Identik Rawan Overheat, Ini Penyebab Mesin Mobil Eropa Suka Kepanasan

BREAKINGNEWS : Mitos mobil Eropa kerap overheat tidaklah benar, karena setiap mobil memiliki prinsip dan sistem pendinginan mesin yang sama.

Identik Rawan Overheat, Ini Penyebab Mesin Mobil Eropa Suka Kepanasan

GridOto.com - Mobil Eropa selama ini kerap dikaitkan dengan mesin yang suka overheat alias kepanasan.

Padahal baik mobil buatan manapun, selama jalur pendinginannya benar dipastikan tidak akan ada masalah overheat.

"Mobil Jepang juga kalau jalur pendinginnya bermasalah pasti overheat juga," ujar Ribut Joe dari bengkel spesialis BMW Key Auto, Andara, Jakarta Selatan.

Menurut Joe, mobil Eropa memang bekerja dengan suhu mesin yang lebih panas dibandingkan mobil Jepang.

Ilustrasi Visco Fan

Baca Juga: Wajib Dipantau, Komponen Ini Sering Jadi Penyebab Mesin Overheat

"Mesin BMW itu biasanya suhu optimalnya berada di angka 100 derajat Celcius," terangnya.

Dengan suhu setinggi ini, maka jalur pendingin dituntut untuk selalu bekerja maksimal.

"Dan sirkulasi air di mobil Eropa itu close loop, jadi tidak boleh ada angin di jalur sirkulasi," ujarnya lagi.

Bila terjadi overheat, "Kalau mobil Eropa itu biasanya dari visco fan yang mulai lemah," sambung pria ramah ini.