Itinerary 2 Hari 1 Malam di Ciwidey, ke Kawah Putih Hingga Camping di Ranca Upas

Mau menghabiskan weekend di Ciwidey? Ikuti panduan itinerary ini aja, Superfriends. Lo bisa main ke Kawah Putih hingga camping di Ranca Upas.

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Ciwidey, ke Kawah Putih Hingga Camping di Ranca Upas

Kabupaten Bandung merupakan salah satu tujuan wisata alam favorit di Jawa Barat. Ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan, mulai dari main outbound, trekking, hingga staycation.

 

Di Ciwidey, misalnya. Salah satu desa di Kabupaten Bandung tersebut punya beragam destinasi wisata keren yang patut lo kunjungi, seperti Kawah Putih, kebun teh Rancabali, dan masih banyak lagi. Biar nggak bingung mau ke mana, lo bisa ikuti itinerary 2 hari 1 malam berikut ini, Superfriends.

 

Itinerary Hari Pertama di Ciwidey

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Image: Wikipedia

Ke Ciwidey kurang lengkap rasanya kalau nggak mampir ke Kawah Putih. Destinasi wisata alam ini merupakan kawah hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke-10. Untuk tiketnya, lo cukup membayar Rp30 ribu aja, Cuy.

 

Dari tempat gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, lo bisa naik ontang-anting, yaitu kendaraan yang mirip kereta mini, buat menuju ke area kawahnya. Tarif naik kendaraan ini yaitu Rp29 ribu pulang-pergi. Sesampainya di lokasi, lo bakal disambut sama kawah yang warnanya putih kehijauan. Ada juga dermaga kayu menuju tengah danau dan hutan mati yang cocok banget jadi spot foto. Lumayan nih buat jadi stok konten di Instagram.

 

2. Situ Patenggang

Setelah puas jalan-jalan di Kawah Putih, saatnya lo lanjut ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Situ Patenggang. Danau seluas 450 km persegi ini berada di ketinggian 1.600 mdpl, jadi jangan ditanya lagi sedingin apa hawa di sekitarnya. Beberapa aktivitas yang bisa lo lakukan di destinasi wisata ini yaitu keliling danau naik perahu, menyantap jagung bakar, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

 

Untuk masuk ke Situ Patenggang, lo akan dikenakan tiket masuk Rp25 ribu. Kalau mau sewa perahu, lo perlu bayar lagi Rp10 ribu per orang.

 

3. Camping di Ranca Upas

Jelang sore, saat cari tempat buat beristirahat, Superfriends. Biar nggak mainstream, lo bisa camping di Ranca Upas. Untuk berkemah di sini, lo perlu bayar tiket masuk Rp25 ribu, tiket camping Rp40 ribu, dan parkir mobil Rp19 ribu. Sebaiknya, lo bawa tenda sendiri dari rumah untuk menghemat biaya. Namun, kalau lo nggak punya tenda, lo bisa sewa di tempat dengan harga mulai dari Rp150 ribu, tergantung sama ukuran tendanya.

 

Selain camping ada beragam aktivitas seru lain yang bisa lo lakukan di Ranca Upas, seperti berendam di air hangat, main panahan, berkuda, flying fox, dan lain sebagainya. Semua wahana tersebut bakal dikenai biaya sendiri-sendiri, ya.

 

Itinerary Hari Kedua di Ciwidey: Jalan-jalan ke Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali
Image: Wikipedia

Sebagai penutup perjalanan liburan tipis-tipis di Ciwidey, lo bisa mampir dulu ke Kebun Teh Rancabali, Superfriends. Kebun teh seluas 3.549 hektare tersebut berada di ketinggian 1.628 mdpl dan udah ada sejak tahun 1870. Lo bisa tea walk atau jalan-jalan di tengah kebun teh, mengunjungi pabrik teh, dan menyicipi teh khas Rancabali sambil menyantap sarapan.

 

Tenang aja, di Kebun Teh Rancabali, lo nggak dikenai tiket masuk alias gratis. Namun, kalau lo mau mampir ke Pabrik teh Rancabali, lo harus bayar tiket Rp5.000.

 

Estimasi Budget Ciwidey 2 Hari 1 Malam

Camping di Ranca Upas
Image: Instagram/@wisatarancaupas

Tol Jakarta – Bandung PP: Rp150 ribu

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey: Rp30 ribu

Parkir mobil Kawah Putih Ciwidey: Rp15 ribu

Naik ontang-anting di Kawah Putih Ciwidey: Rp29 ribu

Tike masuk Situ Patengan: Rp25 ribu

Tiket masuk Perkebunan Teh Rancabali: gratis

Tiket masuk Ranca Upas: Rp25 ribu

Camping di Ranca Upas: Rp40 ribu

Parkir mobil Ranca Upas: Rp19 ribu

Total: Rp333 ribu.

 

Estimasi budget tersebut belum termasuk makan, tiket wahana, dan kebutuhan lo yang lain, ya. Selain itu, biaya tersebut juga berlaku untuk satu orang. Tertarik short escape ke Ciwidey, Superfriends? (arpd)