Puasa Ramadhan 2023 Makin Lancar, Ini 7 Aplikasi yang Wajib Ada di HP Android Kamu

Puasa Ramadhan adalah salah satu momen yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari segala yang berbau duniawi temasuk makan minum, sampai terbenamnya matahari. Untuk memaksimalkan potensi mendapatkan pahala di bulan yang suci, kita juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mudahkan kita dalam menjalankan […]

Puasa Ramadhan 2023 Makin Lancar, Ini 7 Aplikasi yang Wajib Ada di HP Android Kamu

Puasa Ramadhan adalah salah satu momen yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari segala yang berbau duniawi temasuk makan minum, sampai terbenamnya matahari.

Untuk memaksimalkan potensi mendapatkan pahala di bulan yang suci, kita juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mudahkan kita dalam menjalankan ibadah. Di antaranya adalah aplikasi jadwal puasa, atau aplikasi Al-Quran, yang tentunya bolehkan kita memaksimalkan momen di bulan suci.

Jadi, biar puasa Ramadhan-mu makin lancar, inilah deretan aplikasi yang bisa jadi temanmu selama bulan ini.

Daftar isi

Pahala Maksimal Selama Puasa Ramadan dengan Bantuan Aplikasi Islami Kekinian

Fokus umat muslim selama bulan suci ialah untuk mendapatkan pahala semaksimal mungkin. Beruntung, di bawah ini ada beberapa aplikasi kekinian untuk mudahkanmu dalam menjalankan ibadah di bulan suci.

1. Aplikasi Alquran dan Terjemahannya

Aplikasi Alquran

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya di sini, aplikasi Alquran dan terjemahannya adalah satu dari sekian aplikasi yang bolehkan kita untuk membaca Al-Quran lengkap dengan terjemahannya kapan pun dan dimanapun.

Selain praktis, aplikasi ini biasanya telah dilengkapi bermacam kelebihan dan tak jarang disertai audio dan tajwid yang bolehkanmu belajar terkait pelafalan ayat suci yang baik dan benar.

Di antara aplikasi yang bisa kalian coba adalah QuranBest, AlQuran 30 Juz tanpa internet, MyQuran, Quran Belajar Indonesia, dan masih banyak lainnya yang bisa kalian cari di playstore.

2. Aplikasi Jadwal Puasa yang Lengkap

Selebaran Imsakiyah Bulan Ramadhan

Salah satu aplikasi yang tak boleh kita lupakan adalah aplikasi jadwal puasa yang lengkap beserta waktu untuk beribadah secara mendetil. Mulai dari jadwal imsak, waktu sholat, sampai navigasi atau arah kiblat yang tentunya membantu umat muslim dalam beribadah.

Jadi, dengan adanya aplikasi ini, kalian tidak usah rebutan kertas jadwal imsakiyah yang biasanya didistribusikan secara terbatas di lingkungan kalian. Walau demikian, tidak ada salahnya untuk mencocokkan jadwal yang ada dengan jadwal yang tertera di aplikasi supaya tidak ada misinformasi.

Contoh aplikasi yang bisa kalian coba di antaranya adalah Sahabat Puasa, Fasting Calendar, Yuk Puasa, SalatKu, dan masih banyak lainnya.

3. Aplikasi Kesehatan

Bermacam Aplikasi Kesehatan

Selain dua aplikasi di atas, aplikasi lainnya yang tak kalah penting adalah aplikasi kesehatan. Jadi, selama melakukan ibadah suci di bulan Ramadhan, terkadang kita membutuhkan aplikasi untuk mengedukasi kita bagaimana caranya puasa dengan cara yang sehat dan aman.

Informasi yang disuguhkan biasanya mendetil, mulai dari kandungan nutrisi, kalori, sampai makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari selama bulan suci Ramadhan.

