Sedang Disiapkan, Pengguna Bakal Bisa Mainkan Game Langsung dari YouTube

Ada laporan bahwa raksasa mesin pencarian tersebut sedang mengerjakan sesuatu yang baru dan inovatif yang disebut Playables.

Sedang Disiapkan, Pengguna Bakal Bisa Mainkan Game Langsung dari YouTube
image
JawaPos.com - Google baru-baru ini mengumumkan telah menghentikan layanan cloud gaming-nya, Stadia. Namun, ada laporan bahwa raksasa mesin pencarian tersebut sedang mengerjakan sesuatu yang baru dan inovatif yang disebut Playables.
Inisiatif baru ini akan memungkinkan pengguna untuk bermain game online langsung di platform YouTube. Video yang dapat diputar dimainkan akan tersedia di YouTube versi web dan di aplikasi seluler untuk Android dan iOS.
Integrasi game online dengan platform YouTube merupakan ide inovatif yang berpotensi merevolusi industri game. Dengan mengizinkan pengguna untuk bermain game langsung di platform, YouTube menciptakan cara baru bagi para gamer untuk terhubung dan terlibat satu sama lain.
Saat ini, Playables sedang menjalani pengujian internal, dan karyawan Google telah diundang untuk berpartisipasi. Sejauh ini, hanya satu game yang tersedia, yakni Stack Bounce. Ini adalah game arcade yang tujuannya adalah memecahkan balok horizontal dengan bola yang memantul sambil bergerak vertikal ke bawah.
Proyek Playables dilaporkan merupakan bagian dari upaya CEO YouTube Neil Mohan untuk menemukan area pertumbuhan baru. Karena belanja iklan di platform telah menurun. Dengan Playables, YouTube berharap dapat menarik lebih banyak pengguna dan membuat mereka tetap berinteraksi untuk jangka waktu yang lebih lama.
Perpindahan ke game ini bukanlah kejutan. Google telah mencoba memasuki pasar game selama beberapa waktu, dengan kesuksesan yang beragam. Stadia diluncurkan pada 2019 dengan banyak kemeriahan, tetapi gagal mendapatkan daya tarik dan diganggu dengan masalah teknis. 
Keputusan Google untuk menutup studio pengembangan game internal Stadia awal tahun ini dipandang sebagai tanda bahwa perusahaan tersebut menyerah sama sekali di pasar game.
Namun, dengan Playables, Google tampaknya mengambil pendekatan yang berbeda. Alih-alih mencoba bersaing dengan platform game mapan seperti Xbox dan PlayStation, Google memanfaatkan popularitas YouTube untuk menciptakan pengalaman bermain game baru bagi pengguna.
Potensi Playables sangat besar. YouTube sudah menjadi platform berbagi video terbesar di dunia, dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan. Dengan mengintegrasikan game ke dalam platform, YouTube dapat menjadi toko serba ada untuk hiburan.
Menarik lebih banyak pengguna dan mempertahankan keterlibatan mereka untuk jangka waktu yang lebih lama juga dimungkinkan dengan perilisan fitur baru ini. Meski demikian, masih harus dilihat seberapa sukses Playables nantinya. 
Tapi ini tentu saja merupakan perkembangan yang menarik baik bagi para gamer maupun pengguna YouTube. Jika Playables lepas landas, itu bisa mengubah industri game selamanya. Dan mengokohkan posisi YouTube sebagai platform hiburan terkemuka di dunia.