[Rumor] Android 14 Find My Device Bisa Melacak HP yang Dimatikan

Fitur Android 14 Find My Device tampaknya akan bisa melacak smartphone dalam kondisi mati sekalipun menurut rumor terbaru

[Rumor] Android 14 Find My Device Bisa Melacak HP yang Dimatikan

Salah satu fitur unggulan produk Apple yaitu iPhone tampaknya akan segera dimiliki oleh pengguna Android. Fitur yang dimaksud adalah kemampuan untuk melacak smartphone meskipun sedang tidak menyala atau dalam kondisi mati. Fitur ini sudah terlebih dahulu hadir di iPhone sejak 2021 lalu.

Google sebelum memang sudah menambahkan fitur “Find My Devices” sejak beberapa tahun lalu dan mengenalkan fitur untuk melacak smartphone Android tanpa memerlukan koneksi internet. Namun sepertinya Google akan mengikuti jejak Apple dan sedang menyiapkan fitur baru yang bisa melacak smartphone meskipun dalam kondisi mati.

Android 14 Find My Device Bisa Lacak Smartphone Meski dalam Kondisi Mati

android 14 find my device
Google akan ikuti jejak Apple dengan fitur lacak HP ketika mati

Rumor ini datang dari Kuba Wojciechowski via 91mobiles yang mengatakan Google sedang menyiapkan fitur Find My Device yang lebih canggih lagi dan mereka beri nama Pixel Power-off Finder setidaknya untuk smartphone yang dirilis oleh Google.

apple find my
Ekosistem Find My milik Apple

Menurut Kuba, Google juga akan mengikuti jejak langkah Apple dan merilis jaringan besar menggunakan smartphone Android. Termasuk diantaranya adalah menggunakan perangkat pelacak seperti Apple AirTags. Kabarnya Google juga akan merilis produk mereka sendiri yang masih punya code name ‘grogu’ dan beberapa produk lainnya.

Fitur Google Find My Device Ini Belum Dipastikan Hadir Pada Semua Perangkat

android 14 find my device
Fitur Find My Device baru di Android 14

Rumornya pula Google juga sudah menyediakan source code Android 14 lebih cepat kepada para pengembang OEM yang mengikuti program EAP atau Early Access Program. Jadi kemungkinan besar fitur ini tidak akan hanya eksklusif di produk Google Pixel saja namun akan tersedia di seluruh perangkat yang menggunakan Android 14 kedepannya.

airtags
Google juga akan buat saingan Airtags menurut rumor terbaru

Fitur pelacakan ini akan mirip-mirip dengan implementasinya pada perangkat iDevices. Fitur ini membutuhkan sinyal dari Bluetooth yang berarti chip tersebut harus selalu nyala meskipun perangkat dalam kondisi mati sekalipun. Meskipun begitu, belum bisa dipastikan apakah perlu hardware khusus atau hanya perlu optimalisasi dari sisi software saja untuk menggunakan fitur pelacakan ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]