Beberapa contoh aplikasi kesehatan untuk temanimu selama bulan Ramadhan sebenarnya tidak jauh dari aplikasi kesehatan pada umumnya, di antaranya Ramadhan Health Guide, MyFitnessPal, Muslim Pro, Sehaty, dan bermacam aplikasi lain.

4. Aplikasi Zikir

Zikir Dengan Bantuan Aplikasi

Selain tentunya disertai niat puasa Ramadhan, kita bisa kombinasikannya dengan aplikasi zikir yang berisi kumpulan dzikir dan doa-doa yang dapat dimanfaatkan oleh umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

Ketimbang harus tidur atau gabut seharian, terlebih bila kalian work from home, kami menyarakan kalian untuk memanfaatkan aplikasi ini guna menambah keseruan di bulan suci.

Ada bermacam aplikasi zikir yang bisa kalian gunakan, di antaranya Dzikir dan Doa Lengkap, Tasbih Digital Offline, Dzikir Pagi Petang, Dzikra, dan bermacam aplikasi lainnya yang tentunya khusus untuk Android.

5. Aplikasi untuk Belanja Makanan Secara Online

Memanfaatkan Aplikasi Makanan

Di bulan suci Ramadhan, terlebih bila cuaca tak menentu, terkadang ada kalanya kita mager dan membutuhkan bantuan aplikasi untuk belanja secara online. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk belanja secara online melalui smartphone berbasis Android.

Walau tentu saja tidak sefleksibel saat kita membelinya secara langsung, tapi aplikasi belanja makanan secara online tentu akan memudahkan ketimbang harus bercapek-capek ke lokasi.

Mulai dari GoFood, GrabFood, AlfaGift, KlikIndomaret, dan bermacam aplikasi lainnya untuk memastikan suplai selama bulan suci tetap terkendali tanpa harus antri.

6. Aplikasi Podcast Islami

Aplikasi Podcast Islami

Selama bulan puasa Ramadhan 2023, alangkah baiknya bila kita mengurangi intensitas untuk mendengarkan sesuatu yang biasa kita dengarkan (musik bergenre Rock misalkan), dengan sesuatu yang bisa menambah pahala, semacam podcast islami.

Tentu saja semua topiknya akan bernuansa islami, mulai dari tafsir Al-Quran, hadis, sampai kajian-kajian lainnya yang pastinya akan cocok untuk temani selama bulan suci Ramadhan.

Salah satu contoh aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Muslim Central. Berbicara soal isi, aplikasi ini menyediakan ribuan konten podcast dari pembicara terkenal di dunia Islam.

7. Aplikasi Streaming Khutbah

Aplikasi Streaming Khutbah

Aplikasi berikutnya yang harus kita miliki adalah aplikasi streaming khutbah yang memungkinkan kita untuk mengakses bermacam rekaman atau siaran langsung khutbah yang disampaikan oleh ustad kondang.

Alternatif selain dari YouTube tentunya adalah dengan mengunduh dan mencoba aplikasi semacam Ceramah Islam, Muslim Pro, Tausiah Islam, dan aplikasi lainnya yang bisa kalian temukan di playstore.

Bonus: Isilah Puasa Ramadan 2023 dengan Sesuatu yang Bermanfaat

Fokus Ke Ibadah Selama Bulan Suci

Jadi, selain berbekal niat puasa Ramadhan, senantiasa isilah puasamu dengan sesuatu yang bermanfaat, dan hindarilah semua yang dilarang. Dengan memanfaatkan bermacam aplikasi di atas, tentunya kalian bisa meningkatkan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Tidaklah sedikit orang yang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan di bulan suci ini dikarenakan multiplier pahalanya yang begitu besar. Jadi, tidak ada salahnya untuk kembali ke jalan yang benar, dengan berbagi dengan sesama misalkan.

Saran dari kami adalah meminimalisir aktivitas yang kurang bermanfaat semacam memainkan game berbau kompetitif. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali celah untuk menambah dosa, mulai dari berkata kasar, atau mengumpat dalam bentuk tulisan yang bisa saja mengundang amarah pemain lain.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]