Itinerary Wisata Alam 2 Hari 1 Malam di Sekitar Bandung, Budget Cuma 300 Ribuan

Daripada ke tempat itu-itu mulu, cobain deh eksplor wisata alam di Bandung Simak rekomendasi itinerary dan estimasi budget-nya berikut ini, Superfriends.

Itinerary Wisata Alam 2 Hari 1 Malam di Sekitar Bandung, Budget Cuma 300 Ribuan

Bandung sering jadi tujuan healing bagi warga Jakarta. Jaraknya yang nggak terlalu jauh bikin ibu kota Jawa Barat ini mudah diakses via tol. Kalau bosen naik mobil, lo bisa cobain naik kereta cepat Whoosh yang siap bawa lo ke Bandung dengan durasi 45 menit aja, Bro!

 

Daripada cuma ke Braga, Asia Afrika, atau kawasan urban lainnya, cobain deh lo eksplor wisata alam di sekitar Bandung. Ada banyak destinasi wisata yang bisa lo kunjungi, mulai dari Kawah Putih Ciwidey sampai Tangkuban Perahu. Kalau lo berangkat dari Jakarta, disaranin buat naik kendaraan pribadi aja, seperti mobil atau motor, biar lebih mudah mobilisasinya. Lo juga bisa berangkat dari pagi buat menghindari macet.

 

Simak nih rekomendasi itinerary wisata alam 2 hari 1 malam di sekitar Bandung serta estimasi budget-nya berikut ini, Superfriends.

 

Itinerary Hari Pertama: Eksplor Bandung Selatan

Perkebunan Teh Rancabali
Image: Wikipedia

Berangkat pagi buta dari Jakarta, lo bisa langsung naik tol menuju Bandung Selatan, tepatnya di kawasan Ciwidey. Di sana, ada banyak destinasi wisata alam yang bisa lo eksplor. Tiga pilihan terbaik yang patut lo kunjungi yaitu Perkebunan Teh Rancabali, Kawah Putih, dan Danau Situ Patenggang.

 

Di Perkebunan Teh Rancabali, lo bisa puas menghirup udara segar di tengah hamparan kebun teh seluas 3.549 hektare. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 1.628 mdpl dan udah ada sejak tahun 1870, lho. Di sini, lo bisa tea walk atau jalan-jalan di tengah kebun teh, mengunjungi pabrik teh, dan menyicipi teh khas Rancabali. Kalau lo datang pas masih pagi, lo juga bisa sekalian sarapan di rumah makan yang ada di tempat wisata tersebut.

 

Setelah puas tea walk di Perkebunan Teh Rancabali, saatnya lo lanjutkan perjalanan menuju Kawah Putih Ciwidey. Dari tempat gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, lo bisa naik ontang-anting, yaitu kendaraan yang mirip kereta mini, buat menuju ke area kawahnya. Sesampainya di lokasi, lo bakal disambut sama kawah yang warnanya putih kehijauan. Ada juga dermaga kayu menuju tengah danau dan hutan mati yang cocok banget jadi spot foto. Lumayan nih buat jadi stok konten di Instagram.

 

Sore harinya, paling enak bersantai di tepi danau Situ Patenggang. Destinasi wisata ini berada kaki Gunung Patuha, tepatnya di ketinggian 1.628. Oh iya, lo juga bisa sekalian bermalam di sekitar lokasi tersebut, Superfriends. Ada homestay, villa, sampai glamping yang bisa lo pilih sebagai tempat istirahat. Harganya mulai ratusan ribu sampai jutaan per malamnya. Lo bisa sesuaiin sama budget dan kebutuhan lo.

 

Itinerary Hari Kedua: Eksplor Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Image: hartono subagio/Pixabay

Setelah semalaman istirahat di penginapan, saatnya lo kembali ke Jakarta. Namun, lo bisa mampir dulu ke Tangkuban Perahu sebagai destinasi penutup dari liburan singkat ini. Destinasi wisata yang berada di Lembang, Bandung Barat ini merupakan gunung dengan ketinggian 2.084 mdpl. Ada tiga kawah utama yang pemandangannya keren banget, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

 

Selain menikmati pemandangan kawah yang eksotis, ada berbagai aktivitas lain yang bisa lo cobain di Gunung Tangkuban Perahu, seperti melihat flora dan fauna endemik, main outbond, mampir ke Orchid Garden dan Taman Cinta, serta belanja oleh-oleh dan souvenir khas Tangkuban Perahu.

 

Estimasi Budget Wisata Alam di Sekitar Bandung 2 Hari 1 Malam

Kawah Putih Ciwidey
Image: Wikipedia

Tol Jakarta – Bandung PP: Rp150 ribu

Perkebunan Teh Rancabali: gratis

Pabrik Teh Rancabali: Rp5 ribu

Situ Patenggang: Rp25 ribu

Tiket Kawah Putih Ciwidey: Rp30 ribu

Parkir mobil Kawah Putih Ciwidey: Rp15 ribu

Naik ontang-anting di Kawah Putih Ciwidey: Rp29 ribu

Tiket Gunung Tangkuban Perahu: Rp30 ribu

Tiket masuk mobil Gunung Tangkuban Perahu: Rp30 ribu / mobil

Parkir mobil Gunung Tangkuban Perahu: Rp5 ribu

Total: Rp319 ribu

 

Itu tadi estimasi budget wisata alam di sekitar Bandung selama 2 hari 1 malam. Sebagai disclaimer, biaya tersebut nggak termasuk bensin, makan, penginapan, dan biaya lainnya, ya. Ketiga hal tersebut bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan lo sendiri. Selain itu, estimasi tersebut berdasarkan harga yang berlaku saat weekend dan libur lainnya. Kalau lo dateng pas weekday, kemungkinan harganya bisa lebih murah. (arpd)