Kalahkan TikTok, Google Jadi Layanan Internet Terpopuler 2022 Versi Cloudflare

Google menjadi layanan internet yang paling populer di 2022 mengalahkan TikTok, menurut catatan Cloudflare

Kalahkan TikTok, Google Jadi Layanan Internet Terpopuler 2022 Versi Cloudflare

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan layanan Content Delivery Network dan keamanan internet Cloudflare mengumumkan bahwa Google menjadi layanan daring yang paling populer di tahun 2022, mengalahkan TikTok.

Dalam Year in Review yang dirilis Cloudflare beberapa waktu lalu, dikutip dari laman resmi Minggu (1/1/2023), raksasa pencarian itu sebelumnya disalip TikTok pada tahun 2021.

Namun, Google kembali merebut takhtanya sebagai layanan online terpopuler di 2022, diikuti secara berturut-turut: Facebook, Apple dan TikTok, serta YouTube.

Menurut data Cloudflare, Facebook juga menjadi layanan media sosial terpopuler di 2022 diikuti oleh TikTok di posisi dua, Instagram di tempat ke tiga, dan Twitter di posisi empat.

Dalam laporan yang sama, lalu lintas atau traffic internet di seluruh dunia melonjak pada akhir November 2022, ketika Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar FIFA berlangsung.

Momen lainnya yang tercatat adalah para konsumen di musim liburan selama Black Friday, menjadikannya sebagai hari tersibuk secara online pada tahun 2022.

Lebih lanjut, Cloudflare mengungkapkan, Iran mematikan internet lebih banyak daripada negara lain, dengan 60 pemadaman internet yang mereka catat tahun ini, terhitung sepertiga dari semua pemadaman internet yang dianalisa.

Menurut Cloudflare, data-data tersebut berasal dari Cloudflare Radar, alat gratis yang memungkinkan siapa saja melihat tren dan wawasan global di internet.

Perusahaan Amerika Serikat itu menjelaskan, Radar didukung oleh data dari jaringan global Cloudflare, dan data agregat serta anonim dari DNS Resolver publik Cloudflare 1.1.1.1, yang banyak digunakan sebagai cara cepat dan privat untuk menjelajah internet.

2 dari 4 halaman

10 Layanan Internet Terpopuler pada 2022

"Dunia terus bergantung pada Internet, dan kami dengan rendah hati melakukan bagian kami untuk menjaga dunia tetap terhubung melewati protes, konflik, dan bencana alam di 2022," kata Matthew Prince, co-founder dan CEO Cloudflare.

"Merupakan hak istimewa untuk membantu membangun yang lebih baik, lebih transparan, dan Internet yang lebih terinformasi," imbuhnya.

Berikut ini 10 layanan internet yang paling populer pada tahun 2022 menurut Cloudflare:

  1. Google
  2. Facebook
  3. Apple, TikTok (setara)
  4. YouTube
  5. Microsoft
  6. Amazon Web Services
  7. Instagram
  8. Amazon
  9. iCloud, Netflix, Twitter, Yahoo (setara)

Mengutip penjelasan di blog resminya, Cloudflare menyebutkan bahwa tahun lalu, TikTok berada di peringkat teratas. Namun, hasil yang dilihat di dua tahun ini tidaklah sebanding.

"Sebagai bagian dari peluncuran Radar 2.0, kami memperkenalkan peningkatan pada algoritma peringkat domain kami, dan peringkat tahun ini didasarkan pada algoritma baru tersebut," tulis Cloudflare.

Selain itu, tahun ini mereka telah mengelompokkan domain yang semuanya dimiliki oleh satu layanan internet.

Sebagai contoh, Google mengoperasikan di antaranya google.com, google.pt, dan mail.google.com, sehingga mereka menggabungkan popularitas setiap domain di bawah satu layanan Internet "Google" untuk memudahkan.

Namun, meski Meta mengoperasikan Facebook dan Instagram, menurut Cloudflare, konsumen biasanya menganggap merek-merek ini berbeda. Sehingga, perusahaan mengelompokkan domain yang terkait layanan ini secara terpisah.

3 dari 4 halaman

Google Play Rilis Aplikasi Terbaik Indonesia 2022

Sebelumnya, Google baru saja merilis daftar aplikasi dan game terbaik yang ada di Google Play untuk 2022. Seperti biasa, daftar ini merupakan bentuk penghargaan Google untuk aplikasi dan game terbaik di Google Play.

"Google Play memungkinkan developer besar maupun kecil dari seluruh Indonesia untuk berkembang di platform," tutur Director Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia Kunal Soni dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (2/12/2022).

"Kami melihat sudah ada banyak developer Indonesia sukses di pasar global sangat kompetitif," imbuhnya.

Untuk di tahun ini, Google juga menghadirkan sejumlah kategori baru, seperti game dengan cerita terbaik dan game terbaik yang terus di-update (seperti game live service). Lalu, ada penghargaan kategori baru, yakni Game Buatan Indonesia Terbaik.

Menurut Google, kategori penghargaan ini adalah salah satu sejumlah penghargaan di industri game khusus menyorot game buatan Indonesia. Daftar game dan aplikasi pemenang penghargaan 2022 ini juga mencerminkan hal-hal paling penting bagi orang-orang saat ini.

4 dari 4 halaman

Deretan Game dan Aplikasi Terbaik Google Play

Untuk mengetahui deretan game dan aplikasi terbaik di Google Play sepanjang tahun ini, berikut adalah daftar lengkapnya :

Daftar Aplikasi 2022

  • Aplikasi Terbaik - KitaLulus: Loker Pejuang Kerja
  • Aplikasi Dampak Positif Terbaik - Bicarakan.id - Konseling Psikologi & Mental Health
  • Aplikasi Harian Terbaik - Virgo
  • Aplikasi Hiburan Terbaik - Kakao Webtoon
  • Aplikasi Unik Terbaik - Debaede
  • Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik - FluenDay - Learn English Enpal
  • Terbaik untuk Wear OS - Todoist: to-do list & planner
  • Terbaik untuk Tablet - Pocket: Save. Read. Grow.
  • Aplikasi Pilihan Pengguna - Kakao Webtoon

Daftar Game 2022

  • Game Terbaik - Apex Legends Mobile
  • Game Multiplayer Terbaik - Dislyte
  • Game Kasual Terbaik - Angry Birds Journey
  • Game Terbaik yang Terus Diupdate - Genshin Impact
  • Game Terbaik untuk Tablet - Angry Birds Journey
  • Game Indie Terbaik - One Hand Clapping
  • Game dengan Cerita Terbaik - Diablo Immortal
  • Game Buatan Indonesia Terbaik - Grammarian Ltd - Grammar Game

Sebagai informasi, Android dan Google Paly selalu berkomitmen memberi kesempatan pada developer maupun pengguna untuk membuat sekaligus menggunakan aplikasi menarik dan berkualtias di mana pun mereka berada.

(Dio/Isk)