarang dan mereka pun harus berurusan dengan penunggu di sana yaitu Badarawuhi. Anggota KKN yang lain pun mulai menghadapi teror yang tak henti dari desa tersebut.

Film KKN di Desa Penari disutradarai oleh Awi Suryadi ini dirilis pada April 2022 dan mendapat antusiasme yang cukup tinggi. Film ini juga diperankan oleh artis-artis kondang seperti Tissa Biani, Adinda Thomas, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, dan lain-lain.

2. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Keluarga Tak Kasat Mata (falcon.co.id)
Keluarga Tak Kasat Mata (falcon.co.id)

Film yang dirilis pada November 2017 ini diangkat dari pengalaman mistis Bonaventura Genta yang ia tulis sebanyak 13 bagian di forum Kaskus.

Film ini disutradarai oleh Hady Suryawa dengan menampilkan beberapa artis terkenal seperti Deva Mahendra, Miller Khan, Kemal Palevi, Ganindra Bimo, dan lainnya.

Kisah Keluarga Tak Kasat Mata dialami sendiri oleh Bonaventura Genta saat ia bekerja di sebuah perusahaan di Yogyakarta. Setelah pindah ke bangunan kantor yang baru, kejadian mistis mulai dialami Genta dan rekan-rekannya.

Ia pun meminta bantuan seorang indigo. Ternyata ada rahasia di rumah tersebut, peristiwa tragis menimpa satu keluarga penghuni di sana. Bagaimana kelanjutannya? Langsung tonton film ini, dijamin bikin bergidik ngeri.

Sewu Dino (mdentertainment.com)
Sewu Dino (mdentertainment.com)

Sewu Dino pertama kali viral melalui aplikasi Twitter (kini menjadi X) pada akun milik SimpleMan (@SimpleM81378523). Setelah kesuksesannya dengan kisah KKN di Desa Penari, penulis horor SimpleMan mengeluarkan kisah lainnya menjadi sebuah novel berjudul Sewu Dino.

Novel ini berkisah tentang 3 orang perempuan bernama Sri, Erna, dan Dini yang diminta bekerja untuk Keluarga Atmojo.

Keluarga tersebut ternyata membuat Sri, Erna, dan Dini terjebak dalam perjalanan mistis. Mereka diminta untuk merawat salah satu keluarga Atmojo bernama Della yang terkena kutukan Sewu Dino. Mereka harus merawat hingga hari ke-1000 karena apabila melanggar, mereka akan terancam kematian.

Film Sewu Dino pertama kali dirilis pada April 2023 yang disutradarai oleh Kimo Stamboel. Film ini diperankan oleh artis-artis terkenal seperti Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi, Agla Artalidia, Pritt Timothy, Karina Suwandi, Maryam Supraba, dan masih banyak lainnya.

Danur 2: Maddah (mdentertainment.com)
Danur 2: Maddah (mdentertainment.com)

Serial Danur ditulis oleh Risa Saraswati dengan judul Gerbang Dialog Danur berdasarkan pengalamannya sebagai seorang gadis indigo.

Serial Danur yang diproduksi oleh MD Pictures ini telah memiliki 3 seri film yaitu Danur: I Can See Ghosts yang rilis pada tahun 2018, Danur 2: Maddah yang rilis pada tahun 2018, dan Danur 3: Sunyaruri yang rilis pada tahun 2019.

Danur Universe termasuk salah satu kisah horror terbesar dan tesukses di Indonesia. Ketiga film tersebut mengisahkan tentang lima anak kecil yang merupakan hantu Belanda bernama Peter, Hendrick, William, Hans, dan Jansen.

Kelima hantu tersebut merupakan ‘teman dekat’ Risa. Namun, sebuah kejadian membuat Risa harus memutuskan hubungan dengan mereka. Risa berpikir tidak bisa hidup terus-menerus dengan mereka. 

Itulah beberapa film horor yang diadaptasi dari novel-novel. Film ini cocok kamu tonton di akhir pekan. Selamat menonton!

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS