Menang Dramatis, Brasil Libas Kosta Rika 2-0

BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas Brasil akhir sukses mendulang kemenangan pertama mereka di laga kedua babak penyisihan kedua Grup D Piala Dunia Rusia 2018 saat melawan Timnas Kosta Rika di Saint Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Kemenangan dengan skor 2-0 ini membuka peluang mereka untuk mengamankan satu tiket ke babak fase gugur.

Menang Dramatis, Brasil Libas Kosta Rika 2-0

BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas Brasil akhir sukses mendulang kemenangan pertama mereka di laga kedua babak penyisihan kedua Grup D Piala Dunia Rusia 2018 saat melawan Timnas Kosta Rika di Saint Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Kemenangan dengan skor 2-0 ini membuka peluang mereka untuk mengamankan satu tiket ke babak fase gugur.

Setelah bertubi-tubi melancarkan serangan dan sejumlah penyelamatan apik dari kiper Kosta Rika Keylor Navas, tim asal Amerika Latin itu akhirnya bisa memecahkan kebuntuan di pengujung laga. Dua gol Brasil di pertandingan ini dicetak Philippe Coutinho dan Neymar di masa injury time babak kedua.

Kosta Rika nyaris membuka skor ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-13. Cristian Gamboa melakukan pergerakan di sisi kanan dan melepaskan umpan tarik untuk membuka pertahanan Brasil, namun sepakan Celso Borges hanya menyamping ke sisi gawang Alisson.

Jesus sempat mencetak gol pada menit ke-27, namun dianulir karena sang striker sudah berada dalam posisi off-side . Berawal dari pergerakan Neymar di sisi kiri, bola diberikan kepada Marcelo, yang bermaksud melepaskan tembakan ke arah gawang dan bisa diteruskan Jesus dengan sebuah sepakan ke dalam gawang, namun gol itu tidak disahkan.

Brasil kemudian membombardir pertahanan Kosta Rika dengan menciptakan sejumlah peluang. Pada menit ke-28, Neymar mendapat passing yang cantik dari Coutinho dan nyaris mencetak gol ketika tinggal berhadap-hadapan dengan Navas di dalam kotak penalti, namun sontekannya mampu dibendung dengan kaki sang kiper. Dua menit berselang, Marcelo kembali mengancam pertahanan dengan sebuah tembakan dari jarak 20 yard, namun hanya menyamping. Beberapa saat kemudian, Coutinho berusaha mengulangi tendangannya ke gawang Swiss, namun ia gagal menaklukkan Navas.

Usai turun minum, tepatnya pada menit ke-48, sebuah kemelut terjadi di mulut gawang. Umpan crossing nyris bisa dimanfaatkan Neymar, namun Navas lebih dahulu sigap dengan mengamankan bola meski harus berbenturan dengan sang striker. Brasil mendapat peluang emas beruntun. Dua menit kemudian, Jesus nyaris mencetak gol andai tandukannya tidak menerpa mistar gawang. Bola rebound mengarah kepada Coutinho yang berdiri bebas, namun bisa dihalau Navas.

Brasil terus mengepung pertahanan Kosta Rika. Memasuki menit ke-56, Neymar nyaris memecahkan kebuntuan andai sundulan kepalanya tidak mengarah tipis ke atas gawang. Dua menit berselang, Navas kembali melakukan penyelamatan ketika Coutinho melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan bola bisa ditangkap sang kiper.

Peluang emas kembali didapatkan Neymar pada menit ke-72. Kesalahan Giancarlo Gonzalez membuat striker Paris Saint-Germain itu bisa membawa bola ke arah gawang, namun sepakannya dalam situasi satu lawan satu dengan Navas justru hanya melebar ke sisi gawang. Sebuah kejadian menarik berlangsung pada menit ke-76. Neymar terjatuh di dalam kotak penalti Kosta Rika setelah mendapat sentuhan dari Gonzalez. Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, namun setelah mendapat bantuan dari VAR, ia merivisi keputusannya dan Brasil gagal mendapat hadiah penalti. Memasuki menit ke-87, Casemiro mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun bola bisa ditangkap Navas.

Gol yang ditunggu-tunggu Brasil akhirnya datang pada menit ke-91. Berawal dari kiriman umpan yang brilian Roberto Firmino, sentuhan bola Jesus kemudian dituntaskan dengan sepakan Coutinho di depan gawang. Neymar menambah keunggulan untuk Brasil pada menit ke-97 dengan sontekan manis usai meneruskan umpan crossing dari Douglas Costa.

Berkat kemenangan yang diraih secara dramatis ini, Brasil kini mengumpulkan empat poin, hasil dari satu kemenangan dan satu imbang. Penentuan kelolosan mereka masih menunggu pertandingan antara Serbia dan Swiss.

Jika Swiss menelan kekalahan di tangan Serbia, dipastikan yang akan lolos ke babak 16 besar adalah Serbia dan Brasil. Namun, jika Swiss menang atau imbang, masih ada tiga tim yang berpeluang lolos, termasuk Brasil. Di pertandingan pamungkas Grup E, Brasil akan menghadapi Serbia, sedangkan Kosta Rika berjumpa dengan Swiss.