Itinerary 1 Harian di Medan, Yuk Seharian Explore Kota Medan di Akhir Tahun

Sebelum berwisata di Medan, baiknya kamu membuat itinerary terlebih dahulu. Sebagai rekomendasi, berikut detikSumut rangku yang bisa kamu kerjakan.

Itinerary 1 Harian di Medan, Yuk Seharian Explore Kota Medan di Akhir Tahun
image
Medan -

Rekreasi dan Berwisata adalah kegiatan yang paling sering dilakukan ketika momen liburan tiba. Tujuan dari berwisata tidak lain adalah untuk melepas penat, menikmati alam, hingga mempelajari sejarah.

Sebelum berwisata sebaiknya membuat itinerary (rencana perjalanan) terlebih dahulu, tujuannya adalah demi teratur dan lancarnya agenda wisata. Itinerary dibuat untuk memudahkan jadwal kegiatan yang akan dijalani.

Bagi detikers yang memiliki rencana untuk berkunjung dan mengexplore Kota Medan di akhir tahun ini, berikut ini detikSumut tampilkan Itinerary seharian di Medan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Berkunjung ke Istana Maimun

Istana Maimun merupakan peninggalan sejarah kerajaan Deli. Istana ini dibangun pada tahun 1888 dan dulunya ditempati oleh 4 Sultan Melayu yang berkuasa saat itu. Istana ini dirancang oleh arsitek asal Belanda dan Italia yaitu Theodoor van Erp (Belanda) dan Ferrari (Italia). Istana Maimun memiliki konsep gaya arsitektur Melayu dan nuansa Eropa yang dapat kita lihat dari atap dan dan tiang-tiang penyangga istana. Jadi jika detikers ingin berwisata sejarah Kota Medan sangat direkomendasikan untuk datang ke sini.

2. Berkunjung ke Masjid Raya Al - Mashun

Sama halnya dengan Istana Maimun, Masjid raya Al-Mashun merupakan peninggalan sejarah dari Kesultanan Deli yang didirikan pada 21 Agustus 1906. Masjid raya didesain oleh arsitektur asal Belanda Van Erp dan dilanjutkan oleh JA Tidgeman. Masjid raya Al-Mashun merupakan saksi sejarah penyebaran agama Islam di Kota Medan. Masjid raya kerap ramai dikunjungi oleh jamaah yang ingin melaksanakan ibadah dan para wisatawan yang ingin berkeliling Kota Medan. Untuk detikers yang ingin berwisata religi pas banget untuk mengunjungi Masjid raya.

3. Berwisata Sejarah ke Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan perantau asal Tiongkok yang berkarir dan sukses di Kota Medan pada masanya. Ia sukses menjadi pengusaha dan membangun bisnis besar di bidang perkebunan di Pulau Sumatera. Dengan kesuksesannya ia gemar membantu warga yang kurang mampu dan sangat menghormati umat muslim. Rumah Tjong A Fie berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kesawan, Medan dan dibangun pada tahun 1895. Di dalam rumah ini detikers dapat melihat dan menyaksikan sejarah kehidupan Tjong A Fie melalui foto, lukisan, hingga peralatan yang mereka gunakan dahulu. Kini rumah tersebut telah beralih fungsi menjadi museum yang dapat dikunjungi umum.

4. Berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara

Untuk detikers yang gemar dan berminat mengetahui lebih dalam tentang warisan budaya dari berbagai wilayah di Sumatera Utara harus banget untuk berkunjung ke Museum Negeri. Museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap meliputi artefak arkeologi, etnografi, hingga sejarah alam. Telah berdiri sejak 1982 museum ini menjadi wadah yang membantu kita dalam mengenal peninggalan sejarah Nusantara.

5. Berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Tempat yang dikenal juga sebagai Rahmat Gallery ini adalah museum yang menghadirkan berbagai koleksi binatang dari seluruh dunia yang diawetkan. Saat memasuki museum ini detikers dapat menyaksikan lebih dari 2.600 spesies dan 5.600 spesimen mulai dari yang berukuran kecil hingga yang besar disusun dengan rapi dalam sebuah ruangan dengan suhu kelembaban khusus. Museum ini didirikan oleh Rahmat Shah, seorang konservasionis pencinta alam dan berpetualang. So untuk detikers yang merupakan pecinta satwa wajib banget untuk datang kesini.

Nah detikers itu contoh itinerary seharian keliling Kota Medan yang dapat kamu coba bersama keluarga nanti saat liburan akhir tahun. Semoga bermanfaat, ya, detikers!

Artikel ini ditulis oleh Vania Dinda Azura, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video "Wardani Ibrahim Kurir Sabu 43 Kg Asal Aceh Dihukum Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)