Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di Singapura

Pengalaman ini dijamin takkan terlupakan seumur hidup

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di Singapura

Coldplay menggelar konser bertajuk Music of the Spheres World Tour selama enam hari di National Stadium, Singapura, tepatnya pada 23-24, 26-27, serta 30-31 Januari 2024. Indonesia sebenarnya sudah kebagian konser tersebut pada November 2023. Namun, karena hanya sehari, banyak fans di Tanah Air yang tidak mendapatkan tiket dan memutuskan ngonser di Singapura.

Kamu juga salah satu Coldplayers (sebutan untuk fans Coldplay) yang berencana ke Singapura untuk menonton band kesayanganmu? Jika iya, kamu bisa sekalian liburan, nih. Singapura punya banyak tempat seru untuk dikunjungi sebelum atau setelah konser berlangsung.

Masih bingung menentukan di mana saja tempatnya? Apalagi kalau kamu hanya punya waktu terbatas di sana. Gak perlu khawatir, berikut IDN Times bagikan itinerary liburan dan nonton Coldplay di 3 hari 2 malam di Singapura. Simak baik-baik, ya!

1. Jewel Changi Airport

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraPotret air terjun di Jewel Changi Airport (unsplash.com/james_tan)

Saat baru tiba di Singapura dengan pesawat, kamu bisa langsung menuju Jewel Changi Airport. Kompleks perbelanjaan kelas dunia ini masih berada di dalam kawasan Changi International Airport. Kamu hanya perlu berjalan kaki dari Terminal 1, 2, atau 3 dan mengikuti petunjuk arah yang ada di beberapa titik. 

Selama di Jewel Changi Airport, kamu bisa menyaksikan HSBC Rain Vortex atau air terjun dalam ruangan berserta suasana hijau di sekelilingnya. Di mall tersebut juga banyak tempat makan dan toko retail dari berbagai jenama terkenal. 

2. Merlion Park

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraPotret Merlion Park di Singapura (visitsingapore.com)

Setelah puas keliling berfoto dan jalan-jalan di Jewel Changi Airport dan masih ada waktu sebelum checkin hotel, kamu bisa langsung naik MRT menuju Merlion Park dan turun di Stasiun MRT Raffles Place. Dari stasiun tersebut, kamu tinggal jalan kaki dan mengikuti petunjuk arah menuju Merlion Park.

Selama di kompleks taman tersebut, kamu bisa berfoto-foto di depan Patung Merlion yang baru selesai direnovasi pada Desember lalu. Di seberangnya, ada Marina Bay Sands yang megah dan wajib jadi latar fotomu. 

3. Makan siang atau sore di La Pau Sat

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraPotret La Pau Sat di Singapura (visitsingapore.com)

Sekitar 700 meter dari Merlion Park atau tepatnya di 18 Raffles Quay, Singapura, ada sebuah kompleks tempat makan atau pujasera legendaris bernama La Pau Sat. Jangan heran kalau tempat ini selalu ramai, karena lokasinya yang strategis dan buka 24 jam.

Kamu bisa mencicipi beragam sajian khas Singapura, India, Peranakan, Melayu, Thailand, Western, bahkan Indonesia. Ada nasi ayam hainan, mi goreng, laksa, nasi kandar, sate, dan masih banyak lagi lainnya. Buat kamu yang muslim, gak perlu khawatir! Kamu bisa menemukan banyak makanan halal di sini.

4. Gardens by The Bay

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di Singapurapotret Gardens By The Bay (unsplash.com/Daniel Welsh)

Setelah checkin di hotel, kamu bisa istirahat sebentar dan mandi di sana. Kalau masih banyak waktu, pergilah ke Gardens by The Bay yang terletak di 18 Marina Gardens Drive, Singapura. Taman luar ruangannya buka sampai pukul 02.00 pagi waktu setempat.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Sementara itu, Flower Dome and Cloud Forest, OCBC Skyway, dan Supertree Observatory buka sampai pukul 21.00 waktu setempat (masuk terakhir pukul 20.30). Kamu bisa menjelajahi setiap sudut tempat taman ini sambil berfoto di spot yang Instagramable.

Baca Juga: Cara Naik dan Bayar MRT di Singapura buat Pemula, Easy Peasy!

5. Sentosa Island

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraPotret Universal Studios Singapore (singapore-tickets.com)

Belum lengkap liburan ke Singapura kalau belum menjelajahi Sentosa Island. Kamu bisa ke pulau buatan ini pada hari kedua liburan dan sebelum berangkat ke venue konser. Di sini terdapat beberapa destinasi wisata sekaligus. Mulai dari Universal Studios Singapore, S.E.A Aquarium, Fort Siloso, Siloso Beach, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menuju Sentosa Island, kamu bisa naik MRT dari mana pun dan mengambil jalur North-East Line atau Circle Line, lalu turun di Stasiun MRT HarbourFront. Dari stasiun tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik Sentosa Express dari VivoCity Mall dan sampailah di tujuan.

Beberapa tempat wisata di sini berbayar. Namun, ada pula yang gratis, seperti halaman depan Universal Studio Singapore yang ada landmark bola dunia. Selama berada di pulau ini, kamu harus bijak memperhatikan waktu dan energi, karena sorenya harus ke National Stadium. 

6. National Stadium

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraPotret National Stadium di Singapore Sports Hub, Singapura (visitsingapore.com)

Setelah puas jalan-jalan di Sentosa Island dan masuk ke beberapa destinasi wisata di sana, kamu bisa langsung menuju ke National Stadium dengan naik MRT di Stasiun MRT MRT HarbourFront menuju Stasiun MRT Stadium.

Sebaiknya, kamu datang lebih awal, terutama bagi kamu yang memesan tiket dengan sistem "venue collection" dan harus mencetaknya di tempat acara atau box office yang mulai dibuka pukul 13.00 waktu setempat. Datang lebih awal juga akan membuat energimu terkumpul dan tidak tergesa-gesa saat masuk ke arena.

Sementara itu, gate tempat konser akan dibuka mulai pukul 17.30 waktu setempat. Pastikan kamu sudah makan sebelumnya dan mematuhi aturan yang ditetapkan pihak promotor konser. Enjoy!

7. Little India

Itinerary Liburan dan Nonton Coldplay 3 Hari 2 Malam di SingapuraMustafa Center, Singapura (instagram.com/adityavkamat)

Setelah konser sampai malam, kamu pasti capek banget keesokan harinya dan bisa bangun lebih siang. Jika penerbanganmu sore hari, kamu bisa mampir dulu ke Little India setelah checkout dari hotel. Di sini banyak bangunan khas India, restoran yang menyajikan masakan India, hingga belanja barang-barang unik.

Tak jauh dari kawasan ini, ada Mustafa Centre, yaitu pusat perbelanjaan 24 jam yang menjual berbagai macam barang, seperti makanan dan pakaian. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Singapura untuk orang-orang di rumah atau sahabat dengan harga terjangkau di sini. Selesai belanja, kamu bisa langsung menuju bandara untuk pulang ke Tanah Air.

Liburan sekaligus konser sudah selesai dan saatnya kamu kembali melakukan aktivitas sehari-hari seperi biasanya. Itinerary di atas bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, ya! 

Baca Juga: 10 Aktivitas Wisata yang Wajib Dicoba di Singapura Sekali Seumur Hidup