Happy Long Weekend! Ini 10 Tips Sebelum Liburan Panjang Akhir Pekan

Akhir pekan mendatang menjadi libur akhir pekan panjang, sehingga banyak orang yang merencanakan liburan. Ini 10 tips sebelum liburan

Happy Long Weekend! Ini 10 Tips Sebelum Liburan Panjang Akhir Pekan

Sepanjang tahun 2023 setidaknya ada 15 daftar hari libur Nasional di luar dengan tanggal merah cuti bersama. Penetapan daftar hari libur, tanggal merah, dan cuti bersama sepanjang tahun 2023 ini, ada di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terbaru.

SKB  ini ditetapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Pada Juni 2023, tercatat ada empat daftar hari libur Nasional yakni, 1 Juni Hari Lahir Pancasila, 4 Juni Hari Waisak 2566, dan 29 Juni Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Sementara itu, untuk daftar cuti bersama di bulan Juni terdapat pada tanggal 2 Juni 2023 yakni libur bersama Waisak. Untuk itu, dalam bulan Juni, ada deretan libur panjang di akhir minggu pada 1-4 Juni 2023 (sudah termasuk sabtu dan minggu).

Agar liburan bisa dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan, ada beberapa tips sebelum liburan mendatang yang bisa dilakukan.

Tips Sebelum Liburan Panjang

Dengan mempersiapkan liburan yang akan datang, mulai dari penginapan, itinerary atau jadwal kegiatan, hingga barang apa saja yang dibawa bisa menjadikan liburan semakin nyaman dan menyenangkan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut tips sebelum liburan yang bisa dilakukan.

1. Buat Daftar Liburan Anda

Buat List Menjadi Salah Satu Tips Sebelum Liburan
Foto: Gettyimages

Setelah menetapkan tempat wisata mana yang ingin dijelajah, buat daftar liburan Anda. Mulai dari tempat apa saja yang ingin dituju, pukul berapa berangkat, hingga transportasi apa saja yang akan digunakan saat berlibur.

Dengan membuat daftar liburan yang lebih rinci dan detail, liburan akan lebih bisa terjadwal.

2. Pesan Semua Kebutuhan Jauh-Jauh Hari

Flights On The Departure Table Of An Airport - inilah.com
Foto: Gettyimages

Ketika sudah memutuskan untuk berlibur, sebaiknya langsung pesan semua kebutuhan jauh-jauh hari. Sebab, semua akomodasi dari tiket pesawat, hotel, transportasi dan lainnya akan lebih cepat habis.

Sehingga dengan memesan semua keperluan jauh sebelum tanggal keberangkatan, akan memberikan banyak pilihan sebelum dibeli oleh orang lain.

3. Periksa Ulang Semua Reservasi

Gettyimages 909076466 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Setelah memesan semua hal yang dibutuhkan dalam liburan seperti tiket pesawat, hotel, persewaan mobil, dan lainnya, periksa kembali semuanya.

Dengan memeriksa ulang semua reservasi yang sudah dipesan, Anda bisa memastikan semuanya berjalan sesuai dengan rencana awal.

Sebaliknya, jika ada sesuatu perubahan dalam reservasi tersebut, Anda masih bisa membuat rencana lainnya.

4. Periksa Cuaca

Gettyimages 699106841 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Agar selama liburan tetap nyaman, sebelum berangkat berlibur sebaiknya Anda memeriksa cuaca yang akan terjadi.

Hal ini juga dapat memberikan referensi apa saja yang harus dibawa, misalnya pakaian yang lebih tebal saat musim dingin atau lebih menyerap keringat saat musim panas.

Atau barang yang harus dibawa sesuai dengan cuaca yang sedang terjadi, misalnya payung, kacamata, atau topi untuk menghalangi sinar matahari.

5. Buat Rencana B

Arrangement Knolling Items And Clothes For Beach Bag - inilah.com
Foto: Gettyimages

Masa liburan panjang terlebih di akhir pekan membuat tempat wisata lebih penuh daripada biasanya. Maka dari itu, buat rencana B untuk perjalanan liburan Anda, misalnya ketika tempat wisata yang hendak dikunjungi ramai dan sesak, masih ada pilihan tempat wisata lainnya.

Hal ini juga berlaku dengan transportasi yang akan digunakan di tempat wisata. Buat dua atau bahkan tiga pilihan penggunaan transportasi untuk menuju ke tempat wisata.

6. Sediakan Uang Lebih Untuk Biaya Tambahan

Gettyimages 516032895 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Ketika sudah menyusun rencana akan mengunjungi tempat wisata mana dan rincian biayanya, sebaiknya sediakan uang lebih untuk biaya tambahan yang tidak terduga.

Sediakan uang cash yang khusus dialokasikan untuk kebutuhan tambahan lainnya saat melakukan liburan. Hindari membawa uang atau dana yang pas karena pasti akan ada biaya tak terduga lainnya.

7. Teliti dalam Membawa Barang Bawaan

Direct Above View Of A Woman Packing A Suitcase For A Family Trip At Home. - inilah.com
Foto: Gettyiamges

Perhatikan apa saja yang harus dimasukkan dan dibawa di dalam koper selama liburan, mulai dari pakaian, hingga barang pribadi lainnya. Bawa juga obat-obatan yang kemungkinan diperlukan selama masa liburan Anda.

Selain itu, ketika hendak merencanakan liburan ke luar negeri, periksa kembali passport, dan berkas diri lainnya yang akan dibutuhkan.

Siapkan dari beberapa hari sebelum hari keberangkatan agar semuanya siap dan tidak ada yang tertinggal. Sebab, persiapan dadakan akan berisiko ada barang yang tertinggal.

8. Siapkan Perawatan untuk Hewan Peliharaan

Titipkan Hewan Salah Satu Tips Sebelum Liburan
Foto: Gettyimages

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, gunakan layanan penitipan hewan yang ada di dokter hewan atau tempat layanan penitipan lainnya.

Biasanya akan ada layanan penitipan hewan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Pilih layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya ketika Anda ingin berlibur selama empat hari, pilih layanan yang dapat menitipkan selama empat hari.

9. Perhatikan Keamanan Rumah

Gettyimages 667609765 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Jika liburan panjang memakan waktu empat hingga satu minggu perjalanan, perhatikan keamanan rumah Anda. Apabila memungkinkan, gunakan CCTV untuk memantau keadaan rumah ketika ditinggalkan selama liburan.

Pertimbangkan untuk menggunakan lampu yang dapat diatur dari kejauhan sehingga memberikan kesan jika Anda sedang berada di dalam rumah.

10. Periksa Kulkas

Periksa Kedaan Kulkas Jadi Salah Satu Tips Sebelum Liburan
Foto: Gettyimages

Ketika meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama, sebaiknya periksa isi kulkas Anda. Buang makanan dan minuman yang sudah dan akan basi.

Dengan melakukan ini, tidak akan ada makanan atau minuman basi yang membuat kulkas barbau ketika Anda pulang dari liburan.